BMW Vision Next 100 Concept, Persembahan Hari Jadi Seabad BMW

BMW Vision Next 100 Concept, Persembahan Hari Jadi Seabad BMW

1281
0
BERBAGI

BMW baru saja merayakan hari jadinya yang ke-100 pada tanggal 7 Maret 2016 lalu. Sebagai salah satu produsen otomotif besar yang namanya tak perlu diragukan lagi, BMW mempunyai cara tersendiri untuk merayakan ulang tahunnya dengan memperkenalkan mobil konsep bernama Vision Next 100.

BMW: Mobil otonom adalah masa depan dunia otomotif

Perkembangan mobil otonom yang sudah dimulai sejak beberapa waktu ini kian memperlihatkan kemungkinan untuk dapat segera diwujudkan. BMW melihat hal ini sebagai masa depan dunia otomotif saat merancang BMW Vision Next 100.

BMW Vision Next 100-06
BMW Vision Next 100 saat diperkenalkan (Foto: Carscoops)

Menurut pernyataan di situs resmi BMW, Vision Next 100 merupakan gambaran visi BMW pada inovasi otomotif dalam 100 tahun ke depan. BMW membayangkan masa depan dunia otomotif saat pemilik kendaraan menginginkan transisi antara kendaraan konvensional dan mobil otonom. Itulah sebabnya mobil konsep ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang semakin memudahkan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Desain futuristik dengan fitur canggih

Sebagai mobil masa depan, BMW memberikan sentuhan futuristik pada Vision Next 100. Bodi mobil ini terbuat dari campuran bahan karbon dan plastik yang menutupi keseluruhan bodi hingga ban. Berhubung desain pintunya dirancang agar mampu terbuka ke arah berlawanan, maka keberadaan pilar B dihilangkan yang membuatnya nampak lebih mudah diakses.

BMW Vision Next 100-doors
Desain pintu yang saling bertolak membuat pilar B Vision Next 100 dihilangkan (Foto: Carscoops)

Konsep Vision Next 100 disebut sebagai perpaduan gaya model coupe dengan interior luas khas sedan. Mobil ini didesain untuk bisa dikemudikan oleh sopir manusia ataupun melalui teknologi otonom. Besar kemungkinan Vision Next 100 mengadopsi desain dari BMW i8 yang merupakan mobil hybrid.

BMW Vision Next 100-cabin
Perpaduan gaya model coupe dengan interior luas khas sedan (Foto: Carscoops)

Kabin BMW Vision Next 100 mengadopsi gaya minimalis dan jelas terlihat mempunyai berbagai fitur canggih. Berbeda dengan mobil konvensional saat ini yang menampilkan informasi melalui panel instrumen, maka Vision Next 100 menampilkan beragam informasinya melalui kaca depan. Selain itu desain kemudinya juga cukup unik karena tidak berbentuk bulat seperti layaknya setir mobil, namun justru memanjang seperti sebuah perangkat controller pada video game. Kemudi ini juga dapat disembunyikan ke dalam dasbor.

BMW Vision Next 100-steering wheel
Kemudi mobil ini tak seperti lingkar kemudi mobil konvensional kebanyakan (Foto: Carscoops)

Menurut Adrian Van Hooydonk selaku Head of BMW Group Design, tujuan BMW merancang Vision Next 100 adalah untuk mengembangkan skenario kendaraan masa depan. Dirinya dan para desainer BMW yakin bahwa kesempatan untuk mengembangkan mobil masa depan bisa menjadi sebuah kenyataan suatu hari nanti.

Pilihan mode berkendara

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih fun, BMW Vision Next 100 dibekali dengan dua pilihan mode berkendara, yakni mode ‘Boost’ untuk mengemudi secara manual dan mode ‘Ease‘ untuk merasakan kecanggihannya sebagai mobil otonom.

BMW Vision Next 100-ext
Pilih mana, mode Boost atau Ease? (Foto: Carscoops)

Saat pengemudi mengaktifkan mode ‘Boost’, maka komputer akan bekerja aktif untuk membantu pengemudi menemukan jalur yang ideal serta kecepatan yang aman. Jadi meskipun mode ini berorientasi pada pengemudi manusia, namun peran serta komputer masih tetap ada.

BMW Vision Next 100
Komputer mempermudah anda menemukan jalur paling efisien dan kecepatan yang sesuai (Foto: Carscoops)

Sedangkan jika pengemudi memilih mode ‘Ease’, komputer akan mengaktifkan fitur otonomnya .Setir dan konsol tengah akan secara otomatis disingkirkan atau disimpan agar pengendara mobil ini lebih leluasa berada di dalam kabin. Tak hanya itu, sandaran kepala kursi akan bergeser ke samping dan kursi pengemudi serta penumpang akan saling berhadapan.

BMW Vision Next 100-23
Kabinnya akan menjadi lebih lapang saat mode Ease diaktifkan (Foto: Carscoops)

BMW Group berencana untuk memperkenalkan BMW Vision Next 100 ke beberapa negara seperti: China, Inggris dan Amerika Serikat dalam waktu dekat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY