Spyshot Honda WR-V, “Adik” BR-V Mulai Bermunculan!

Spyshot Honda WR-V, “Adik” BR-V Mulai Bermunculan!

4695
0
BERBAGI

Honda terlihat masih belum puas bermain di pasar crossover walaupun mereka sudah merilis HR-V dan BR-V yang mendapatkan tanggapan positif. Sebuah model baru diam-diam sedang dikembangkan di Brazil dari platform Honda Jazz. Di Brazil sendiri, segmen SUV kompak atau crossover memang sangat disukai konsumen, itulah salah satu alasan kenapa mobil baru ini dikembangkan di sana. Honda diketahui telah membuat mobil dengan platform Jazz sebanyak tujuh kali sebelumnya, sehingga yang terbaru ini merupakan yang ke delapan kalinya jika nanti sudah diproduksi secara massal. Inipun bukan sebuah konsep baru, mengingat tahun 2012 lalu Honda Brazil pernah merilis Honda Fit Twist, sebuah versi SUV dari generasi Jazz sebelumnya.

Beberapa foto spyshot tentang pengujian mobil baru ini di jalanan Brazil mulai bertebaran di internet. Diketahui bahwa mobil crossover ini diberi kode “Honda 2FM” sementara versi produksinya nanti disebut-sebut akan diberi nama Honda WR-V. Mobil baru ini akan mengingatkan kita kepada Honda HR-V dan BR-V yang sebelumnya sudah dipasarkan di Indonesia. Sumber lain mengatakan bahwa SUV ini dikembangkan dari mobil konsep Vision Xs-1 yang diperkenalkan Honda di Delhi Auto Expo, India, tahun 2014 lalu.

Perbandingan Spesifikasi Honda Jazz, BR-V dan WR-V

Pihak Honda sendiri belum menjelaskan secara rinci mengenai detail Honda WR-V, tetapi dari beberapa foto spyshot yang sudah beredar sebelumnya terlihat bahwa mobil ini mengambil karakter BR-V akan tetapi dimensinya lebih kecil. Karakter yang diambil dari BR-V tersebut jelas terdeteksi dari roof rail-nya yang seperti milik BR-V.

Honda WR-V Tampak Belakang
Honda WR-V saat kepergok diuji coba di Brazil (Foto: Head Light Mag)

Sementara itu siluet bodi SUV kompak ini terlihat seperti model hatchback dengan jarak pijak yang lebih tinggi yang menjadi syarat sebuah mobil crossover untuk melibas jalanan ekstrim. Tidak berlebihan juga bila WR-V disebut-sebut sebagai saudara Jazz yang ditinggikan mengingat platformnya menggunakan desain yang sama. Hal itu bisa dilihat dari eksterior, interior, sasis bahkan mesinnya.

Honda Jazz Brazil
Honda Jazz Brazil (Foto: The Motor Report)

Dapur pacu WR-V sendiri dikabarkan akan memakai mesin bensin 1,5 dan 1,2 liter i-VTEC, sementara versi diesel akan memakai mesin Earth Dreams i-DTEC 1.5 liter. Spesifikasi mesin yang hampir sama seperti yang dipakai oleh Honda Jazz Brazil dan Brio Indonesia ini akan dilengkapi dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Versi mesin dieselnya sendiri memakai transmisi manual 6-percepatan.

Mesin Diesel Honda Earth Dreams
Mesin Diesel Honda berteknologi Earth Dreams (Foto: Honda cars India)

Honda WR-V di Pasar Indonesia

SUV kompak ini dikabarkan akan tampil perdana di Amerika Selatan pada November 2016 di acara Sao Paolo Motor Show sebelum dirilis resmi di India awal 2017. Honda WR-V akan menjadi model yang ditempatkan di bawah BR-V dan di atas Jazz, serta siap menjadi lawan bagi Hyundai i20 Active, Fiat Avventura, Toyota Etios Cross, serta Ford Ecosport.

Honda WR-V Belakang
Honda WR-V tampak belakang (Foto: Paultan)

Konsumen Indonesia tampaknya harus menunggu lebih lama lagi karena belum ada tanda-tanda bahwa Honda WR-V juga akan masuk ke Indonesia. Namun jika melihat kesamaan karakter pasar Indonesia dan Brazil, maka besar kemungkinan mobil ini juga akan masuk ke Indonesia, setidaknya setelah meluncur di India.

Honda BR-V saat muncul perdana di kota-kota besar (Foto: Ototaiment – Sandi Tatto)

Sebagai gambaran, di pasar Indonesia model Honda BR-V dengan mesin bensin 1.5 liter dibandrol mulai dari Rp. 226,5 juta. Berapa ya kira-kira harga mobil ini jika benar masuk ke Indonesia?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY