Kalahkan Lawan-Lawannya, Mazda MX-5 Raih Dua Penghargaan di Ajang 2016 World Car...

Kalahkan Lawan-Lawannya, Mazda MX-5 Raih Dua Penghargaan di Ajang 2016 World Car of the Year

788
0
BERBAGI
Program Manager Mazda MX-5, Nobuhiro Yamamoto dan Mazda North America President Masahiro Moro mengangkat trophy World Car of the Year (Foto: WCOTY)

Mazda nampaknya tengah berjaya dengan roadster MX-5 besutannya. Setelah sebelumnya sukses menyabet gelar mobil terbaik di Jepang pada tahun lalu, kali ini Mazda MX-5 kembali meraih penghargaan sejenis pada tingkat yang lebih prestisius: World Car of the Year.

Mazda MX-5 dinobatkan sebagai mobil terbaik setelah mengalahkan sejumlah nominator lain yang tak kalah hebat seperti Audi A4 dan Mercedes-Benz GLC. Seolah belum cukup, roadster andalan Mazda ini bahkan tega melibas saudaranya sendiri, yakni Mazda CX-3, dalam perebutan gelar World Car Design of the Year. Luar biasa!

Mazda MX-5 dan Konsep Jinba Ittai

Pengumuman kemenangan ganda Mazda MX-5 ini dilakukan dalam gelaran New York International Auto Show 2016 yang berlangsung sejak 25 Maret hingga 3 April mendatang. Para juri World Car Award telah mengamati bahwa peluncuran All New Mazda MX-5 telah membawa MX-5 kembali ke basic-nya, yakni seperti MX-5 saat perdana diperkenalkan pada tahun 1989.

Mazda sukses mendapat dua gelar sekaligus (Foto: WCOTY)
Mazda sukses mendapat dua gelar sekaligus (Foto: WCOTY)

Dengan body yang lebih pendek, lebih rendah, lebih lebar, sekaligus lebih ringan, Mazda MX-5 mempertahankan konsep “Jinba Ittai” yang dapat diartikan sebagai kesatuan utuh antara pengendara dan mobilnya.

73 Juri Berpengalaman dari 23 Negara

Untuk terpilih sebagai kandidat World Car of the Year 2016, mobil yang masuk kriteria harus memenuhi syarat utama sebagai mobil produksi yang sudah beredar di pasaran, setidaknya di dua benua, selama periode 1 Januari 2015 hingga 31 Mei 2016.

Anggota steering committee World Car of the Year (Foto: WCOTY)
Anggota steering committee World Car of the Year (Foto: WCOTY)

Pada tahun ini, juri yang memilih kandidat mobil terbaik di dunia mencapai 73 orang yang berprofesi sebagai jurnalis di bidang otomotif dan berasal dari 23 negara. Setiap juri ditunjuk oleh World Car Steering Committee berdasarkan keahliannya, pengalaman, kredibilitas dan pengaruhnya di dunia otomotif. Para juri tersebut biasanya orang-orang yang telah terbiasa menguji coba masing-masing kendaraan dan mengevaluasinya sebagai bagian dari pekerjaannya.

Kategori Lain dan Pemenangnya

Selain kategori World Car of the Year, ada juga beberapa kategori yang turut diberikan di World Car of the Year 2016. Untuk mobil-mobil mewah, ada World Luxury Car 2016 yang dimenangkan oleh BMW 7-Series. Mobil ini sukses menyingkirkan lawan lain seperti Volvo XC90 dan Audi Q7.

BMW 7-Series raih gelar World Luxury Car 2016 (Foto: WCOTY)
BMW 7-Series raih gelar World Luxury Car 2016 (Foto: WCOTY)

Kategori selanjutnya disediakan khusus untuk mobil-mobil performa. Audi R8 Coupe lah yang kebagian gelar sebagai World Performance Car 2016 mengalahkan Honda Civic Type R dan Mercedes-Benz C63 AMG Coupe.

Audi R8 menangkan gelar World Performance Car 2016 (Foto: WCOTY)
Audi R8 menangkan gelar World Performance Car 2016 (Foto: WCOTY)

Seperti yang telah kami bahas di awal artikel, Mazda MX-5 juga memenangkan satu lagi kategori, yakni World Car Design of the Year yang diperolehnya setelah menyingkirkan saudara sepabrik, Mazda CX-3, dan Jaguar XE.

Selain memenangkan World Car of the Year, Mazda M-5 juga menyabet gelar desain terbaik
Selain memenangkan World Car of the Year, Mazda M-5 juga menyabet gelar desain terbaik (Foto: WCOTY)

Terakhir, isu lingkungan yang kian ramai diperbincangkan membuat World Green Car 2016 menjadi salah satu kategori yang dilombakan. Toyota Mirai lah yang menjadi juara di kategori ini sekaligus melibas saudaranya sendiri, Toyota Prius, dan Chevrolet Volt.

Toyota Mirai mengalahkan Toyota Prius dan Chevrolet Volt untuk kategori Green Car of the Year (Foto: WCOTY)
Toyota Mirai mengalahkan Toyota Prius dan Chevrolet Volt untuk kategori Green Car of the Year (Foto: WCOTY)

Apakah mobil-mobil pemenang ini telah sesuai menurut Anda? Sampaikan komentar Anda di kolom yang tersedia jika Anda memiliki pendapat berbeda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY