Awas Jangan Salah Isi Bensin ke Mobil Diesel, Ini 4 Akibatnya!

Awas Jangan Salah Isi Bensin ke Mobil Diesel, Ini 4 Akibatnya!

4045
0
BERBAGI
Ilustrasi Khusus Bahan Bakar Diesel (Foto: Greencarreports)

Pada saat ini banyak pabrikan otomotif telah memberikan pilihan mobil yang berbahan bakar solar atau bensin untuk suatu model mobil kepada calon konsumennya. Banyak orang yang memilih mobil bermesin bensin karena menganggap perawatannya lebih mudah dibandingkan mobil bertenaga solar. Akan tetapi bagi orang yang mengerti seluk beluk mesin, kebanyakan pasti akan membeli mobil bertenaga diesel. Beberapa alasan kenapa membeli mesin bahan bakar diesel adalah karena faktor irit dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar selain lebih tahan ketika menghadapi jalanan yang banjir. Selain itu mesin diesel akan lebih bertenaga dan irit lagi ketika digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Karakter mesin diesel memang berbeda dengan mesin bensin, tetapi setiap mesin bila tidak dirawat dengan baik pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada mesin bensin dan diesel bisa disebabkan oleh keteledoran perawatan dan penggunaan. Salah satu kemungkinan yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin adalah kesalahan saat mengisi bahan bakar pada mobil. Hal ini bisa terjadi karena tidak melihat tanda bagian solar atau bensin ketika antri di SPBU, ataupun menggunakan mobil milik orang lain dan tidak mengerti bahan bakar yang dipakai mobil tersebut. Asumsi sebagian pengemudi yang mengira mobil yang sama tentunya memakai bahan bakar yang sama juga padahal bisa saja beda bahan bakar. Apalagi sekarang produsen mobil sudah membuat tipe bensin dan diesel dari sebuah model yang sama.

4 Hal yang Terjadi Karena Salah Isi Bensin Ke Mesin Diesel

Apa yang terjadi ketika anda salah mengisi bensin ke mobil diesel? Tergantung berapa banyak bensin yang masuk ke mesin diesel, kalau tidak banyak maka tidak akan terlalu berpengaruh. Tetapi bila banyak maka akan mempengaruhi proses pembakaran di mesin. Berikut kami berikan penjelasan mengenai apa saja yang terjadi ketika anda salah mengisikan bensin ke tangki mobil diesel:

Bensin VS Diesel
Bensin VS Diesel (Foto: Auto Evolution)

1. Panas yang Berlebihan Pada Injection Pump

Perbedaan kompresi mesin solar dan bensin sangat jauh berbeda, diesel sekitar 30:1 sementara mesin bensin 10:1 atau 12:1. Dengan kompresi yang tinggi tersebut tentu diesel memerlukan bahan bakar yang tidak mudah terbakar di ruang kompresinya, dalam hal ini solar. Oli sebagai salah satu kandungan dalam solar juga berguna untuk membantu pelumasan dalam injection pump sehingga bila tidak ada pelumas di dalamnya maka akan terjadi panas yang berlebihan.

Fuel Injection Pump
Fuel Injection Pump (Foto: Wise Geek)

2. Nosel Injektor Kotor

Nosel injektor juga akan menjadi kotor kalau diisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai. Nosel injektor yang kotor akan mengakibatkan asap mobil keluar lebih banyak sementara tenaga mesin-nya akan berkurang.

Nosel Injektor
Nosel Injektor (Foto: Diesel Engine Part)

3. Terhambatnya Filter Solar

Dengan memasukkan bahan bakar yang mudah meledak ke dalam mesin diesel yang berkompresi tinggi maka akan terjadi pembakaran dini yang kemudian mengarah ke detonasi mesin atau knocking. Sepintas memang membuat tarikan lebih enteng tapi lama kelamaan akan menghambat filter solar. Nantinya akan muncul gejala mesin tersendat saat dikendarai secara normal maupun saat dilarikan pada putaran tinggi.

Filter Solar
Filter Solar (Foto: Super Cheap Auto)

4. Mempersingkat Umur Fuel Pump

Karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, umur fuel pump juga akan lebih singkat dan cepat rusak. Bila dibiarkan terus menerus, maka akan mengakibatkan berkurangnya tenaga mobil.

Fuel Pump
Fuel Pump (Foto: Truck Trend)

Nah, apabila mobil diesel anda sudah terlanjur kemasukan bensin, apa yang bisa dilakukan?

Tips Untuk Mobil Diesel yang Terlanjur Kemasukan Bensin

Anda bisa terus menjalankan mobil menuju ke bengkel terdekat dengan pelan-pelan sementara putaran mesin harus dijaga tidak lebih dari 1.000 rpm untuk menghindari panas berlebihan pada mesin. Solusi paling tepat adalah segera mematikan mobil dan memanggil mekanik bengkel untuk mengeluarkan bensin yang masuk ke dalam tangki serta membersihkan injektor bahan bakar mobil anda sebelum kerusakan merembet ke mesin mobil.

Mengisi Bahan Bakar
Mengisi Bahan Bakar (foto: Mobil Kamu)

Sayang kan kalau keluar Rp 15 – 20 jutaan bila harus turun mesin. Punya tips lain menghadapi masalah diatas? Silahkan tulis tips anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY