Honda Civic Turbo Minum Premium? Aman Kok!

Honda Civic Turbo Minum Premium? Aman Kok!

1925
0
BERBAGI
Dengan harga yang tergolong tinggi, pembeli tidak akan merasa rugi atas fasilitas yang didapatkan (Foto : Ototaiment)

Kemunculan generasi terbaru Honda Civic di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 sekaligus menjadikannya sebagai sedan pertama Honda yang menggunakan mesin turbo di Indonesia. Mobil yang menjadi kejutan spesial PT Honda Prospect Motor (HPM) di IIMS 2016 ini juga sudah dilengkapi dengan mesin berteknologi Earth Dreams milik Honda.

Kombinasi mesin Earth Dreams dengan turbo ini cukup unik, karena Honda telah melakukan riset untuk menyesuaikan daya tahan mesin terhadap kualitas bahan bakar di setiap negara, termasuk Indonesia. Jadi, bahan bakar dengan nilai oktan berapakah yang cocok untuk Civic turbo ini?

Boleh Tenggak Premium

Pengalaman Honda sebagai produsen mobil bertaraf internasional dengan konsumen di berbagai belahan dunia membuatnya memikirkan betul perihal konsumsi bahan bakar untuk mobil produksinya di setiap negara. Inilah yang mendasari Honda untuk melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai mesin All New Civic agar mampu bertahan meski dicekoki bahan bakar dengan kualitas rendah sekalipun.

Meski boleh menggunakan bahan bakar RON 87, apakah Anda tega memberikannya pada All New Civic ini? (Foto: Ototaiment)

Untuk mengembangkan mesin All New Civic ini, Honda telah mencoba untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan terendah, yakni RON (Research Octane Number) 87. Pengujian ini dilakukan karena masih banyak negara yang mempunyai kualitas bahan bakar dengan RON yang rendah.

Bahan bakar dengan RON 87 masih dapat dijumpai di beberapa negara (Foto: KCCI)
Bahan bakar dengan RON 87 masih dapat dijumpai di beberapa negara (Foto: KCCI)

Keberhasilan Honda Civic Turbo ini menenggak bensin dengan oktan 87 membuatnya aman meskipun diisi dengan bahan bakar jenis Premium, karena mempunyai kadar oktan 88. “Minimal RON 87. Jadi sebenarnya kalau kami lihat secara worldwide, di Indonesia itu tidak yang paling rendah. Ada negara lain yang lebih rendah oktan bahan bakarnya,” kata Yuji Matsumochi, chief engineer global development assistant leader Honda.

All New Civic Turbo menggunakan kombinasi mesin Earth Dreams dengan sokongan Turbo (Foto: Ototaiment)
All New Civic Turbo menggunakan kombinasi mesin Earth Dreams dengan sokongan Turbo (Foto: Ototaiment)

Meski boleh menggunakan bahan bakar jenis Premium, namun Jonfis Fandy selaku marketing and after sales service director PT HPM mengatakan bahwa Honda tetap merekomendasikan pengisian bahan bakar untuk Civic terbaru menggunakan RON 90 atau 92. Jadi, bisa Pertalite atau Pertamax.

mesin earth dreams
Mesin Earth Dreams milik Honda (Foto: Ototaiment)

Hmmm… Kalau Anda mampu membeli mobil sekelas All New Civic Turbo, masa sih tega untuk mengisinya dengan bensin Premium?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY