Incar Pasar Sport Activity Vehicle (SAV), BMW Siap Luncurkan X1 Versi Hybrid

Incar Pasar Sport Activity Vehicle (SAV), BMW Siap Luncurkan X1 Versi Hybrid

1395
0
BERBAGI
BMW X1 Hybrid saat tengah diuji (foto: autoevolution)

Kekalahan BMW X1 dari Mazda MX-5 dalam ajang World Car of the Year 2016 yang diumumkan pada event New York International Auto Show 2016 lalu tidak membuat mereka patah semangat dalam inovasi produk terbarunya. Sebelum tahun 2018, BMW bahkan sudah bertekad untuk meluncurkan enam jenis mobil baru yang beberapa diantaranya adalah generasi penerus model yang sudah ada sebelumnya. Enam jenis mobil baru tersebut diantaranya adalah BMW X3, BMW 1 Series sedan, BMW X2, BMW 5 Series, BMW X7 serta BMW X1 yang akan tersedia dalam versi plug-in hybrid.

Pabrikan mobil asal Jerman ini tampaknya mulai terjangkiti demam Hybrid. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya sebuah model hybrid dari hampir setiap produknya. Tengok saja dari kelas sedan yang diwakili oleh BMW 330e, sementara itu adanya BMW 225xe mewakili versi hybrid dari mobil jenis untuk keluarga. Untuk model Sport Activity Vehicle (SAV), BMW tampaknya ingin mempersiapkan BMW X1 Hybrid sebagai wakilnya. BMW X1 Hybrid sendiri sedang hangat diperbincangkan setelah foto-foto penampakkan sebuah mobil yang mirip model X1 berkelir putih berulangkali muncul di dunia maya.

Mode Berkendara dan Spesifikasi BMW X1 Plug-In Hybrid

Dari foto spyshot tampak adanya tulisan Hybrid yang dipasang di bagian bumper belakang serta pada pintu baris pertama mobil berstiker kamuflase ini. Dari segi eksterior tidak tampak banyaknya perubahan dari saudaranya yang non-hybrid kecuali pada fender roda depan sebelah kiri yang terdapat lubang pengisian sumber arus listrik dan bentuk lampu utama serta bobot yang pastinya lebih berat karena adanya baterai listrik dan motor.

Foto Teaser BMW X1 Hybrid
Foto spyshot BMW X1 Hybrid (Foto: Auto Express)

BMW X1 Hybrid mengadopsi mode berkendara varian hybrid BMW lainnya dimana terdapat tiga jenis mode eDrive yang bisa dipilih oleh pengemudi pada layar BMW ConnectedDrive. Tiga mode eDrive pada mobil hybrid ini yaitu: MAX eDRIVE yang bisa memaksimalkan mode listrik sehingga performa mobil mengalami penyesuaian, mode AUTO eDRIVE yang bisa membuat sistem pembagian tenaga bisa terjadi secara otomatis, sementara mode Save Battery, sesuai dengan namanya, membuat mobil beroperasi hanya menggunakan mesin bensin saja.

Tombol eDrive Pada BMW Model Hybrid
Tombol eDrive Pada BMW Model Hybrid (Foto: Auto Mobile Mag)

Tidak ada perubahan berarti pada mesin bensin konvensional X1 Hybrid karena masih menggunakan mesin yang sama dengan versi non hybrid-nya, yakni mesin bensin berkapasitas 1,5 liter 3-silinder turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 134 hp dengan torsi 220 nm. Mesin ini sanggup membuat mobil berakselerasi dari 1-100 km/jam hanya dalam waktu 6,7 detik, sementara kecepatan tertingginya sampai 202 km/jam dengan rata-rata konsumsi bahan bakarnya mencapai 3,4 – 3,3 liter/km.

Mesin BMW X1 2016
Mesin BMW X1 2016 (Foto: Auto Mobile Mag)

Sementara pada motor listriknya menggunakan motor seperti model BMW 225xe hybrid dengan baterai lithium ion berukuran 7,6 kWh (225xe) dan 9,2 kWh (740e) yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 87 hp dengan torsi 136 nm. Mesin ini membuat mobil bisa digeber sampai kecepatan tertinggi 125 km/jam serta mampu melaju sejauh 40 km. Apabila kedua mode dalam X1 Hybrid ini digabung menjadi satu, maka mobil ini bisa menghasilkan tenaga secara total sampai 221 hp dengan torsi hingga 307 nm.

Mesin dan Rangka BMW 225xe Hybrid
Motor listrik milik BMW 225xe Hybrid juga digunakan untu X1 Hybrid (Foto: Car Bay)

Dilema Pajak Ganda di Indonesia

Dikabarkan bahwa versi produksi massal dari BMW X1 hybrid ini akan dinamai BMW X1 xDrive30e. Untuk pasar Indonesia, masih belum ada tanda-tanda mobil termahal di kelasnya ini akan masuk atau tidak. Akan tetapi, dapat dipastikan jika mobil ini diluncurkan ke pasar lokal, maka embel-embel entry-level SAV tidak akan disematkan kepadanya. Hal tersebut karena adanya kebijakan di Indonesia yang menghitung pajak mobil mewah berdasarkan jumlah mesin sehingga akan membuat harga mobil ini menjadi lebih mahal lagi.

Tampak Belakang BMW X1 Hybrid

Nah, apakah menurut anda BMW X1 hybrid ini bisa bersaing dengan mobil hybrid lain di kelasnya? Silahkan tulisan komentar anda mengenai versi hibrida dari BMW X1 ini di kolom yang tersedia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY