Tak Hanya Rio Haryanto, 5 Orang Ini Juga Mengharumkan Nama Indonesia di...

Tak Hanya Rio Haryanto, 5 Orang Ini Juga Mengharumkan Nama Indonesia di Dunia Otomotif

895
0
BERBAGI

Kiprah laga Rio Haryanto di ajang Formula One (F1) yang tengah ramai diperbincangkan membuat nama Indonesia mulai mendapat perhatian di kancah otomotif internasional. Keikutsertaan Rio Haryanto pada ajang F1 membuat masyarakat kian optimis bahwa Indonesia mempunyai segudang talenta muda yang berpotensi besar untuk diadu pada ajang bergengsi apapun di dunia internasional.

Namun, tahukah Anda bahwa selain Rio Haryanto, ada juga beberapa nama lokal lain yang mempunyai andil besar dalam dunia otomotif? Berikut ini kami ulas empat orang Indonesia yang mempunyai sumbangsih di dunia otomotif nasional maupun internasional.

1. Sandy Hartono (Perancang Desain Interior Genesis New York Concept)

Sub-brand mobil mewah Hyundai, yakni Genesis, baru saja meluncurkan Genesis New York Concept di gelaran New York Auto Show 2016 yang berlangsung mulai dari 25 Maret – 3 April 2016. Sebagai mobil mewah yang menganut paham desain Athletic Elegance, Genesis New York Concept menawarkan kemewahan yang elegan serta desain yang sporty.

Sandy Hartono saat memberikan penjelasan dalam video pembuatan Genesis New York Concept (Foto: Motor 1)

Salah satu desainer yang turut membidani kelahiran mobil ini adalah Sandy Hartono yang menjabat sebagai manajer interior desain untuk Hyundai Motor Europe Technical Center GmbH. Sandy bertanggungjawab untuk merancang desain interior dari Genesis New York Concept dengan beberapa koleganya seperti Tayo Osobu dan Michel Glennison.

2. Chris Lesmana (Desainer Volkswagen Up!)

Volkswagen Up! yang terpilih menjadi World Car of the Year pada tahun 2012 silam merupakan hasil rancangan desainer Volkswagen (VW) asal Bandung, Chris Lesmana, bersama Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Hebatnya lagi, saat terpilih sebagai mobil terbaik, VW Up! sukses melibas lawan-lawan berat seperti BMW Seri 3 dan Porsche 911!

Chris Lesmana sang perancang VW Up! dan VW New Beetle (Foto: Sooperboy)
Chris Lesmana sang perancang VW Up! dan VW New Beetle (Foto: Sooperboy)

Selain merancang VW Up!, Chris Lesmana juga dikenal sebagai perancang VW New Beetle. Sketsa rancangan Chris dipilih langsung oleh Martin Winterkom yang kala itu menjabat sebagai CEO VW Group. Pihak VW menggunakan rancangan tersebut hampir tanpa perubahan apapun. Menurut VW, desain buatan Chris Lesmana sudah sangat bagus sehingga tidak memerlukan ubahan yang signifikan.

3. Mark Widjaja (Desainer Duo LCGC: Toyota Agya dan Daihatsu Ayla)

Sosok dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) kembar, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang telah meluncur sejak tahun 2013 lalu adalah buah karya Mark Widjaja, pria asal Surabaya jebolan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang kini menjadi Senior Styling Designer R&D Astra Daihatsu Motor.

Mark Widjaja (kedua dari kiri) saat mempresentasikan konsep Daihatsu Ayla (Foto: Beritasatu)
Mark Widjaja (kedua dari kiri) saat mempresentasikan konsep Daihatsu Ayla (Foto: Beritasatu)

Desain karya Mark Widjaja tersebut dipilih oleh prinsipal Daihatsu di Jepang dan berhasil menyingkirkan beberapa desain karya desainer internasional dari Italia, Prancis dan Jepang. Mark Widjaja bukanlah nama baru di dunia desain mobil, karena dirinya juga telah menggarap beberapa desain mobil seperti Toyota Avanza Veloz, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia Crossover Concept Study dan Toyota Rush.

4. Stephanus Widjanarko (Perancang Aerodinamika Mobil Formula One)

Jika Rio Haryanto berlaga di ajang Formula One sebagai pembalap, maka ada satu lagi Putra Indonesia yang juga terjun ke dunia balap jet darat tersebut, namun sebagai desainer. Adalah Stephanus Widjanarko, pria yang telah lebih dahulu berkecimpung di ajang Formula One sebelum Rio Haryanto dan menjabat sebagai desainer di tim Scuderia Torro Roso.

Data diri Stephanus Widjanarko dalam akun LinkedIn miliknya (Foto: LinkedIn)
Data diri Stephanus Widjanarko dalam akun LinkedIn miliknya (Foto: LinkedIn)

Stephanus Widjanarko adalah lulusan Institut Teknologi Bandung dan mendapat mandat untuk merancang sisi aerodinamika mobil Formula One tim Scuderia Torro Roso yang meliputi front wing, nose, forward barge board, suspension layout dan tyre shield.

5. Didit Hediprasetyo (Perancang Desain Interior BMW Individual 7-Series)

Ternyata, tak hanya desainer khusus mobil saja yang bisa memberikan kontribusi untuk merancang desain suatu eksterior maupun interior mobil, karena Didit Hediprasetyo yang lebih dikenal sebagai perancang busana juga pernah mendapat kehormatan untuk merancang desain interior BMW individual 7-Series.

Interior kabin BMW Individual 7-Series rancangan Didit Hediprasetyo (Foto: indonesiaproud)
Interior kabin BMW Individual 7-Series rancangan Didit Hediprasetyo (Foto: indonesiaproud)

Selain menjadi perancang busana, Didit juga dikenal sebagai anak tunggal Prabowo Subianto. Namun bukan karena itulah Didit bisa mendapat kesempatan merancang interior BMW Individual. BMW menganggap busana rancangan Didit cukup tenar di Asia, sehingga membuat BMW berani mempercayakan desain interior Individual 7-Series kepadanya. Mobil eksklusif tersebut hanya dibuat sebanyak 5 unit saja pada tahun 2012 silam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY