Siapkah Suzuki Jimny Bersaing Kembali Di Pasar Indonesia?

Siapkah Suzuki Jimny Bersaing Kembali Di Pasar Indonesia?

3709
0
BERBAGI

Sudah beberapa bulan lalu publik otomotif Indonesia terlihat heboh dengan berita kemunculan kembali Suzuki Jimny ke pasar Tanah Air. Isu yang simpang-siur membuat berita menggembirakan bagi para penggemar Jimny ini semakin tenggelam. Untungnya isu tersebut terjawab sudah setelah proses pendaftaran Tanda Pendaftaran Tipe (TPT) Kendaraan Bermotor di Kementerian Perindustrian terkait Suzuki Jimny kini kelar diselesaikan oleh pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Mobil yang di situs TPT tertulis memakai sistem penggerak 4X4 dan transmisi otomatis ini dijadwalkan akan dibawa ke Indonesia secara Completely Built Up (CBU) langsung dari pabriknya di Jepang. Dengan demikian terjawab sudah bahwa mobil dengan kemampuan off-road yang tidak pernah mendapatkan perubahan yang signifikan sejak era 1998 ini tidak akan mengalami proses down grade ketika masuk ke pasar Indonesia nanti. Meskipun penjualannya semakin memburuk, akan tetapi desain mobil ini dianggap lebih mudah untuk dimodifikasi. Sementara itu, kemampuannya untuk berpacu di medan off-road sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal inilah yang membuat kembalinya Jimny menjadi hal yang menggembirakan. Mari kita simak spesifikasi generasi terbaru Jimny berikut ini.

Eksterior dan Interior Suzuki Jimny Generasi Terbaru

Memiliki panjang 3,64 meter, lebar 1,60 meter, tinggi 1,70 meter serta sumbu roda 2,25 meter, Jimny generasi terbaru ini memiliki tampilan yang unik nan klasik. Bagian lampu yang tetap bulat serta bagian belakang yang memanjang ke bawah membuat tampilannya terlihat klasik plus dengan adanya satu ban cadangan di bagian belakang. Bumper besar dengan grill kecil berpalang vertikal menambah kesan off-roader serius apalagi ditambah dengan sasis tangga yang dikombinasikan dengan three link coil over shock di depan dan belakang yang baik. Untuk departemen warna sendiri, Suzuki memberikan warna baru yaitu Khaki Green dan Steel Silver untuk tipe SZ4.

Suzuki Jimny Off-Road
Suzuki Jimny Off-Road (Foto: Otonity)

Fokus pada dimensi yang kompak menjadikan ruang kabin Suzuki Jimny terlihat sempit, akan tetapi fitur teknologi yang dijejalkan kedalamnya sudah termasuk canggih. Fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengetahui tekanan ban yang pas, sudah terpasang. Selain itu, ada fitur Gear Shift Indicator (GSI) yang siap membantu pengendara untuk berhemat bahan bakar. Ruang kabin yang sempit membuat tombol-tombol diposisikan dengan alamiah sehingga mudah dijangkau oleh pengemudi sementara untuk menambah ruang bagasi, jok di bagian belakang bisa dilipat sampai rata.

Interior Suzuki Jimny 2016
Interior Suzuki Jimny 2016 versi Inggris (Foto: Blog About Car)

Spesifikasi Dapur Pacu

Pada Jimny generasi terbaru ini, Suzuki menyematkan fitur Drive Action 4×4 yang bisa mengalihkan antara 2WD dan 4WD hanya dengan menekan sebuah tombol. Peralihan antara 2WD dan 4WD hanya bisa dilakukan ketika kendaraan digeber dalam kecepatan kurang dari 100 km/jam, dan untuk beralih antara 4WD dan 4WD-L sendiri pengemudi wajib menghentikan mobilnya dulu. Penggerak 4WD ini memiliki fitur 4H yang cocok untuk trek off-road dengan permukaan yang datar. Apabila menemukan trek yang memerlukan traksi lebih banyak semisal medan yang curam dan terjal, maka dengan menekan tombol 4WD-L bisa dengan mudah diatasi. Sementara itu untuk mengurangi kebisingan dan getaran pada mobil, 2WD memiliki pengaturan yang bisa melepas driveshaft depan.

Fitur Drive Action Pada Suzuki Jimny
Fitur Drive Action Pada Suzuki Jimny (Foto: Suzuki)

Suzuki Jimny terbaru ini menggendong mesin 1.300 cc VVT berkode M13A RWD atau 4WD dengan pilihan dua transmisi yaitu manual lima percepatan serta otomatis empat percepatan. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga hingga 83 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 110 Nm pada 4.100 rpm sehingga bisa melibas jarak 0-100 km/jam dalam waktu 17 detik.

Harga Suzuki Jimny Untuk Pasaran Indonesia

Mobil yang disebut-sebut bakal meluncur di Indonesia pada kuartal kedua 2016 ini dipasarkan di Inggris dengan harga 12.195 Poundsterling (sekitar Rp 235 juta) untuk tipe SZ3. Sementara tipe SZ4 dibandrol seharga 13.645 Poundsterling (sekitar Rp 263 juta) untuk transmisi manual dan 14.454 Poundsterling (sekitar Rp 279 juta) untuk versi otomatisnya.

Suzuki Jimny Tampak Depan
Suzuki Jimny Tampak Depan (Foto: Oto Mania)

Di Indonesia sendiri, Jimny akan berhadapan langsung dengan Jeep Renegade yang mempunyai dapur pacu lebih besar. Akan tetapi dari segi harga, Jimny akan lebih kompetitif mengingat harga yang dibandrol Jeep asal Amerika ini sampai Rp 599 juta. Nah, menurut anda sendiri manakah yang lebih menarik antara Jimny generasi terbaru ini dibandingkan dengan Renegade?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY