Performa AC Menurun, Jangan Anggap Sepele !

Performa AC Menurun, Jangan Anggap Sepele !

1541
0
BERBAGI

AC merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga kelembaban dan suhu didalam mobil tetap stabil, namun AC juga memiliki masa penggunaan, terlebih jika sering dikendaraai didaerah perkotaan.

Jangan anggap remeh kerusakan pada AC, bayangkan jika mobil bagus anda tidak dilengkapi dengan AC saat cuaca terik. Kepanasan seperti di oven atau bahkan saat hujan, mobil anda akan mengembun jika AC tidak berfungsi.

Berikut beberapa indikasi AC anda mengalami gangguan dan butuh perawatan yang tepat :

Indikasi AC Mobil filter

  1. Performa AC tidak normal

Suhu didalam kabin nyaris tidak terasa, dengan indikator suhu rendah namun suhu di dalam kabin awalnya sangat dingin hingga berangsur normal atau tidak terasa menggunakan AC.

Solusi:

  • Bersihkan filter setiap 5000 km.
  • Bersihkan kondensor dengan semprotan air, namun perhatikan jangan sampai sirip kondensor tertekuk.

2. Keluar Asap pada lubang AC

Meskipun indikasi ini jarang terjadi, namun keluarnya asap pada lubang AC merupakan tanda bahwa terjadi pembekuan terjadi pada evaporator saat filter terlalu kotor.

Solusi : 

  • Gunakan AC Cleaner / cairan pembersih yang dijual bebas dipasaran, bersihkan evaporator melalui lubang AC.
  • Serahkan ke bengkel jika anda ragu melakukannya sendiri, agar lebih optimal.

Indikasi AC Mobil sketsa

3. Suhu kabin tidak stabil

Indikasi yang ini sering membuat anda bingung. Indikator suhu menunjukan suhu stabil, namun kenyataannya suhu di kabin tidak tabil, kadang tidak terasa bahkan tiba-tiba sangat dingin . Kondisi ini biasanya muncul jika terdapat celah pada magnetic clutch dan membuatnya tidak menempel dengan kompresor. Hal ini menyebabkan jumlah refrigerant atau freon yang masuk ke kabin jadi berkurang, dan secara konstan membuat suhu pada kabin mulai semakin naik.

Solusi : 

  • Bengkel spesialis AC adalah saran paling ideal untuk hal ini, karena anda perlu mengganti ring yang ada pada magnetic clutch supaya celah bisa tertutup dan performa AC kembali normal.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY