First Impression Honda Brio RS – IIMS 2016

3726
0
BERBAGI

Honda memperkenalkan dua varian baru dari Honda Brio di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, yaitu Honda Brio RS dan Brio Satya dengan transmisi CVT. Kedua mobil ini mendapat penyegaran ringan di beberapa sektor.

Kali ini kami akan mengajak Anda pada impresi pertama kami mengenai Honda Brio RS, varian terbaru sekaligus top of the line dari Honda Brio

Eksterior Sporty dengan Lampu “Pinjaman”

Melihat eksteriornya, Brio RS tampil lebih sporty daripada varian dibawahnya. Headlamp-nya sekarang mengadopsi milik Mobilio RS, begitu pula dengan desain grille-nya. Layaknya model Honda lain yang berimbuhan “RS”, maka Brio RS juga mendapatkan emblem RS pada bagian grille depan. Untuk bagian belakang, penambahan chrome garnish saja yang menjadi penyegar desainnya.

Honda Brio RS depan
Brio RS memang terlihat lebih keren, tapi lampunya pinjam punya Mobilio (Foto: Ototaiment)

Velg yang digunakan berukuran 15 inci, satu inci lebih besar dari varian dibawahnya. Pada Brio RS transmisi CVT, sistem pengeremannya sudah didukung dengan ABS+EBD. Spionnya dilengkapi dengan fitur retractable alias dapat dilipat secara elektrik.

Kabin dengan Dashboard Familiar

Saat pertama kali masuk ke kabin Brio RS, satu hal yang langsung terasa adalah penggunaan desain dashboard baru yang serupa dengan Honda BR-V maupun Mobilio facelift. Ini membuat kami jadi berpikir bahwa Honda tak lagi sekedar menggemari sharing platform, namun juga sharing desain. Lingkar kemudi masih menggunakan desain yang sama, hanya saja kini sudah mendapatkan audio switch steering yang terhubung dengan head unit berukuran 6,1 inci di dashboard-nya.

Honda Brio RS kabin
Ini adalah Interior Brio RS. Atau Mobilio Facelift? Atau BR-V? Entahlah~ (Foto: Ototaiment)

Panel AC mendapat sentuhan digital, jadi tidak sekedar kenob putar layaknya Brio Satya terdahulu. Salah satu yang unik adalah keberadaan tweeter speaker di pilar A mobil ini. Kenapa unik? Karena bahkan Honda BR-V tipe tertinggipun belum mendapatkan fasilitas pemanja telinga seperti milik Brio RS ini.

Varian anyar Honda Brio RS tampil lebih sporty daripada varian dibawahnya (foto: Ototaiment)
Varian anyar Honda Brio RS tampil lebih sporty daripada varian dibawahnya (foto: Ototaiment)

Untuk selebihnya, Brio RS masih serupa dengan versi terdahulu, yakni menggunakan jok tipis dengan headrest yang menyatu dengan joknya. Bedanya, kini warnanya lebih eye catching ketimbang Brio Satya.

Honda Brio RS belakang
Dengan kemunculan Brio RS, nama Honda Brio masih akan menjadi salah satu mobil paling diminati di kelasnya (Foto: Ototaiment)

Menurut kami, mobil ini masih menjadi mobil yang paling layak diperhitungkan di segmen sejenisnya. Apalagi mesin 1.200 cc-nya kini mendapatkan upgrade besaran tenaga, walaupun tidak signifikan. Apakah Anda tertarik dengan Brio RS? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY