Terbiasa Lakukan 10 Kesalahan Saat Mencuci Mobil, Inilah Akibatnya!

Terbiasa Lakukan 10 Kesalahan Saat Mencuci Mobil, Inilah Akibatnya!

2053
0
BERBAGI
Mencuci mobil nampaknya sepele, namun perlu memahami beberapa hal penting (Foto: Wax2themax)

Pemakaian mobil yang jauh atau mobil yang lama tidak terpakai membuat permukaan mobil menjadi penuh debu dan kotoran. Hanya dengan mencuci saja, body mobil bisa dibersihkan dan kembali bersih berkilau. Mencuci kendaraan tentunya bukan masalah apalagi bagi yang terbiasa mencuci mobil di tempat pencucian. Akan tetapi bila mencuci mobil sendiri tentunya anda harus tahu cara yang benar. Bagi anda, mencuci mobil sendiri bisa jadi merupakan kegiatan yang menyenangkan di akhir pekan tapi ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan saat mencuci mobil tersebut.

Alih-alih membersihkan mobil, cara yang salah ketika anda mencuci mobil anda sendiri bisa berakibat buruk terhadap kendaraan anda. Terkadang kebiasaan-kebiasaan kecil saat membersihkan mobil tidak anda sadari karena akibatnya belum terlihat fatal. Kesalahan memakai bahan kimia untuk mencuci bahkan cara dan tahapan mencuci yang salah bisa mengakibatkan masalah pada mobil anda. Beberapa masalah semisal badan mobil tergores, ada bercak noda sisa sabun pada body maupun kusamnya cat mobil adalah hal yang sering terjadi bila anda melakukan kesalahan kecil ketika mencuci mobil.

10 Kesalahan dalam Mencuci Mobil

Sebelum anda melanjutkan aktifitas mencuci mobil, pelajari dulu cara mencuci mobil yang baik dan benar. Selain itu anda juga harus tahu kesalahan-kesalahan seperti apa yang seharusnya tidak anda lakukan ketika mencuci mobil. Berikut kami uraikan sepuluh kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci mobil:

Mencuci Mobil
Mencuci Mobil (Foto: Kabar Oto)

1. Mencuci di Waktu Panas Siang Hari

Memilih waktu untuk mencuci mobil merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Jangan mencuci mobil di saat keadaan panas atau siang hari yang terik untuk menghindari panas sinar matahari yang membuat sabun dan air menjadi cepat kering dan akhirnya meninggalkan bercak noda pada body kendaraan. Air di badan mobil juga bisa membuat cat cepat memudar karena butiran air yang menempel akan menjadi pusat sinar matahari dalam mentransfer energi panasnya.

Mencuci Di Siang Hari
Mencuci di Siang Hari (Foto: Pressure Washer Power)

2. Memakai Sembarang Sabun Cuci

Bagi sebagian orang, mencuci mobil bisa dengan sabun cuci piring atau malah sabun colek demi penghematan. Sabun colek dan sabun cuci piring ini memang lebuh murah akan tetapi tidak tepat untuk digunakan pada body mobil karena mengandung ph dalam kadar yang cukup besar dan terlalu kasar untuk cat mobil. Kedua jenis sabun tadi bisa menimbulkan baret atau guratan yang memudarkan warna cat pada badan mobil. Sabun khusus untuk mobil saat ini sudah banyak terdapat dalam berbagai macam pilihan dan harga, akan lebih baik jika memiliki kandungan wax agar cat mobil lebih bersinar dan terlindungi.

Contoh Shampoo Mobil Dengan Wax
Contoh Shampoo Mobil Dengan Wax (Foto: Bulls One)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY