Genap Seratus Tahun, Inilah Sejarah Panjang Perjalanan BMW

Genap Seratus Tahun, Inilah Sejarah Panjang Perjalanan BMW

1236
0
BERBAGI

Tanggal 7 Maret 2016 lalu merupakan hari yang bersejarah bagi produsen mobil mewah asal Jerman, BMW. Bertempat di Munich Olympic Hall, Munich, Jerman, BMW merayakan secara meriah 100 tahun berdirinya produsen mobil premium ini. Banyaknya kesuksesan yang telah diraih bukan berarti BMW tidak pernah mengalami masa kegelapan. Kemeriahan satu abad BMW yang diwarnai dengan persembahan BMW Vision Next 100 Concept ini tak luput dengan permintaan maaf mereka atas keterlibatannya dengan Nazi di masa lalu yang mempraktekkan kerja paksa untuk memproduksi kendaraan perang. Juru bicara BMW Group menyatakan bahwa besarnya penderitaan dan praktik kerja paksa itu menyisakan penyesalan yang mendalam.

Fakta sejarah membuktikan bahwa sebuah brand bisa dikenal apabila mereka bisa tetap bertahan setelah menghadapi semua kondisi dan mampu beradaptasi dengan perubahan di dunia ini serta masih adanya konsumen yang menyukai hasil karya mereka. Tidak ada sebuah brand yang begitu lahir langsung bisa menjadi besar dan terkenal, begitu juga dengan BMW. Berikut kami mencoba menelusuri perjalanan satu abad BMW.

Perjalanan Satu Abad BMW

Perusahaan otomotif dari Jerman ini bermula sebagai produsen mesin pesawat yang didirikan pada Oktober 1913 oleh Karl Friedrich Rapp dengan nama Rapp Motorenweke. Sayangnya karena masalah keuangan, pada tahun 1916 Karl Friedrich Rapp mengundurkan diri dari perusahaan. Kemudian Franz-Josef Popp dan Max Fritz mengambil alih Rapp Motoren Werke. Gustav Otto, anak Karl Friedrich Rapp yang mendirikan bisnis lapangan terbang kecil dengan nama Gustav Flugmaschinefabrik, akhirnya memutuskan untuk merger bersama Rapp Motoren Werke dengan nama baru Rapp-Motoren Werke.

Mesin pesawat terbang di tahun 1918
Mesin pesawat terbang di tahun 1918 (Foto: Hemmings)

Tak berapa lama nama perusahaan tersebut diubah menjadi Bayerische Flugzeug-Werke (BFW) yang kemudian diganti lagi menjadi Bayerische Motoren Werke (BMW) atau dalam bahasa Inggris, dapat diartikan sebagai Bavarian Motor Works. Tahun 1918 BMW diubah lagi menjadi BMW AG (Aktiengesellschaft, artinya kepemilikan sahamnya diperjual-belikan di pasar modal) dan menjadi perusahaan publik setelah berhasil dengan mesin pesawat pertama mereka, Type 3 A.

Pabrik BMW di Eisenach
Pabrik BMW di Eisenach (Foto: Hemmings)

Tahun 1918, hasil perjanjian Versailles yang mengakhiri perang dunia pertama melarang BMW untuk memproduksi mesin pesawat terbang. Untunglah hasil perjanjian tersebut bisa dilonggarkan dimana kemudian BMW mulai meluncurkan produk sepeda motor mereka di tahun 1923 dan kemudian memproduksi mobil di tahun 1928. Bertempat di Munich pada tahun 1929 sepeda motor BMW 750cc bisa memecahkan rekor dunia saat itu dengan kecepatan 216,74 km / jam. Lebih lanjut, di tahun 1935 BMW memproduksi BMW K 12, sebuah sepeda motor revolusioner pertama yang dilengkapi dengan shock absorber garpu depan teleskopik hidrolik.

BMW di Era Modern

Dua puluh satu tahun kemudian, pada tahun 1956 BMW merilis mobil kecil pertama mereka yang dinamakan Isetta. Lalu di tahun 1967, BMW meluncurkan the limited edition BMW 1600 yang dilanjut dengan peluncuran mobil balap pertama BMW M1 pada tahun 1978. Sementara di tahun 1972 lahirlah model Turbo Prototype dengan desain interior nan futuristik hasil pemikiran manajer desain BMW, Paul Bracq. BMW tak lupa melebarkan sayapnya dan menjadi perusahaan mobil Eropa pertama di Jepang dengan membuka anak perusahaan disana pada tahun 1981.

BMW Isetta 250
BMW Isetta 250 (Foto: Car Styling)

Di era 90-an BMW mulai mengakuisisi beberapa perusahaan lain semisal Designworks USA, sebuah studio desain di California, juga membeli Grup Rover, perusahaan otomotif Inggris, selama 6 tahun. Kredibilitas BMW kembali diakui dengan mendapatkan hak untuk memproduksi mesin mobil Rolls Royce di tahun 1990. Di era 90-an pula BMW mulai merilis 4 model terbaru yaitu: 316i, 318i, 320i, dan 325i serta memperkenalkan mesin diesel untuk BMW Seri 3 dan BMW Seri 5. Tahun 1999, BMW merilis E52 Z8 yang diperkenalkan melalui film James Bond “The World is Not Enough”.

BMW E52 Z8
James Bond dan BMW E52 Z8 (Foto: Wikia)

BMW membuka era 2000-an dengan menjual Grup Rover yang merugi dan kemudian mendirikan merek baru dengan nama MINI pada 2001. Tahun 2010, BMW Grup termasuk MINI dan Rolls-Royce, berhasil melempar ke pasaran sekitar 1.481.253 unit mobil mereka yang dibuat di 5 negara. BMW disaat ini dikenal sebagai salah satu produsen mobil mewah dengan performa tinggi.

Nah, seiring perayaan 100 tahun BMW kali ini, apa saran dan masukan yang bisa anda berikan kepada BMW demi mempertahankan status kelas sosial mereka?

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY