Resmi Meluncur di Indonesia, MINI Cooper Clubman Kini Lebih Lega

Resmi Meluncur di Indonesia, MINI Cooper Clubman Kini Lebih Lega

2371
0
BERBAGI
MINI Cooper S Clubman meluncur di Indonesia (Foto: Netcarshow)

BMW Group Indonesia baru saja menambah lini mobil terbaru dari MINI ke Indonesia pada hari Jumat (18/3) lalu. Mobil yang dimaksud adalah New Cooper Clubman dan New Cooper S Clubman yang keduanya merupakan MINI dengan 6-pintu. Bagi Anda yang kurang familiar dengan line-up MINI, khususnya MINI Clubman, mungkin akan bertanya-tanya, “Enam pintu? dimana pintu keenamnya?” Kedua varian terbaru MINI tersebut memiliki enam pintu dengan detail empat pintu standar di bagian depan dan row kedua, serta dua pintu split yang khas di bagian belakang.

Mini-Clubman_UK-Version_split doors netcarshow
Split tailgate khas MINI Clubman (Foto: Netcarshow)

Keunikan dari dua pintu split di bagian belakang tersebut, untuk membukanya tidak harus menggunakan door handle-nya, namun bisa juga dengan cara mengayunkan kaki di sisi bawah bumper belakang untuk membukanya secara otomatis. Pintu sebelah kanan akan terbuka lebih dahulu, dan jika Anda ingin membuka kedua pintunya, maka ayunkan lagi kaki Anda agar pintu kirinya juga terbuka.

Eksterior dan Interior yang Lebih Baik dari Pendahulunya

Tampilan Clubman terbaru ini nampak lebih panjang dan lebar jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, pembeda antara kedua varian Clubman terbaru ini terlihat pada varian Cooper S Clubman yang lebih sporty dengan beberapa perbedaan eksterior dari Coope Clubman dan menggunakan velg light alloy wheel Star 18 inci dengan warna hitam perak. Sedangkan pada Mini Cooper Clubman, velgnya light alloy wheel Vent 17 inci. Cooper S Clubman juga mempunyai panoramic sunroof.

Mini-Clubman_UK-Version_2016_panoramic
Panoramic Sunroof hanya ada pada varian Cooper S Clubman (Foto: Netcarshow)

Mini Clubman terbaru mampu menampung lima orang penumpang dengan lebih baik, yang membuatnya lebih lega daripada MINI Cooper lima pintu. Kapasitas bagasi juga terbilang besar dengan kapasitas volume 360 liter yang bisa dimaksimalkan hingga 1.250 liter dengan cara melipat kursi baris kedua. Terdapat layar display dengan ukuran 8,8 inci pada Cooper S Clubman dan 6,5 inci pada Cooper Clubman. Selain itu, pengaturan jok elektrik hanya dapat ditemukan pada Cooper S Clubman. Namun kedua varian anyar Clubman ini sudah dibekali rem parkir elektronik.

Kapasitas bagasi Cooper Clubman tergolong luas (Foto: Netcarshow)

Mesin dengan TwinPower Turbo

Mini Cooper Clubman ditawarkan dengan mesin 3-silinder berkapasitas 1.499 cc dengan Mini TwinPower Turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 136 hp dan torsi maksimum 220 Nm. Besaran tenaga itu disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Kedua varian Clubman terbaru dilengkapi dengan MINI TwinPower Turbo (Foto: Netcarshow)
Kedua varian Clubman terbaru dilengkapi dengan MINI TwinPower Turbo (Foto: Netcarshow)

Sedangkan untuk Mini Cooper S Clubman, mesin yang digunakan adalah mesin 4-silinder Mini TwinPower Turbo berkapasitas 1.998 cc bertenaga 192 hp dan torsi atas 280 nm. Transmisi yang digunakan memiliki 8 tingkat percepatan sport automatic.

Harga

MINI Clubman di Inggris sebenarnya mempunyai 4 varian, yakni MINI Cooper Clubman, MINI Cooper D Clubman, MINI Cooper S Clubman dan MINI Cooper SD Clubman. Untuk pasar Indonesia, Cooper Clubman dan Cooper S Clubman saja lah yang masuk. Untuk harganya, New Mini Cooper S Clubman dihargai sebesar Rp 869 juta off the road dan New Mini Cooper Clubman Rp 669 juta off the road.

Jika Anda penggemar MINI dan menginginkan nilai lebih dari kelapangan kabinnya, rasanya MINI Clubman terbaru ini layak menjadi pertimbangan. Lalu bagaimana menurut Anda? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY