6 Mobil Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Alternatif

6 Mobil Ramah Lingkungan Berbahan Bakar Alternatif

1963
0
BERBAGI
Toyota Mirai sebagai salah satu contoh mobil dengan bahan bakar alternatif (Foto: Ototaiment)

Salah satu hal yang menjadi dambaan setiap orang adalah adanya sebuah kendaraan yang nyaman, hemat Bahan Bakar Minyak (BBM) dan ramah lingkungan. Produk mobil ramah lingkungan diyakini akan menjadi mobil yang bersifat global karena perkembangan industri otomotif global pun mulai mengarah ke konsep tersebut. Beberapa syarat mobil global tersebut antara lain mobil tersebut haruslah ramah lingkungan dan hemat energi. Disamping itu, mobil global juga harus memenuhi standar keselamatan, kualitas serta keamanan yang tinggi sesuai dengan permintaan pasar.

Kampanye penggunaan kendaraan ramah lingkungan sudah mulai galak dilakukan oleh beberapa negara yang peduli dengan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, standar bahan bakar minyak di Indonesia masih menggunakan standar emisi Euro 2, sementara sudah banyak negara tetangga yang mengadopsi standar Euro 4 bahkan Euro 5 atau Euro 6. Maka dari itu di tahun 2018 pemerintah bertekat untuk menerapkan kualitas BBM yang diedarkan di Indonesia harus sudah sesuai dengan standar Euro 4. Dengan diterapkannya standar Euro 4 maka diharapkan perkembangan industri automotif di Indonesia menjadi lebih meningkat disamping juga lebih ramah lingkungan.

6 Mobil Tenaga Alternatif Selain Bahan Bakar Minyak

Beberapa pabrikan mobil ternama seperti BMW, Tesla hingga Toyota sudah merilis beberapa mobil berbahan alternatif mulai dari mobil hybrid, mobil listrik, maupun mobin berbahan bakar hidrogen. Sementara itu ada juga perusahaan maupun perseorangan yang mencoba berkreasi dengan ide terbaru yang ingin menciptakan mobil tanpa ketergantungan terhadap BBM. Berikut kami ulas beberapa mobil ramah lingkungan yang menggunakan tenaga alternatif selain BBM:

Mobil Ramah Lingkungan
Ilustrasi mobil ramah lingkungan (Foto: Apa Kabar Dunia)

1. Mobil Tenaga Udara

Mini CAT adalah mobil konsep keluaran pabrikan otomotif India, Tata, yang diperkenalkan kepada publik di tahun 2008. Mobil konsep yang mengandalkan tekanan udara sebagai tenaga penggeraknya ini mengklaim bahwa biaya pengisian tenaganya hanya sebatas listrik yang digunakan untuk menjalankan kompresor tekanan angin yaitu sekitar Rp 18.000. Pengisian tenaga angin untuk mobil yang bisa melaju sampai 300 km ini hanya memerlukan waktu 3-4 jam pengisian.

Mini Cat Tata
Mini Cat Tata (Foto: Online Hint)

2. Mobil Bertenaga Hidrogen

Kelebihan hidrogen dibanding bahan bakar minyak konvensional adalah bisa didapat dan dibuat lagi dari berbagai bahan baku, selain itu juga lebih ramah lingkungan. Beberapa pabrikan otomotif dunia sudah mulai melirik pasar ini semisal Toyota dengan mid-size sedan mereka, Toyota Mirai. Untuk menyalakan motor penggerak, piranti fuel cell Toyota mampu menghasilkan listrik melalui rekasi kimia antara oksigen dan hidrogen.

Toyota Mirai saat muncul di GIIAS 2015 (Foto: Ototaiment)

3. Mobil Bertenaga Angin

Di China, dalam waktu tiga bulan dan hanya dengan biaya Rp 24 juta, sebuah mobil bertenaga angin berhasil diciptakan oleh seorang petani berusia 55 tahun, Tang Zhengping. Mobil setinggi 1 meter dan panjang 3 meter ini benar-benar menggunakan tenaga angin untuk bergerak, bahkan bisa mencapai kecepatan 90 mph.

Mobil Tenaga Angin China
Mobil tenaga angin buatan seorang petani asal China (Foto: Oh Wow)

4. Mobil Tenaga Surya

Mobil yang tidak menggunakan bahan bakar ini memakai matahari sebagai penggeraknya. Cara kerja mobil hemat biaya ini dengan memakai panel surya untuk menangkap sinar matahari yang kemudian diubah menjadi daya listrik. Daya listrik tadi kemudian digunakan untuk menggerakkan roda mobil tenaga surya ini. Indonesia sebagai negara tropis yang mempunyai banyak paparan sinar matahari tentunya cocok dengan mobil jenis ini.

Mobil Tenaga Surya
Mobil tenaga surya (Foto: Energi Today)

5. Mobil Tenaga Gas

Peter Dearman, seorang penemu dari Inggris sukses mengembangkan energi ramah lingkungan dengan bahan dari gas cair yang diubah menjadi energi. Bahan bakar gas cair yang berisi senyawa nitrogen beku ini bisa menggerakkan mobil sejauh 3 mil dengan kecepatan sekitar 48,2 km/jam. Gas cair ini diharapkan akan menjadi sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar dari fosil.

Peter Dearman Dan Bahan Bakar Gas Cair
Peter Dearman Dan Bahan Bakar Gas Cair (Foto: CNN)

6. Mobil Tenaga Listrik

Mobil listrik pada intinya adalah sebuah mobil yang digerakkan dengan motor listrik yag memakai energi listrik dari baterai. Sayangnya baterai listrik jenis Ion Lithium yang dipakai untuk mobil listrik ini harganya sangat mahal. Tetapi diharapkan dengan semakin banyaknya produksi mobil jenis ini yang dihasilkan pabrik, harga akan terus menurun sesuai permintaan pasar yang naik. Awalnya hanya Tesla yang melirik pasar mobil listrik ini tapi kemudian pabrikan sekelas BMW dan KIA mulai memproduksi mobil jenis ini semisal dengan BMW i8 dan KIA Soul EV.

BMW i8
BMW i8 (Foto: Auto Blog)

Nah, dari banyaknya alternatif bahan bakar untuk mobil yang ramah lingkungan tentunya bukan menjadi sebuah hambatan untuk memilih mana mobil yang cocok digunakan sehari-hari. Menurut anda, manakah mobil ramah lingkungan yang cocok untuk keperluan anda?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY