5 Mobil yang Pernah Menjadi Raja Jalanan di Amerika Serikat

5 Mobil yang Pernah Menjadi Raja Jalanan di Amerika Serikat

13578
0
BERBAGI
(americanmusclecars.com.au)

Negara dan benua di dunia pasti memiliki ciri khas dan kultur tersendiri dalam dunia otomotif, salah satunya yang kita tahu adalah Amerika Serikat (AS) dengan American Muscle Car-nya. Mobil-mobil dengan mesin besar, layaknya laki-laki berotot, pada tahun 60 hingga 70-an mencapai jaman keemasannya di AS.

Pabrikan mobil di AS pada saat itu berlomba-lomba untuk menciptakan serta mengembangkan mobil dengan mesin berkapasitas dan berdaya besar, baik untuk kebutuhan pasar komersil maupun untuk kebutuhan kompetisi. Hingga pada akhirnya pada tahun 1974, AS dilanda krisis bahan bakar yang mau tidak mau juga mempengaruhi pilihan kapasitas mesin mobil. Karena mobil-mobil buatan AS dengan cc besar terbilang boros bahan bakar, maka pada saat itu banyak konsumen yang kemudian beralih kepada mobil ber-cc kecil yang lebih irit bahan bakar. Berikut kami rangkum beberapa mobil yang sempat menjadi raja jalanan dan bahkan menjadi legenda hingga saat ini.

1. Shelby Mustang GT500

Bagi maniak film dan penggemar otomotif, siapa yang tidak mengenal Eleanor, salah satu mobil yang ada pada film Gone in 60 Seconds? Ya! Ford Mustang GT 500 Shelby, mobil besutan pabrikan Ford yang dibangun oleh Caroll Shelby. Desain eksterior yang seksi, didukung dengan daya mesin yang aduhai kuatnya. Mesin V8 7000 cc yang tersembunyi di bawah kap bisa mengeluarkan tenaga maksimal 355 hp. Mobil kelahiran tahun 1965-1970 ini diproduksi dalam jumlah yang terbatas, hingga saat ini masih menjadi buronan para kolektor mobil, dan tentu saja harganya di pasaran dunia sudah tentu membuat anda menggelengkan kepala.

Ford Mustang Shelby GT-500 (boldride.com)
Ford Mustang Shelby GT-500 (boldride.com)

2. Chevrolet Chevelle SS

Mobil yang diproduksi tahun 60-an sampai tahun 70-an ini mengusung mesin yang luar biasa besar. Bagaimana tidak, mesin 7400 cc yang dipasang pada mobil sedan, tentu saja akan mengeluarkan daya yang tergolong tinggi. Mobil ini bisa mengeluarga daya maksimal hingga 360 hp dan hingga saat ini masih menjadi mobil dengan daya terbesar yang diproduksi massal.

Chevrolet chevelle SS (carswithmuscles.com)
Chevrolet chevelle SS (carswithmuscles.com)

3. Plymouth Barracuda

Merupakan hasil desain ulang dari generasi sebelumnya, Plymouth Barracuda kelahiran tahun 70-an ini menjadi salah satu mobil legenda dalam dunia musle car. Seri tertinggi mobil ini ditawarkan di pasaran dengan mesin Hemi, 7000 cc dengan daya maksimal 425 hp dan seri ini lebih akrab dengan sebutan Hemi Cuda. Meski begitu, tidak semua seri Plymouth ini menggunakan mesin Hemi.

Plymouth Barracuda (boldride.com)
Plymouth Barracuda (boldride.com)

Hemi adalah mesin buatan Chrysler dan menjadi mesin dengan performa tinggi yang dipasarkan mulai tahun 1969. Hemi adalah julukan dari nama teknologi mesin ini, Hemispherical Combustion Chamber. Perbedaan mesin teknologi ini ada pada ruang bakar di head cylinder-nya. Desain ruang bakarnya menghasilkan pembakaran yang efisien, sehingga bisa menaikkan daya mesin secara signifikan.

4. Pontiac GTO

Mobil Amerika yang diproduksi oleh General Motors ini lahir pada tahun 60-an. Pontiac GTO hadir dengan mesin 6400 cc yang menghasilkan 325 hp pada 4800 rpm, dengan transmisi manual 3 percepatan dan karburator four barrels. Mobil ini juga sempat menjadi bintang utama dalam film layar lebar berjudul  The Last Ride yang disutradarai oleh Guy Norman Bee. Beberapa opini mengatakan bahwa perlu usaha yang lebih untuk mengendalikan mobil monster ini.

Pontiac GTO Gen I (1zoom.net)
Pontiac GTO Gen I (1zoom.net)

5. Dodge Charger 1969

Satu lagi mobil yang menjadi selebriti dalam dunia perfilman: Dodge Charger. Siapa yang tidak kenal dengan merek ini? Awal karirnya di dunia film masuk dalam film seri di Amerika, Dukes of Hazzard yang kemudian diangkat menjadi film panjang sebanyak dua seri. Mobil kebanggaan Bo dan Luke Duke ini mempunyai ciri khas di setiap edisinya, yaitu selalu mempunyai adegan jumping. Pada tahun 2000-an, mobil ini kembali muncul dalam film The Fast and The Furious sebagai mobil andalan Dominic Toretto.

Dodge Charger 1969 (wikipedia)
Dodge Charger 1969 (wikipedia)

Mobil dengan mesin V8 6300 cc yang menghasilkan 335 hp ini diproduksi oleh pabrikan Dodge, anak perusahaan pabrikan mobil Chrysler. Beberapa seri Dodge Charger ini juga dipasangi mesin Hemi 7000 cc. Sulit untuk membayangkan bagaimana rasanya mengendarai mobil dengan tenaga besar seperti ini.

Apakah Anda adalah salah seorang pecinta muscle car khas Amerika Serikat dan mempunyai daftar tambahan mobil yang tak kalah menariknya? Sampaikan di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY