Honda Gandeng Hitachi Kembangkan Alat Deteksi Alkohol Portable

Honda Gandeng Hitachi Kembangkan Alat Deteksi Alkohol Portable

1259
0
BERBAGI
Detektor alkohol portable buatan Honda-Hitachi (Foto: Carscoops)

Kita sudah sering menjumpai berita dimana pengemudi mobil yang menyetir dalam keadaan mabuk menjadi penyebab utama beberapa kasus kecelakaan di jalan raya. Selama ini hal tersebut sudah coba diantisipasi dengan alat pendeteksi alkohol yang dipakai di beberapa negara, semisal di Jepang yang dilakukan dengan memakai alcohol detector yang dioperasikan oleh operator transportasi. Di Amerika sendiri, Badan Keselamatan Berlalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) bahkan memiliki teknologi interlock yang bisa menghubungkan antara detektor alkohol dengan mesin kendaraan. Sayangnya alat-alat tersebut masih terbatas penggunaannya dan harus menunggu hasilnya setelah melakukan serentetan tes.

Untunglah Honda Motor Co. Ltd menyadari hal tersebut dan kemudian mulai mengembangkan sebuah prototipe pendeteksi alkohol yang lebih mudah dan portable. Bekerjasama dengan sebuah produsen alat elektronik, Hitachi, Honda mengembangkan teknologi yang bisa melihat tingkat alkohol yang dikonsumsi oleh pengemudi hanya dari uap udara hembusan nafasnya saja. Alat pendeteksi alkohol ini sudah dibuat menjadi portable dan bisa di fungsikan di luar kendaraan dalam segala cuaca dan kondisi sehingga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Cara Kerja Alat Deteksi Alkohol Honda

Alat portable alcohol breathalyzer ini diklaim memiliki tingkat sensitifitas yang cukup tinggi dan memungkinkan pengemudi untuk tidak perlu melakukan serangkaian tes seperti yang selama ini harus dilakukan. Hanya dalam waktu kurang lebih tiga detik setelah menghembuskan uap nafas ke alat pendeteksi ini, hasilnya langsung bisa dilihat, apakah pengemudi dalam keadaan mabuk atau sadar.

Detektor Alkohol Dari Honda
Detektor Alkohol Dari Honda (Foto: Money)

Hasil tes deteksi dari alat tersebut kemudian direkam dan masuk ke dalam data pada sistem di mesin mobil. Alat ini juga dihubungkan dengan sistem pengapian mobil sehingga bila si pengemudi terdeteksi dalam keadaan mengkonsumsi alkohol diatas batas ketentuan tertentu, maka indikator pada layar panel mobil akan menyala sehingga mobil tidak bisa dikemudikan.

Salah satu pegwai Honda saat mendemonstrasikan prototipe detektor alkohol portable (Foto: techon)

Pihak Honda rencananya akan merilis alat pendeteksi alkohol ini di acara SAE 2016 World Congress dan Exhibit, Detroit, Michigan, Amerika Serikat pada 12-14 April 2016 nanti. Tentunya alat ini akan sangat berguna mencegah pengemudi mabuk yang bisa membahayakan keselamatan orang lain di jalanan.

Mengemudi Sambil Minum Alkohol
Mengemudi Sambil Minum Alkohol (Foto: Money)

Keberadaan alat pendeteksi ini tentunya menjadi langkah baik bagi dunia transportasi. Namun, bukankah lebih baik lagi jika para pengemudi menyadari resiko bahaya mengemudi sambil mabuk? Bagaimana menurut Anda? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY