Penting! 4 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Penting! 4 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

1048
0
BERBAGI
(youtube.com)

Beberapa bulan belakangan ini Indonesia dihadapkan dengan cuaca yang kurang menentu. Kadang hujan deras seharian mengguyur, kadang panas berhari-hari tanpa hujan. Kondisi ini tentu saja mengharuskan pemilik mobil untuk melakukan perhatian dan perawatan ekstra untuk mobilnya.

Air hujan di Indonesia mengandung asam dan garam yang terbilang tinggi, oleh sebab tingginya tingkat polusi udara di Indonesia. Air hujan yang banyak mengandung asam dan garam tentu saja akan banyak mempengaruhi kondisi mobil jika tidak dilakukan perhatian dan perawatan ekstra, terutama pada bagian eksterior. Berikut kami sajikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat mobil saat musim hujan.

1. Cek Karet Wiper

Kaca depan adalah bagian yang sangat penting pada mobil, dan tentu saja bagian ini lumayan riskan mengalami kerusakan. Salah satu hal yang bisa menyebabkan kerusakan adalah jika karet wiper sudah mengeras.

karet wiper rusak menyebabkan kaburnya pandangan (tebingsekumbang.blogspot.com)
karet wiper rusak menyebabkan kaburnya pandangan (tebingsekumbang.blogspot.com)

Selain tidak akan maksimal dalam membersihkan kaca depan, karet wiper yang sudah mengeras pun bisa menyebabkan goresan pada kaca mobil. Selain itu, air hujan yang tertinggal di kaca karena wiper tidak bisa menyapunya dengan bersih akan menyebabkan bercak-bercak ketika air sudah mengering.

2. Jangan Tunggu Air Hujan Kering

Setelah terguyur air hujan selama bepergian, biasanya pemilik mobil tidak langsung mencuci kendaraannya. Sisa-sisa air hujan di permukaan body mobil akan mengering dan menjadi bercak-bercak yang jika terlalu lama didiamkan akan sulit dihilangkan.

air hujan yang mengering mengakibatkan flek pada permukaan cat (skanaa.com)
air hujan yang mengering mengakibatkan flek pada permukaan cat (skanaa.com)

Selain itu, air hujan yang mengandung asam tinggi jika tidak segera dibersihkan akan mempercepat datangnya karat, baik pada bagian body maupun kaki-kaki. Segeralah cuci menggunakan sabun mobil, dan gunakan spon halus agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan body mobil.

3. Perhatikan Bagian Engsel

Jangan lupa untuk memperhatikan bagian engsel-engsel pintu, juga bagian kap dan pintu bagasi. Terlalu sering terkena air hujan  bisa menumbuhkan karat pada bagian engsel. Selain menimbulkan suara yang kurang nyaman didengar, bisa juga menimbulkan engsel macet.

bagian engsel pintu (autofresh.net)
bagian engsel pintu (autofresh.net)

Melumasi engsel secara berkala dapat memperlancar pergerakan engsel, dan juga bisa mencegah tumbuhnya karat. Melumasi engsel bisa menggunakan vaselin, oli, atau semprotan anti karat.

4. Mesin dan Rangkaian Elektronik

Selain bagian-bagian eksterior, bagian mesin juga perlu untuk mendapat perhatian. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain, saringan udara, saluran bahan bakar dan tangki bahan bakar untuk memastikan tidak terjadi kebocoran sehingga air hujan tidak merembes masuk.

mesin mobil & rangkaian elektroniknya (beatlesindonesia.wordpress.com)
mesin mobil & rangkaian elektroniknya (beatlesindonesia.wordpress.com)

Selain itu, cek juga penutup atau pelindung pada bagian-bagian elektrik. Kebocoran yang menyebabkan air masuk ke bagian-bagian elektronik bisa menyebabkan konsleting yang mengakibatkan mogoknya mobil.

Anda mempunyai pengalaman tersendiri menghadapi musim hujan dan ingin menambahkan tips? Silakan tulis pada kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY