Stop! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Anda Mengemudi!

1357
0
BERBAGI

Mengemudi adalah aktivitas yang membutuhkan konsentrasi dan koordinasi yang baik. Oleh sebab itu, mengemudi tidak boleh dianggap sebagai aktivitas sepele meskipun anda adalah seseorang yang mahir mengemudi. Seringkali perilaku berkendara yang tidak mengindahkan keselamatan menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Berikut ini kami rangkum 5 hal yang tidak boleh anda lakukan saat mengemudi.

1. Menggunakan Telepon Genggam

Menggunakan telepon genggam untuk bertelepon, mengirim pesan maupun membaca notifikasi social media saat sedang mengemudi  adalah salah satu hal yang harus anda hindari. Adanya fitur hands-free yang tersedia pada beberapa model mobil maupun melalui perangkat telepon genggam tidak menjadikan aktivitas ini lebih aman. Hal ini dapat mengubah fokus anda dan otak akan lebih lambat dalam merespon keadaan di sekitar yang tentunya membuat tingkat kewaspadaan dan kesigapan mengemudi anda jadi menurun yang berpotensi membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain.

2. Mengantuk

Mengemudi, terutama dalam waktu yang cukup lama, dapat mengakibatkan badan menjadi lelah dan menimbulkan kantuk. Jika rasa kantuk mulai menyerang, maka sebaiknya segera menepi dan beristirahat sejenak, sebab sebagian besar kecelakaan yang terjadi di jalan raya ternyata diakibatkan oleh human error yang diawali dari mengantuk. Hindari juga mengkonsumsi obat-obatan yang mempunyai efek mengantuk sebelum mengemudi.

3. Mengatur Fitur Navigasi

Saat anda tidak mengetahui arah jalan, anda bisa menggunakan teknologi navigasi yang sudah banyak tersedia, baik yang sudah terpasang pada mobil maupun melalui perangkat tersendiri seperti handphone. Namun pastikan anda mengaturnya sebelum mulai berjalan, karena mengatur arah navigasi sambil mengemudi adalah tindakan yang berbahaya dan bisa menghilangkan konsentrasi anda karena terlalu fokus pada pengaturan alat navigasi.

4. Melakukan Selfie

Fitur-fitur pada telepon genggam yang semakin canggih, termasuk adanya kamera dengan resolusi tinggi membuat aktivitas selfie menjadi bagian dari gaya hidup, tidak terkecuali selfie di dalam mobil yang amat digemari banyak orang. Tidak jarang, melakukan selfie pun dilakukan sambil mengemudi. Hal ini tentunya berbahaya karena sering membuat pengemudi lebih fokus pada kamera handphone-nya daripada melihat jalan.

5. Makan, Minum dan Merokok

Aktivitas mengemudi sambil mengkonsumsi makanan juga bisa menimbulkan efek berbahaya bagi keselamatan. Hal ini dikarenakan konsentrasi akan berkurang saat anda membuka bungkus makanan atau tutup botol minuman. Terlebih jika anda Mengkonsumsi makanan berminyak, karena dapat membuat kemudi menjadi licin dan tidak bisa dicengkeram dengan sempurna. Merokok sambil mengemudi juga beresiko kehilangan fokus pandangan dan dapat memicu terjadinya kebakaran karena bara api rokok yang terpercik bisa mengenai material mobil yang mudah terbakar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY