Inilah Cara Membaca 5 Merek Mobil yang Benar

Inilah Cara Membaca 5 Merek Mobil yang Benar

3495
0
BERBAGI
Berbagai macam logo merek mobil (Foto: Ototrend)

Berbagai merek pabrikan otomotif telah muncul di Indonesia sejak lama, mulai dari pabrikan asal Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris dan sebagainya. Selama itu pula beberapa merek tersebut dilafalkan dengan pelafalan yang salah karena dibaca dengan “cara Amerika” atau “cara Inggris”. Beberapa brand yang berasal dari negara di luar Amerika dan Inggris memang terkadang susah dilafalkan sesuai bahasa aslinya. Tidak jarang orang membaca merek mobil dengan semau mereka tanpa tergerak untuk mencari tahu mana yang benar, padahal merek-merek tersebut sangatlah dikenal.

Budaya membaca huruf G yang di baca J misalnya adalah kebiasaan dari budaya membaca orang Inggris dan Amerika Serikat yang terbawa oleh orang Indonesia bahkan ketika mengucapkan sebuah merek yang berasal dari bahasa Perancis atau Jerman. Oleh karena itu kami ingin meluruskan beberapa cara membaca nama merek mobil luar negeri yang sering kita jumpai sehari-hari sesuai pelafalan yang benar:

1. Lamborghini

Produsen mobil asal Italia yang didirikan pada tahun 1963 oleh Ferruccio Lamborghini ini awalnya didirikan untuk memproduksi mobil yang bisa berkompetisi dengan mobil lainnya terutama dengan Ferrari. Karena mobil sport ini berasal dari Italia, tentu saja pengucapannya yang benar adalah dengan menggunakan tata bahasa Italia, bukan dengan cara Inggris maupun Amerika. Perpaduan konsonan Gh dalam bahasa Italia dibaca “G” maka dari itu pelafalan “Lamborghini” yang benar bukan “Lamborjini” akan tetapi “Lamborgini”.

Logo banteng khas Lamborghini (Foto: Focusauto)

2. Porsche

Cara untuk mengucapkan beberapa istilah dalam bahasa Jerman ke dalam bahasa Indonesia mungkin ada yang sama tapi tetap saja ada beberapa perbedaan termasuk dalam mengucapkan Porsche. Orang Amerika sering mengucapkan merek Jerman ini sebagai “Porsh” dengan huruf “r” yang kentara karena aksen mereka. Nama Porsche sendiri merupakan sebuah nama keluarga dimana para anggota keluarga ini melafalkan nama keluarga mereka dengan “Porsha”.

Logo Porsche Pada Kemudi
Logo Porsche Pada Kemudi (Foto: Wall Convert)

3. Peugeot

Merek pabrikan otomotif asal Perancis ini selalu menggunakan nama dari angka sejak dulu hingga sekarang. Dalam bahasa Inggris, “Peugeot” dilafalkan dengan “Pu-Syou” sementara versi bahasa Perancis dilafalkan “pe-zyo” dengan pe dibaca seperti membaca “penonton” dan “o” yang pendek dan meruncing. Bagi lidah orang Indonesia, sangat susah untuk melafalkan dengan benar merek yang sempat ngetrend di Indonesia dengan Peugeot 206 ini karena di penulisannya banyak terdapat unsur huruf vokal. Banyak orang Indonesia yang melafalkan “Peugeot” menjadi ‘Poso, “Piso”, “Peso” bahkan “Peaze” atau bahkan “Pezo”.

Logo Peugeot pada grille (Foto: Posta)

4. Renault

Pada era awal perusahaan otomotif Perancis ini menjual mobilnya di Amerika, orang disana mengucapkan “Renault” dengan “Ray-nalt”. Dan pengucapan tersebut terlanjur bergaung sampai ke para pecinta otomotif di Indonesia bahkan dengan modifikasi lain semisal “Rinolt” dan “Renold”. Dalam bahasa Perancis yang benar, “Renault” diucapkan dengan “Ray-noh” atau “Reno”.

Logo Renault Pada Roda Mobil
Logo Renault pada velg mobil (Foto: Ecdnig)

5. Hyundai

Nama dari perusahaan otomotif divisi Hyundai-Kia Automotive Group ini telah diucapkan dalam banyak bahasa yang berbeda semisal di Amerika dimana terdapat iklan yang memberitahu pembaca bahwa pengucapan “Hyundai” seperti mengucapkan kata “Sunday” dalam bahasa Amerika. Dalam bahasa Korea, “Hyundai” diartikan sebagai modernitas dan dilafalkan dengan “Hyeon-Dae” dimana “yeo” dibaca seperti “yo” pada “mayonnaise” dengan “o” agak terbuka sementara kata “dae” dibaca “de” seperti cara membaca “desa”. Di Indonesia Hyundai sering dilafalkan dengan menyebut merek ini “Hiyudai” maupun “Hiyundai” padahal yang benar adalah “Hande”.

Logo Hyundai
Logo Hyundai (Foto: Micks Auto)

Nah, setelah tercerahkan dengan lima cara membaca merek mobil yang benar di atas, mungkin ada merek lain yang selama ini anda ketahui ternyata pengucapannya masih membingungkan. Silahkan tulis di kolom komentar, nanti akan kami beritahu cara bacanya yang benar!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY