Menguji Ketangguhan Mitsubishi All New Pajero Sport Bersama Pereli Profesional

2309
0
BERBAGI

Nyaris sebulan selepas peluncuran Mitsubishi All New Pajero Sport, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia menggelar “All New Pajero Sport Media Explore with Hiroshi Masuoka” di Kuningan BizPark, Jakarta Selatan, pada hari Kamis, 25 Februari 2016 lalu. Acara ini tak hanya dihadiri oleh awak media, namun juga komunitas dan konsumen.

Mitsubishi All New Pajero Sport - hiroshi masuoka

Sebagai informasi, Hiroshi Masuoka adalah salah satu dari empat pereli yang memenangkan Rally Dakar International secara berturut-turut. Masuoka menjuarai Rally Dakar pada tahun 2002-2003 dan telah bergabung dengan tim Mitsubishi sejak tahun 1987 hingga 2009. Pria yang usianya telah menginjak 55 tahun tersebut saat ini menjabat sebagai Senior Ahli dari Public Relation Mitsubishi Motors Corporation.

Mitsubishi All New Pajero Sport - professional drivers

Hadirnya Masuoka pada acara tersebut bersama tiga pereli nasional lainnya, yakni Rifat Sungkar (Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia), Rizal Sungkar dan Akbar Hadianto adalah untuk menjadi pengemudi All New Pajero Sport dalam sesi Test Ride yang diselenggarakan KTB. Turunnya hujan yang cukup lebat sebelum acara dimulai justru  menjadi berkah tersendiri, karena KTB telah menyiapkan sebuah trek semi-offroad sepanjang 1,2 km untuk keperluan ini. Otomatis, trek menjadi semakin becek, berlumpur dan lebih liar untuk ditaklukkan. Tentunya ini merupakan medan yang cocok untuk membuktikan ketangguhan All New Pajero Sport, bukan?

Mitsubishi All New Pajero Sport - tires

Untuk keperluan Test Ride tersebut, KTB telah menyediakan All New Pajero Sport varian Dakar 4×4 AT yang sekaligus menjadi tipe tertinggi. Spesifikasinya standar, hanya ada ubahan pada ban saja. Jika All New Pajero Sport Dakar 4×4 AT standar menggunakan velg berukuran 18 inci, maka untuk menghajar trek semi-offroad kali ini, velgnya diganti dengan ukuran 17 inci dan menggunakan ban jenis Mud Terrain (M/T). Hal ini dikerenakan ban berjenis M/T mempunyai celah yang lebar dan berfungsi sebagai jalur pembuangan lumpur dan batu yang ada pada ban.

Mitsubishi All New Pajero Sport - 4wd

Pada tipe Dakar 4×4 ini, All New Pajero Sport dilengkapi dengan sistem Super Select 4WD-II dengan pilihan set-up sistem penggerak 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc serta setting Mud and Snow, Sand, Rock dan Gravel yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi trek. Berhubung trek yang digunakan untuk Test Ride cukup licin dan berlumpur, maka para pengemudi profesional mengaturnya pada pilihan 4LLc dengan setting ‘Mud and Snow’.

Sebelum mengikuti Test Ride, setiap peserta diwajibkan menggunakan Balaclava atau penutup wajah dan menggunakan helm. Setiap satu mobil yang dikemudikan oleh para pengemudi profesional diisi oleh tiga penumpang, dan setiap penumpang juga wajib menggunakan sabuk pengaman. Kami sempat memprediksi bahwa isi kabin akan terguncang maksimal saat Test Ride berlangsung, terlebih melihat kondisi trek yang cukup ekstrim dan dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Mitsubishi All New Pajero Sport - rally

Ternyata tidak juga. Meskipun gejala body roll tetap terasa, namun masih dalam batas wajar. Suspensinya pun empuk. Kebetulan Rifat Sungkar yang menjadi pengemudi kami, dan menurutnya suspensi All New Pajero Sport mendapat perbaikan yang signifikan dibanding varian Dakar terdahulu yang membuat penumpang di dalam tidak akan terlalu merasakan goncangan dari trek yang rusak. Rifat membuktikannya dengan melibas sebuah kubangan lumpur yang cukup dalam dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Hasilnya, kami hanya bisa mengangguk setuju saja dengan apa yang dikatakannya tadi.

Tenaga mobil ini juga terasa besar begitu di kick down. Performanya tidak kendor meskipun diisi dengan empat penumpang dan melaju di trek yang berlumpur. All New Pajero Sport varian Dakar 4×4 AT tersebut menggendong mesin diesel baru berkode 4N15 dengan kapasitas 2.400 cc MIVEC Turbocharged & Intercooled. Meskipun 100 cc lebih kecil dari mesin lama, namun tenaga yang dihasilkan oleh mesin terbaru ini naik 3 ps menjadi 181 ps. Menurut Rifat, naiknya besaran tenaga turut dipengaruhi oleh berkurangnya bobot mobil karena penggunaan bahan alumunium untuk blok mesin serta desain intercooler yang lebih besar. Ini membuat All New Pajero Sport menerima angin segar jauh lebih banyak untuk diputar di Variable Geometry Turbo (VGT) yang dipadukan dengan MIVEC.

Mitsubishi All New Pajero Sport - rifat sungkar

Selain Test Ride, ada juga game menjadi navigator bagi Rifat Sungkar. Sebanyak sembilan wartawan dari berbagai media (salah satunya kami, tentu saja) mengikuti game ini dengan mendapat pengarahan terlebih dahulu dari Rifat. Kesembilan wartawan dibagi dalam tiga kelompok dan masing-masing diberikan kesempatan mengobservasi dahulu trek yang ada sebanyak dua putaran sebelum akhirnya menjadi navigator bagi Rifat secara perorangan. Harus kami akui, tak mudah untuk menjadi navigator reli, apalagi navigator dadakan. Selain harus memperkirakan jarak dengan tepat, seorang navigator juga harus mampu memprediksi sudut tikungan dengan tepat. Sebuah pengalaman yang menarik bagi kami.

Kami mengamati, kesemua peserta acara ini mengaku cukup terkejut dengan hasil Test Ride yang telah dilakukan. Hampir kesemuanya tidak menyangka bahwa mobil sebongsor itu sanggup memberikan performa yang luar biasa dan masih memberikan kenyamanan pada penumpangnya. Kami sendiri sependapat, walaupun sedikit kecewa karena meskipun pihak KTB juga menyediakan unit mobil Test Drive untuk dicoba, namun yang disediakan adalah varian Dakar 4×2 AT, bukan Dakar 4×4 AT. Bagaimanapun juga, unit Dakar 4×4 yang menjadi mobil Test Ride dikemudikan oleh para pengemudi profesional sehingga kami belum bisa merasakan impresi langsung mengemudikan mobil itu.

Overall.. good job, Mitsubishi!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY