Inilah 10 Hal Tentang BMW i8 yang Tidak Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

Inilah 10 Hal Tentang BMW i8 yang Tidak Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

1103
0
BERBAGI

BMW i8 adalah mobil berjenis plug-in hybrid pertama dari BMW dan menjadi model kedua dalam keluarga i-series setelah BMW i3. Mobil ini pertama dirilis pada tahun 2014 lalu dan memiliki bodi dengan bahan serat karbon, plastik dan aluminium ringan yang membuat berat kosongnya hanya sekitar 1.485 kg. Bagi anda yang terbiasa dengan sporstcar 2 kursi, masuk ke dalam i8 akan membuat anda terkejut dengan adanya 4 kursi.

Kejutan lain sebagai kendaraan plug-in hybrid adalah kemampuan sportscar-nya yang tidak dikorbankan dengan efisiensi konsumsi bahan bakarnya yang mampu hinga 47,6 kpl dan akselerasi 0-100 km/h bisa digeber dalam waktu 4,4 detik. Sementara itu i8 bisa berjalan murni dengan mesin listrik setara 120 kilometer per jam. Tentunya bukan itu saja kejutan lain yang ada di i8. Simak ulasan berikut mengenai 10 hal yang belum anda diketahui tentang BMW i8:

1. Menggunakan Kaca Gorilla Glass

Corning Incorporated sebagai produsen Gorilla Glass didaulat untuk menjadi vendor resmi bagi BMW i8 yang membuat mobil ini sekaligus menjadi pengguna perdana Gorilla Glass pada bidang otomotif.

Gorilla Glass Pada BMW i8
Gorilla Glass pada BMW i8 membuatnya lebih ringan (Foto: Auto News)

Keputusan BMW untuk menerapkan penggunaan Gorilla Glass pada i8 terkait dengan keinginan BMW untuk memangkas bobot i8 dengan menggunakan kaca berbobot ringan namun kuat yang bisa ditemui pada produk Gorilla Glass. Selain itu, ongkos produksinya tidak mahal. Kaca keluaran Corning tersebut saat ini masih terus mengalami tahap pengembangan meskipun sudah memenuhi standar untuk digunakan sebagai keperluan otomotif.

2. Lampu Rem dengan Sistem Dynamic Brake Force Display

Dalam komponen BMW i8, semua elemen penerangan menggunakan teknologi LED. Lampu depan tetap memakai bentuk yang lazim digunakan BMW i-series, yaitu berbentuk U yang memakai Daytime Running Lights. BMW i8 juga menggunakan teknologi laser yang membantu meningkatkan penerangan dan jangkauan dari lampu jarak jauhnya.

Dynamic Brake Force Display Pada BMW i8
Dynamic Brake Force Display Pada BMW i8 (Foto: We Motor)

Sementara lampu rem dengan sistem Dynamic Brake Force Display bisa membuat pengendara di belakang anda tahu seberapa dalam anda menekan rem sehingga mereka bisa bereaksi secara cepat dalam waktu yang tepat. Hal ini karena lampu remnya terbagi dalam dua zona. Pada pengereman normal, hanya satu zona yang menyala sementara ketika anda mengerem lebih dalam, maka Brake Force Display akan menaikkan intensitas lampu rem dengan menyalakan zona kedua.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY