Di Masa Depan, Airbag Juga Akan Ada di Bagian Luar Mobil

Di Masa Depan, Airbag Juga Akan Ada di Bagian Luar Mobil

862
0
BERBAGI

Perkembangan teknologi penunjang keselamatan pada mobil terus berkembang. Jika selama ini mobil di Indonesia lebih banyak memasangkan airbag di dua titik saja, yakni di bagian pengemudi dan penumpang depan, maka di negara-negara maju dengan tingkat kepedulian akan keselamatan yang tinggi kerap memberikan airbag yang lebih lengkap di beberapa titik seperti pada panel pintu, rangka jok, rangka jendela, panel di bagian kaki, dan sebagainya.

Sebagai salah satu pabrikan mobil yang berorientasi pada keselamatan berkendara, Volvo dikabarkan tengah mengembangkan airbag dengan penempatan yang unik, yakni pada bagian luar kendaraan! Airbag ini nantinya akan ditempatkan pada model V40 dan diletakkan di dalam kap mesin. Airbag tersebut akan mengembang menutupi pilar A dan wiper untuk mengurangi risiko cedera buat pedestrian saat terjadi benturan.

Pemasangan airbag pada bagian luar mobil ternyata juga menjadi perhatian dari ZF dan TRW, perusahaan gabungan penyuplai komponen otomotif yang tengah mencoba untuk menempatkan airbag di sisi kendaraan, tepatnya pada rangka pintu. Ini bermaksud untuk melindungi penumpang jika terjadi tumbukan dari arah samping. Uniknya, airbag akan mengembang sesaat sebelum terjadi tumbukan.

side airbag

Beberapa kalangan menilai bahwa penggunaan airbag eksternal pada mobil secara umum baru akan terjadi beberapa tahun mendatang. Namun demikian, inovasi ini tentu layak diapresiasi, terlebih mampu meningkatkan persentase keamanan dalam berkendara.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY