Honda India Tepis Rumor Berhentinya Produksi Mobilio Demi BR-V

Honda India Tepis Rumor Berhentinya Produksi Mobilio Demi BR-V

1348
0
BERBAGI
(Foto: Ototaiment)

Rumor yang berhembus mengenai penghentian produksi Honda Mobilio di India karena penjualannya yang menurun, akhirnya dibantah oleh pihak Honda India. Dilihat dari data penjualan yang dilansir oleh Honda India memang penjualan Mobilio sejak Agustus 2015 sampai Januari 2016 tercatat hanya 3.338 unit atau hanya memiliki pangsa pasar sekitar 2,9 persen di segmen MPV. Akan tetapi, tampaknya penghentian produksi Mobilio masih belum akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Melihat hasil data penjualan, sebenarnya pilihan untuk menghentikan produksi Mobilio bukanlah sebuah pilihan yang jelek karena Honda sudah mempunyai BR-V yang bisa menggantikannya. Dibandingkan dengan Mobilio, Honda BR-V memang mempunyai posisi kelas yang lebih tinggi serta dinilai memiliki karakter yang lebih kuat walaupun keduanya sama-sama mampu menampung tujuh penumpang. Harga kedua mobil tersebut juga tidak jauh berbeda dimana Mobilio tipe RS dibandrol Rp 224 juta – Rp. 234,5 juta sementara BR-V antara Rp. 226,5 juta sampai 261,5 jutaan.

Perbedaan Honda Mobilio Dengan BR-V

Honda BR-V memang memiliki kelas yang berbeda dengan Mobilio, dimana BR-V berada di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) sementara Mobilio berada di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Namun banyak calon konsumen yang menganggap BR-V hanyalah Mobilio yang ditinggikan. Sebenarnya tidak salah juga, karena kedua mobil ini mempunyai platform yang sama.

SUV Dengan Tujuh Kursi Penumpang
SUV Dengan Tujuh Kursi Penumpang (Foto: Mobilku)

Menurut survei juga diketahui bahwa kebanyakan pembeli Mobilio adalah pembeli yang baru pertama kali membeli mobil dengan kapasitas penumpang tujuh orang. Sementara pembeli BR-V merupakan konsumen yang ingin naik kelas dari LMPV akan tetapi masih ingin mengendarai mobil dengan tujuh penumpang. Selain perbedaan-perbedaan tersebut dan juga desain eksteriornya, Honda Mobilio dan BR-V memiliki beberapa perbedaan lain yang cukup signifikan, antara lain:

1. Dimensi

Dilihat dari dimensi, BR-V lebih lebar, lebih panjang serta lebih tinggi bila dibandingan dengan Mobilio. BR-V memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Sementara Mobilio memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm dan tinggi 1.603 mm.

Perbandingan Dimensi Honda Mobilio Dan BR-V
Perbandingan Dimensi Honda Mobilio Dan BR-V (Foto: Mobilmo)

2. Ground Clearance

Dari segi ground clearance, Honda BR-V tingginya diatas 200 mm sedangkan Mobilio hanya 185 mm. Ini wajar, mengingat Honda BR-V dibuat dengan tujuan menjadi mobil LSUV, maka ground clearance yang lebih tinggi akan memantapkan posisinya sebagai mobil berkarakter LSUV.

Ground Clearance Honda BR-V dan Mobilio
Ground Clearance Honda BR-V dan Mobilio memiliki ketinggian berbeda (Foto: Honda Semarang)

3. Mesin dan Transmisi

Dapur pacu Mobilio dan BR-V sama-sama mengandalkan mesin 1.5 L SOHC 4-silinder segaris, 16 katup i-VTEC, namun besaran tenaganya sedikit berbeda. Jika Mobilio bertenaga 118 ps dan torsi 145 Nm, maka BR-V bertenaga 120 ps dan torsi 145 Nm. Untuk transmisinya, BR-V memiliki pilihan transmisi manual 6-percepatan dan CVT dengan teknologi Earth Dreams, sementara Mobilio memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT.

Mesin Honda BR-V (Foto: Ototaiment)

4. Fitur Tambahan

Honda BRV memiliki fitur Hill Start Assist dan VSA (Vehicle Stability Assist) yang kesemuanya belum Anda jumpai di Mobilio. Sayangnya fitur tersebut di Honda BR-V hanya terdapat pada varian tertingginya saja.

Tombol Vehicle Stability Assist (VSA) (Foto: Jeffatfreedom)

5. Ban dan Velg

Honda BR-V memiliki ban dengan ukuran 195/60 R 16, lebih besar dan lebar dari Mobilio yang memakai ban berukuran 185/65 R 15. Ini karena BR-V membutuhkan ban dan velg yang lebih besar untuk menaklukkan jalanan yang lebih berat.

Ban Mobil Honda Mobilio
Ban Mobil Honda Mobilio (Foto: Raju Febrian)

Nah, setelah mengetahui perbedaan kedua mobil tersebut, manakah yang lebih cocok untuk anda? Lalu, apakah nantinya Mobilio akan disuntik mati karena digeser BR-V? Sampaikan pendapat anda pada kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY