Mazda Absen di IIMS 2016 Untuk Efisiensi dan Fokus Pada 3 Mobil...

Mazda Absen di IIMS 2016 Untuk Efisiensi dan Fokus Pada 3 Mobil Ini

1433
0
BERBAGI
Mazda saat muncul di GIIAS 2015 (Foto: Ototaiment)

Salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2016, resmi akan digelar pada 7-17 April 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Hingga saat ini sudah terdaftar delapan belas merek kendaraan roda empat dan delapan merek kendaraan roda dua akan mengikuti IIMS 2016. Akan tetapi, dari data peserta tersebut tampak bahwa Mazda absen mengikuti agenda IIMS kali ini. Mazda dikabarkan lebih memilih fokus untuk meningkatkan brand awareness mereka pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan Agustus mendatang, dimana mereka berniat untuk menghadirkan standar booth yang sama seperti saat Mazda muncul di Tokyo Motor Show dan Bangkok Auto Show.

Absennya Mazda dalam gelaran IIMS ini bukan kali pertama, karena di tahun 2015 lalu Mazda juga tidak bisa dibilang mengikuti IIMS karena hanya diwakili oleh dealer dan bukan oleh PT Mazda Motor Indonesia (MMI). Astrid Ariani Wijaya, Senior Marketing Manager MMI, berkilah bahwa absennya Mazda pada IIMS kali ini terkait dengan strategi pengeluaran biaya perusahaan. Memang pameran IIMS banyak dianggap sebagai salah satu peluang emas untuk mengangkat penjualan mobil. Tetapi Mazda merasa bahwa kesempatan seperti itu bisa terbuka di mana dan kapan saja tanpa harus menunggu acara besar. Mazda selama ini memang secara teratur menyelenggarakan pameran-pameran kecil semisal di mall untuk mempromosikan produk serta melakukan pendekatan kepada calon konsumen.

Prediksi Mobil Mazda Terbaru yang Akan Masuk Indonesia

Salah satu alasan utama kenapa Mazda tidak mengikuti IIMS 2016 dikarenakan Mazda merasa saat ini belum ada kendaraan yang perlu di highlight. Efisiensi tampaknya menjadi salah satu alasan juga kenapa Mazda tidak menggelar selebrasi peluncuran produk barunya seperti saat meluncurkan Mazda VX-1 facelift beberapa waktu lalu. Terlepas dari itu semua, Mazda dikabarkan telah mempersiapkan beberapa model baru untuk tahun ini yang kemunculannya cukup dinantikan. Berikut adalah tiga mobil baru Mazda yang disebut akan meluncur tahun ini:

Booth Mazda di Bangkok Motor Show 2015 (Foto: Bangkok Motor Show)

1. Mazda CX-3

Kemunculan Mazda CX-3 telah dinanti-nanti sejak GIIAS 2015 lalu. Namun MMI masih terus menunda kehadiran crossover ini karena beberapa masalah. Meski demikian, MMI mengatakan bahwa kemunculan Mazda CX-3 dipastikan pada tahun ini sambil menunggu waktu yang tepat.

2016 Mazda CX-3
Mazda CX-3 jadi atau tidak meluncur di Indonesia? (Foto: Car Scoops)

Untuk varian yang akan dipasarkan terlebih dahulu adalah varian yang menggunakan mesin 2.000 cc 4-silinder SkyActiv-G. Sementara untuk varian lainnya masih akan melihat pasar terlebih dahulu. Namun khusus untuk varian yang menggunakan mesin diesel dipastikan tidak akan masuk, hal itu dikarenakan kualitas solar di Indonesia masih belum cukup bagus. Di Indonesia nanti CX-3 akan berebut pasar dengan Chevrolet Trax, Honda HR-V, Nissan Juke serta Ford EcoSport.

2. All New Mazda MX-5

Generasi keempat roadster ini belum bisa dipastikan kapan tepatnya akan diluncurkan tahun ini, walaupun permintaan dari masyarakat sudah mulai bermunculan. MMI sendiri sudah melakukan komunikasi dengan prinsipal di Jepang (Mazda Motor Corp / MMC) mengenai kemungkinan rilisnya roadster yang juga dikenal dengan nama Miata ini di Indonesia.

Mazda All New MX-5 telah terdaftar di Direktorat IUBTT. Kapan rilis? (Foto: Netcarshow)

Bahkan All New MX-5 ini sudah didaftarkan sampai pada status pendaftaran “Selesai” ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor yang diurus oleh Direktorat Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi. All New MX-5 memiliki bobot yang lebih ringan 75 kg dibanding generasi sebelumnya dan menggunakan bahasa desain Kodo. Untuk mesinnya, All New MX-5 dilengkapi dengan mesin 4-silinder 2.0 L Skyactiv bertenaga 155 hp serta torsi 200 Nm.

3. Mazda BT-50 Facelift

Kendaraan double cabin Mazda, yakni BT-50 juga dikabarkan bakal segera masuk ke Indonesia tahun ini. Meskipun berstatus facelift, namun Mazda BT-50 facelift yang dikerjakan di Thailand ini tampak lebih segar dengan bahasa desain Kodo serta tehnologi Skyactiv.

2016 Mazda BT-50 Facelift
2016 Mazda BT-50 Facelift (Foto: Car Advice)

Berhubung perubahannya bersifat minor change, maka Mazda BT-50 masih memakai mesin diesel MZ-CD 2.2 L 4-silinder DOHC turbocharger dengan tenaga 110 hp dan torsi 285 Nm.

Nah, dari ketiga produk Mazda yang akan meluncur di Indonesia tahun ini, manakah yang menurut anda paling ditunggu? Jangan lupa sertakan alasan anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY