Honda BR-V Raih Skor Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP

Honda BR-V Raih Skor Bintang 5 Uji Tabrak ASEAN NCAP

1771
0
BERBAGI

Standar keamanan sebuah mobil yang beredar di pasaran tidak berhenti pada urusan fitur-fitur internalnya saja semacam airbags, seatbelt, maupun sistem pengereman dengan ABS+EBD+BA. Tingkat keamanan terhadap benturan jika terjadi kecelakaan turut menjadi faktor penting yang harus diuji pada suatu kendaraan.

Oleh sebab itulah ada badan khusus yang menyelenggarakan uji keamanan suatu mobil atau dikenal juga dengan sebutan New Car Assessment Program (NCAP). Untuk negara kita yang berada di kawasan Asia Tenggara, maka pengujiannya dilakukan sesuai standar ASEAN NCAP. Kali ini, giliran Honda BR-V lah yang kebagian jatah melakukan uji tabrak. Bagaimana hasilnya?

Skor Bintang Lima Untuk Tipe Tertinggi

Honda BR-V, baik varian 5-penumpang maupun 7-penumpang, mendapat skor bintang lima pada uji tabrak tersebut. Hasil skor bintang lima tersebut didapatkan oleh varian tertinggi BR-V yang sudah mendapatan Electronic Stability Control (ESC).

Skor yang diraih oleh Honda BR-V pada uji tabrak (Foto: ASEAN NCAP)
Skor yang diraih oleh Honda BR-V pada uji tabrak (Foto: ASEAN NCAP)

Sementara untuk varian dibawahnya yang belum dibekali ESC dan seatbelt reminder untuk penumpang depan, BR-V meraih bintang empat. Honda BR-V meraih poin 14,79 dari total 16 poin untuk perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan untuk perlindungan penumpang anak-anak, BRV meraih 72% standar kepatuhan.

Unggul dari Beberapa Mobil di Segmen Serupa

Perolehan skor tersebut tentunya membuat Honda makin percaya diri dengan BR-V. Tak hanya itu, ASEAN NCAP bahkan menyebut perolehan skor BR-V melebihi beberapa rivalnya di segmen sejenis seperti Subaru XV (14.31, bintang lima), Toyota Rush (12.47, bintang empat) dan Haval M4 (9.64, bintang tiga).

Honda BR-V saat menjalani uji tabrak ASEAN NCAP (Foto: ASEAN NCAP)
Honda BR-V saat menjalani uji tabrak ASEAN NCAP (Foto: ASEAN NCAP)

Bagi Anda yang bertanya-tanya perihal prosedur uji tabrak NCAP, terdapat beberapa tahapan pengujian yang meliputi tes tabrak depan (frontal impact), tes tabrak samping (pole side impact), tes pejalan kaki (pedestrian impact), Electronic Stability Control (ESC), dan beberapa fitur penunjang keamanan lainnya. Melihat hasil yang diraih oleh Honda BR-V, maka dapat disimpulkan bahwa Honda BR-V telah memenuhi syarat-syarat yang diberikan oleh ASEAN NCAP.

Bagaimana pendapat Anda mengenai hasil uji tabrak Honda BR-V ini? Sampaikan di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY