6 Mobil dengan Mesin Unik yang Luar Biasa

6 Mobil dengan Mesin Unik yang Luar Biasa

1496
0
BERBAGI
(blog.caranddriver.com)

Banyak mobil yang telah diciptakan di dunia ini. Berbagai macam eksperimen telah dilakukan oleh pabrikan-pabrikan demi menghasilkan inovasi terbaru.

Salah satu inovasi tersebut juga ditemui dari segi konfigurasi mesinnya. Berikut kami rangkum beberapa mobil dengan konfigurasi mesin yang tidak biasa dan tidak pada umumnya ada.

1. Lancia Fulvia

Mobil buatan Italia ini pertama kali diperkenalkan di Geneva Motor Show pada tahun 1963. Mobil ini sangat familiar di dunia rally tahun 70-an dan sempat menjuarai International Rally Championship pada tahun 1972. Mobil ini terus diproduksi hingga tahun 1976.

lancia fulvia coupe (only-carz.com)
lancia fulvia coupe (only-carz.com)

Mobil ini mempunya spesifikasi yang mesin yang unik, karena mengusung mesin dengan konfigurasi V4 1600 cc. Mesin ini didesain oleh Zaccone Mina dengan konsep mesin DOHC, satu camshaft menggerakan klep intake, dan camshaft lainnya menggerakkan klep exhaust.

Lancia Fulvia engine (wikipedia)
Lancia Fulvia menggunakan konvigurasi mesin V4 (wikipedia)

2. Dodge RAM SRT 10

Dodge RAM SRT 10 adalah pick up berjenis sport yang diproduksi oleh pabrikan mobil asal Amerika, Dodge, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002.  Mobil ini hanya diproduksi terbatas dan hanya dalam jangka waktu kurang lebih 2 tahun saja.

Dodge Ram SRT 10 (Wikipedia)
Dodge Ram SRT 10 (Wikipedia)

Tidak seperti truck atau pick up pada umumnya, mesin yang digunakan oleh Dodge RAM SRT 10 ini mempunyai spek yang berbeda, karena mesin yang diusung adalah mesin Viper V10 8300 cc dengan 6-percepatan manual atau 4-percepatan otomatis. Bisa dibayangkan bukan, kekuatan yang dihasilkan oleh mesin ini?

Dodge Ram SRT engine (Wikipedia)
Mesin Dodge Ram SRT berkonnfigurasi Viper V10 8.300 cc (Wikipedia)

3. Fiat Bravo HGT

Diproduksi antara tahun 1995-2001, Fiat Bravo diciptakan sebagai mobil keluarga. Fiat Bravo diproduksi bersamaan dengan Fiat Brava untuk menggantikan Fiat Tipo. Walau diproduksi bersamaan, Bravo dan Brava memiliki desain yang sama sekali berbeda. Fiat Bravo didesain untuk mengutamakan keseimbangan dan ketepatan handling, sedangkan Fiat Brava diciptakan untuk kenyamanan.

Fiat Bravo (Wikipedia)
Fiat Bravo (Wikipedia)

Konfigurasi mesin yang diusung oleh Fiat Bravo HGT pun tergolong cukup unik, karena memiliki 5 silinder inline dengan volume 2000 cc, cukup besar untuk ukuran mobil keluarga dengan panjang 4 meter.

4. Renault Safrane

Renault Safrane adalah mobil yang diciptakan untuk kelas menengah ke atas atau bisa disebut juga mobil kelas executive. Mobil ini diproduksi di Prancis pada tahun 1992 dan terus diproduksi hingga tahun 2000.

Renault Safrane (Wikipedia)
Renault Safrane (Wikipedia)

Tahun 1994, Renault meluncurkan versi Safrane dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi untuk seri RXE dan Baccara. Ranault mencangkok 2 turbo untuk mesin 3000 cc V6 yang diusung oleh Renault Safrane, cukup mendongkrak tenaga.

5. Lotus Carlton

Mobil awalnya adalah Vauxhall Carlton atau Opel Omega, tetapi Lotus kemudian melakukan beberapa modifikasi pada eksterior seperti perubahan pada spoiler belakang, penambahan logo lotus, body kit, dan lain-lain.

Opel Omega (Wikipedia)
Opel Omega (Wikipedia)

Modifikasi pada mesin juga dilakukan untuk menambah performa. Mesin standar Opel 1969 cc 6-silinder segaris digantikan oleh mesin 3600 cc 6-silinder segaris dengan tambahan twin turbo Garrett T25.

Lotus Carlton engine (Wikipedia)
Lotus Carlton engine (Wikipedia)

6. Audi S3

Audi memproduksi mobil ini pada tahun 1999 hanya dengan model hatchback 3 pintu. Mobil ini dipasarkan untuk negara Jepang, Mexico, Afrika Selatan, Australia, New Zealand dan tentu saja benua Eropa. Audi juga mengeleuarkan versi facelift-nya pada tahun 2000.

Audi S3 (WIkipedia)
Audi S3 (Wikipedia)

Keunikan mobil ini salah satunya terletak pada konfigurasi mesinnya, yaitu berkapasitas 1800 cc, 4-silinder segaris, didukung turbo, dan memiliki 20 klep (yang berarti terdapat 5 klep untuk 1 silinder) konfigurasi yang cukup berbeda dan tidak umum ada. Selain itu Audi juga menerapkan Four Wheels System Drive untuk mobil ini.

Bagaimana pendapat Anda dengan konfigurasi mesin-mesin tersebut? Tuliskan respon anda pada kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY