Jakarta, 22 April 2024Pertalite, salah satu jenis bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang selama ini menjadi pilihan banyak pengendara, telah menghilang dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina. Sudah dua minggu terakhir, konsumen yang biasanya mengisi Pertalite di SPBU menghadapi perubahan. Apa yang sebenarnya terjadi?

Pertalite Tidak Lagi Tersedia

Di SPBU 34.116.08, yang berlokasi di daerah Pos Pengumben, Jakarta, tulisan "Pertalite" di plang depan telah dihapus. Dispenser BBM tempat pengisian Pertalite pun kini kosong, hanya menampilkan bahan bakar jenis Pertamax, Pertamax Green, dan Pertamax Turbo. Konsumen yang datang bertanya kepada petugas mengenai Pertalite yang tak lagi tersedia di SPBU ini.

Gantinya Pertamax Green

Petugas SPBU memberikan penjelasan bahwa Pertalite telah digantikan oleh Pertamax Green. Harga Pertamax Green adalah Rp 13.900 per liter. Pertamax Green memiliki nilai Research Octane Number (RON) 95, setara dengan Pertamax Plus yang pernah ada sebelumnya. Namun, yang membedakan adalah Pertamax Green dibuat menggunakan campuran bahan baku ‘hijau’, yaitu bioetanol yang diolah dari tebu sebanyak lima persen. Dengan RON yang lebih tinggi, harga Pertamax Green memang sedikit lebih mahal dibandingkan Pertamax yang memiliki RON 92.

Kenapa Pertalite Hilang?

Pertamina sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai alasan di balik penghentian penjualan Pertalite. Namun, perubahan ini tentu menarik perhatian banyak pengguna kendaraan. Apakah Pertalite akan kembali tersedia ataukah Pertamax Green akan menjadi pilihan utama? Kita tunggu informasi lebih lanjut dari Pertamina.

Artikel ini bertujuan memberikan informasi langsung dan faktual mengenai perubahan di SPBU Pertamina. Semoga membantu Anda memahami situasi terkini seputar bahan bakar di Indonesia.

Sumber
Sumber
Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini