Awas, Fitur Keyless Entry Ternyata Gampang Diretas!

Awas, Fitur Keyless Entry Ternyata Gampang Diretas!

1424
0
BERBAGI

Layaknya sebuah perkembangan teknologi, fitur-fitur berteknologi tinggi yang sebelumnya hanya menjadi sebuah privilege bagi mobil kelas mewah kini bergeser menjadi fitur umum di berbagai varian kendaraan. Salah satu contoh fitur mewah yang kini mulai menjadi umum dan jamak ditemui adalah sistem keyless entry atau tanpa kunci.

Dengan sistem ini, pengemudi tinggal mengantongi kunci di kantong atau di mana saja selama masih berada pada jangkauan, maka pintu bisa langsung dibuka saat sensor mengidentifikasi bahwa kunci sudah berada di dekat kendaraan. Sistem ini pertama kali ditanamkan ke dalam mobil pada era 1980-an dimana saat itu di pegangan pintu mobil terdapat semacam panel yang memuat kode untuk membuka pintu. Sistem ini awalnya digunakan oleh produk buatan General Motors (semisal Oldsmobile Cutlass Supreme dan Buick Regal) dan mengalami banyak perkembangan dikemudian hari.

Peneliti Berhasil Meretas Fitur Keyless Entry

Fitur Keyless Entry System biasanya terdiri atas Remote Keyless Entry (RKE) yang fungsinya mengunci dan membuka pintu mobil dari jarak jauh, serta Remote Keyless Ignition (RKI) yang mampu menghidupkan mesin dari jarak jauh. Meski memudahkan, sayangnya teknologi ini mudah sekali diretas. Dalam sistematik fitur ini, terdapat sebuah kunci yang memancarkan gelombang radio yang kemudian bisa dideteksi oleh sistem di dalam mobil, dimana kemudian mobil tersebut secara otomatis akan membuka pintunya sendiri. Inilah cikal bakal masalah yang membuat sebuah mobil berfitur keyless entry rentan untuk diretas.

Fitur Keyless Entry
Fitur start/stop button (keyless ignition) (Foto: 123rf)

Allgemeiner Deutscher Automobil-Club (ADAC) adalah sebuah komunitas pengguna mobil di Jerman yang berhasil membuat penelitian terkait hal ini. ADAC menemukan bahwa sebuah alat sederhana dapat dibuat untuk bisa mendeteksi sinyal radio yang keluar dari sistem keyless entry pada sebuah kendaraan. Cara kerja alat tersebut membuat jangkauan sinyal radionya bisa diperluas hingga beberapa puluh meter. Hal inilah yang membuat mobil dengan fitur keyless entry menjadi rentan terhadap pencurian karena mesin bisa dinyalakan meskipun kunci tidak berada dalam jangkauan semestinya.

Penelitian ADAC
Penelitian ADAC (Foto: Tech Times)

Penelitian yang dilakukan oleh ADAC ini cara kerjanya sangat mudah sekali karena mereka hanya memerlukan dua buah antena, satu untuk remote sementara satu lagi diletakkan didekat mobil untuk memperluas sinyal yang mampu membuka pintu mobil. Kedua antena tersebut bisa menipu transmiter sinyal pada mobil untuk memerintahkan supaya membuka pintu serta menghidupkan mesin. Tidak tanggung-tanggung, penelitian tersebut berhasil dilakukan pada sepuluh model berbeda dari delapan merek mobil!

Cara Kerja Penelitian ADAC
Cara Kerja Penelitian ADAC (Foto: Wired)

Produk Peretas Keyless Entry yang Dijual Bebas dan Tips Mengatasinya

Apa yang dilakukan oleh ADAC sebenarnya bukan sebuah hal yang baru karena di China pun sudah ada sebuah produk yang bisa digunakan untuk meretas sistem keyless entry. Produk China yang dijual seharga 700 Dollar AS (setara Rp 9,3 juta) ini bahkan sudah bisa diorder secara online untuk umum. Produk lain bernama RollJam malah dipromosikan secara bebas sebagai alat yang mampu membuka hampir semua jenis keyless entry dengan harga hanya 32 Dollar Amerika (setara Rp 400.000). Inilah yang membuat produsen serta pemilik mobil berfitur keyless entry semakin was-was.

RollJam
RollJam (Foto: Tech Insider)

Peneliti ADAC menyarankan kepada pengguna mobil untuk menangkal peretasan fitur keyless entry dengan tetap menggunakan sistem lock/unlock pada saat membuka dan menutup kendaraan mereka disamping membuat perlindungan ekstra terhadap remote mobilnya. Bagi perusahaan pembuat mobil, peneliti ADAC juga menyarankan supaya mereka memberikan sebuah tombol fungsi baru pada remote yang bisa mematikan serta mengaktifkan remote kendaraan.

Fitur Lock Dan Unlock
Fitur Lock Dan Unlock (Foto: The Truth About Cars)

Bagi anda yang memiliki fitur keyless entry di mobilnya tentunya akan segera mengambil langkah preventif demi mencegah peretasan tersebut. Nah, tiada salahnya untuk berbagi di kolom komentar tentang langkah preventif apa yang akan anda lakukan mengenai hal tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY