Tersandung Kasus Doping, Maria Sharapova Terancam Didepak Porsche

Tersandung Kasus Doping, Maria Sharapova Terancam Didepak Porsche

880
0
BERBAGI
Maria Sharapova saat menjadi brand ambassador Porsche (Foto:Getty Images)

Produsen mobil mewah asal Jerman, Porsche, memutuskan untuk menunda beberapa aktivitas perusahaan yang melibatkan petenis sekaligus duta merk mereka, Maria Sharapova (28). Keputusan tersebut diambil setelah Sharapova terbukti positif menggunakan doping saat menjalani tes penggunaan obat sebelum berlaga di Australia Terbuka 2016. Sharapova terbukti mengkonsumsi Meldonium, obat yang dilarang oleh ITF dan WADA (Badan Anti Doping Dunia) per tanggal 1 Januari 2016.

Obat pelancar darah tersebut digunakan oleh Sharapova atas rekomendasi dokter keluarganya sejak 10 tahun lalu. Sharapova sendiri mengakui keteledorannya yang tidak mengetahui bahwa obat yang bisa membantu pasien penyakit jantung serta mempercepat pemulihan atau recovery seorang atlet ini mulai dilarang sejak awal tahun ini.

Maria Sharapova
Maria Sharapova (Foto: Business Wire)

Tanggal 2 Maret lalu, Federasi Tenis Internasional (ITF) resmi mengirimkan surat kepada Maria Sharapova terkait hal ini. Baru 5 hari kemudian duta merk Porsche tersebut memberitakan kabar mengejutkan itu ke khalayak ramai di Los Angeles, Amerika Serikat. Keteledorannya tersebut membuahkan hasil skors dari ITF mulai 12 Maret 2016.

Awal Keterlibatan Maria Sharapova Dengan Porsche

Pemilik nama lengkap Maria Yuryevna Sharapova ini sebenarnya bukan lah orang asing bagi Porsche karena sebelumnya dia telah membeli beberapa model mobil sport Jerman tersebut. Satu diantaranya adalah Porsche Cayenne yang merupakan mobil Porsche pertama bagi Sharapova. Bahkan bersama Mark Webber, Sharapova pernah mengkoleksi beberapa mobil super semacam 911 Targa 4S dan 918 Spyder yang disimpan di sebuah garasi di Florida.

Martins Sharapova dan Porsche Panamera GTS
Martina Sharapova dan Porsche Panamera GTS (Foto: Website Maria Sharapova)

Sharapova merupakan duta merk yang paling dibanggakan oleh Porsche. Bintang tenis wanita ini telah mempromosikan beberapa mobil keluaran terbaru Porsche semisal Porsche Boxster Spyder dan Porsche Macan. Saking senangnya Porsche terhadap petenis ini, sebuah model mobil sport diciptakan khusus untuknya. Porsche Panamera GTS adalah mobil unik yang dibuat khusus untuk Sharapova, mobil ini dapat diubah serta ditambahkan aksesoris lainnya yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Selain Porsche, Beberapa Merk Lain Juga Siap Mendepak Maria Sharapova

Maria Sharapova yang dikontrak Porsche hampir 30 juta Dollar atau sekitar Rp 400 milyar setahun tampaknya harus merelakan kepergian sponsor utamanya tersebut. Beberapa tahun lalu mungkin hal memalukan seperti ini tidak akan menimbulkan reaksi viral yang cepat, akan tetapi dengan adanya peran media sosial mengakibatkan para sponsor harus bertindak cepat. 

Martina Sharapova dan Porsche
Martina Sharapova dan Porsche (Foto: Autoblog)

Sponsor hari ini lebih takut akan image mereka sehingga ketika afiliasi mereka tersandung masalah, sponsor harus bertindak cepat supaya tidak ikut jatuh image-nya. Begitu pun yang dilakukan oleh Porsche kepada Sharapova, padahal petenis asal Rusia ini telah bertindak sebagai brand ambassador Porsche dan selalu terlibat dalam kegiatan promosi mobil keluaran Porsche sejak tiga tahun terakhir. Kita tunggu, siapa lagi sponsor yang bakal mendepak Sharapova setelah TAG Heuer dan Nike pun kini bersiap memutuskan kerjasama mereka dengan Sharapova.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY