First Look: Honda New CR-Z 2016 Indonesia

First Look: Honda New CR-Z 2016 Indonesia

2172
1
BERBAGI

PT. Honda Prospect Motor (HPM) telah meluncurkan dua mobil baru pada hari Selasa (8/3/2016) lalu. Kedua mobil tersebut adalah Honda New CR-Z dan Honda HR-V Special Edition JBL Audio.

Berhubung HR-V Special Edition ini bukanlah mobil asing karena pernah muncul di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu, maka kami akan mengajak anda untuk mengulas lebih jauh mengenai New CR-Z.

Konsep More Hybrid Sport

Honda CR-Z pertama diperkenalkan di Indonesia melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dan mulai dijual pada tahun 2013. Kemunculan CR-Z sekaligus menobatkannya sebagai mobil hybrid ketiga yang pertama muncul di Indonesia setelah Toyota Prius dan Toyota Camry Hybrid.

Honda New CR-Z tampak samping (Foto: Honda)
Honda New CR-Z tampak samping (Foto: Honda)

Hadirnya Honda New CR-Z kali ini masih bersifat minor change atau facelift saja dan dikembangkan dengan konsep More Hybrid Sport. Honda New CR-Z memberikan beberapa penyegaran di berbagai sisi, baik eksterior, interior maupun fiturnya.

Eksterior dengan Desain yang Agresif

Untuk eksteriornya, New CR-Z mendapatkan bumper depan dan belakang baru, headlamp LED dan grille baru. Pindah ke samping, velgnya berukuran 17 inci dengan desain baru dan rem cakram yang diperbesar, dari sebelumnya 14 inci kini menjadi 15 inci.

Eksterior Honda New CR-Z
Ini dia penyegaran eksterior pada Honda New CR-Z

Bagian belakang mobil mendapatkan multi view rear parking camera yang tentunya amat membantu untuk memarkir mobil dengan lebih baik. New CR-Z juga mendapatkan ubahan setting suspensi untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Interior Bercita Rasa Kokpit Pesawat Tempur dan Fitur Andalannya

Beralih ke dalam, desain interior New Honda CR-Z menerapkan konsep Exciting Mature Cockpit yang membuat pengendaranya seolah berada dalam kokpit pesawat tempur. Desain dasbornya juga amat driver oriented dengan beberapa fitur andalan seperti New Smart Entry + One Push Ignition System, New Hands Free Telephone Steering Switch, New Electric Parking Brake, New 7.0″ Touch Screen AV System with Mirroring yang dapat digunakan untuk memutar musik dalam format CD, DVD, MP3/WMA, USB, iPod / iPhone, Bluetooth, serta New HDMI Port & USB Ports (2 Ports).

Interior Honda New CR-Z
Desain dasbor yang driver oriented dan sejumlah fitur canggih menjadi nilai lebih bagi Honda New CR-Z

Honda New CR-Z dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan keselamatan, mulai dari fitur Immobilizer dan Security Alarm, hingga sistem pengereman dengan ABS+EBD dan BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Active Headrest, Dual Front SRS Airbags, Side Airbags dan Side Curtain Airbags.

Berbagi Mesin dengan Jazz Hybrid

Seperti Honda Jazz Hybrid, New CR-Z menggendong mesin i-VTEC 1.5 liter dipadu dengan teknologi baterai Integrated Motor Assist (IMA). Kombinasi ini menghasilkan total output sebesar 130 hp dengan torsi 172 Nm. New CR-Z mempunyai catatan waktu akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 9 detik dengan kecepatan maksimal hingga 209 km/jam.

mesin CR-Z
New CR-Z berbagi mesin dengan Jazz Hybrid

Untuk versi Indonesia, mobil ini hanya tersedia dalam opsi transmisi Continuosly Variable Transmition (CVT) yang juga dapat dioperasikan melalui tuas Paddle Shift di balik kemudinya. Mobil ini juga dilengkapi dengan Cruise Control untuk membantu pengendara berakselerasi dengan kecepatan konstan semisal saat melintas di jalan tol.

Paddle shift CR-Z
Paddle Shift dan Cruise Control (Foto: Honda)

New CR-Z mampu menyimpan tenaga kinetik yang dihasilkan saat mobil melakukan manuver pengereman pada perangkat IMA-nya. Ini tentu saja berimbas baik pada keiritan konsumsi bahan bakar mobil ini.

Pilihan Mode Berkendara

Sebagai mobil sport hybrid, Honda New CR-Z dilengkapi dengan tiga mode berkendara: Normal, Sport dan ECON. Mode Normal, sesuai namanya, digunakan untuk keperluan penggunaan sehari-hari. Sedangkan mode Sport ditujukan untuk menghasilkan akselerasi yang lebih bertenaga dan responsif. Terakhir, pada mode ECON sistem akan mengoptimalkan kinerja mesin agar efisiensi bahan bakar lebih maksimal.

2016-honda-cr-z-engine-speed-boost
Akuilah, tombol S+ ini membuat anda gatal untuk ingin selalu mengaktifkannya (Foto: Honda)

Tak hanya itu, New CR-Z juga mempunyai fitur Eco AssistTM yang berguna untuk membantu pengemudi agar bisa berkendara secara efisien. Adanya fitur S+ (Plus Sport System) turut melengkapi pengaturan performa mobil ini. Saat diaktifkan, mesin dan motor listrik akan bekerja secara maksimal untuk menambah daya dan performa yang lebih responsif.

Kesimpulan

Meskipun penjualan Honda CR-Z boleh dibilang masih kalah kompetitif dibanding mobil sport lainnya, namun mobil ini memiliki pasar tersendiri di dalam negeri. Sayangnya, hingga kini Honda belum memberikan penyegaran menyeluruh dengan menghadirkan model all new tapi lebih memilih untuk melakukan facelift lagi dan lagi. Ya, New CR-Z yang baru saja meluncur ini adalah facelift kedua bagi mobil ini.

New CR-Z
Facelift lagi dan lagi (Foto: Honda)

Penggunaan mesin yang sama dengan Jazz Hybrid juga menjadikannya tidak terlalu spesial dari segi besaran tenaga, meskipun jelas masih bisa digunakan untuk keperluan performa. Uniknya, penggunaan mesin hybrid yang dikenal senyap tak akan anda temui pada mobil ini karena Honda telah sedikit mengakali mobil ini agar lebih ‘berisik’ dan aura sporty-nya muncul. Setidaknya, Honda CR-Z masih bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan mobil bergaya sport namun tidak sampai mencapai milyaran Rupiah.

4150827-cr-z_005H

Mobil ini dijual dengan harga mencapai Rp 535 jutaan, dan salah satu penyebabnya adalah kebijakan pemerintah yang menerapkan pajak ganda untuk mobil berjenis hybrid karena dianggap memiliki dua mesin. Kedepannya pemerintah harus lebih tanggap dan segera merevisi kebijakan yang tidak bijak ini jika menginginkan pertumbuhan otomotif dalam negeri yang lebih baik. Selain itu, mesin hybrid juga lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan mesin konvensional berbahan bakar fosil.

Bagaimana menurut anda? Sampaikan pada kolom komentar, ya!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY