Debut 31 Maret 2016, Tesla Model 3 Dibandrol Sangat Murah

Debut 31 Maret 2016, Tesla Model 3 Dibandrol Sangat Murah

2102
0
BERBAGI

Tesla akhirnya sukses memberikan bukti bahwa mobil listrik bisa mempunyai performa yang prima kepada industri otomotif di dunia. Pabrikan otomotif yang selama ini terkenal sebagai produsen mobil dengan tenaga baterai ini juga bisa menyuguhkan mobil listrik dengan desain yang tidak kalah elegan dibandingkan dengan kolega-koleganya yang memakai bahan bakar minyak. Hanya saja salah satu kekurangan mobil listrik besutan Tesla adalah harga produk yang jauh lebih mahal dibanding harga mobil dengan bahan bakar minyak. Tengok saja mobil keluaran Tesla semisal Model X SUV dan Model S yang dibandrol seharga USD 90.000 atau setara hampir Rp 1,2 miliar itu.

Untunglah Tesla memahami masalah tersebut dan muncullah produk baru Tesla Model 3 yang akan menjawab salah satu kelemahan mobil listrik tersebut. Digadang-gadang sebagai mobil listrik versi murah, pabrikan Amerika Serikat (AS) ini merilis foto teaser yang menampilkan siluet Tesla Model 3 yang disandingkan dengan Model X SUV dan Model S. Dari gambar yang tampak dari siluet hitam tersebut menampakkan bahwa desain Model 3 masih berdasar pada arah desain Model S yang elegan serta penuh dengan lekukan yang lembut sementara atapnya lebih rendah dari Model S.

Misteri Spesifikasi Tesla Model 3

Dilihat dari sisi ukuran bodi mobil, Model S terlihat lebih kecil 20% dibandingkan Model S sementara mobil ini malah tampak sekilas mirip dengan Audi A4. Dari siluet tersebut nampaknya Model 3 akan ditujukan ke arah sedan sport kecil dengan karakter pengendaraan yang lincah. Spesifikasi dapur pacu mobil listrik yang akan diposisikan sebagai entry level di bawah Model S ini masih menjadi rahasia sebelum hari H peluncurannya.

Foto Teaser Tesla Model 3
Foto Teaser Tesla Model 3 (Foto: Hollywood Reporter)

Akan tetapi jika ditelisik dari tingkatannya tersebut maka Model 3 dipastikan akan menggendong mesin yang lebih kecil dari Model S dan Model X. Tesla akan memperkenalkan baterai yang lebih kecil dari yang ada sekarang di Model S (60 dan 70 kWh) untuk Model 3. Produk keempat Tesla Motors yang dalam sekali pengisian baterai bisa menjelajah jarak tempuh sejauh 320 kilometer ini memiliki akselerasi yang baik dan diprediksi dapat melesat dari kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik.

Baterai Tesla Model S
Baterai Tesla Model S (Foto: Green Car Reports)

Muncul Akhir Maret 2016 dengan Harga ‘Murah’

Tesla Model 3 akan resmi debut pada 31 Maret 2016 nanti sementara baru tahun 2017 akan resmi dijual di pasaran. Mobil listrik yang akan menjadi pesaing utama dari Jaguar XE, BMW 3 Series, Mercedes C-Class dan Audi A4 dalam pasar mobil listrik ini dibandrol seharga USD 35.000 atau setara Rp 490 juta, harga yang murah untuk sebuah mobil listrik. Calon pembeli yang ingin membeli Tesla 3 bisa inden pada waktu debut dengan down payment sebesar USD 1000 atau sekitar Rp 13 juta. Bagi anda yang tertarik untuk memesan Tesla 3, mulai 1 April 2016 para calon konsumen sudah bisa melakukan pemesanan online melalui situs resmi Tesla di www.teslamotors.com

Deretan Mobil Listrik
Deretan Mobil Listrik (Foto: Telegraph)

Menurut anda, apakah Model 3 ini bisa bersaing dengan mobil alternatif non-bahan bakar minyak yang lain?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY