JAKARTA, 22 April 2024 – Kasus terbakarnya bus PO Haryanto baru-baru ini mengundang perhatian. Dugaan penyebabnya adalah korsleting di bagian sistem AC. Namun, apakah hal serupa bisa terjadi pada mobil penumpang?

Fakta Tentang Orsleting AC dan Risiko Terbakar

  • Sistem AC pada Mobil: Mobil modern yang diproduksi pabrik biasanya memiliki sistem AC yang dirancang dengan baik. Kecil kemungkinannya mengalami korsleting, terutama jika tidak ada tambahan aksesori yang mengganggu jalur kelistrikan.
  • Lokasi Korsleting: Meskipun terjadi korsleting, lokasinya biasanya bukan di tempat yang mudah terbakar. Kabel-kabel AC yang mengalami korsleting cenderung terbakar sendiri tanpa mempengaruhi bahan mudah terbakar di sekitarnya.
  • Pengaman: AC mobil dilengkapi dengan pengaman berupa fuse (sekring). Jika ada tegangan tidak normal, fuse akan memutus aliran listrik untuk mencegah risiko lebih lanjut.

Kesimpulan

Orsleting AC pada mobil penumpang memiliki risiko yang minim, terutama pada kendaraan standar. Namun, tetaplah berhati-hati dan lakukan pemeriksaan berkala untuk memastikan sistem AC berfungsi dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini