5 Fakta Toyota Sienta yang Harus Anda Ketahui

5 Fakta Toyota Sienta yang Harus Anda Ketahui

1746
0
BERBAGI

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang berlangsung dari 7 hingga 17 April mendatang menjadi momentum yang dirasa tepat oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk meluncurkan salah satu mobil terbarunya, Toyota Sienta.

Meskipun banyak disandingkan dengan lawannya dari Honda, yakni Freed, namun Toyota mengaku telah memberikan sentuhan berbeda untuk MPV tujuh penumpangnya ini. Selain akan diproduksi di Indonesia, ada beberapa fakta menarik seputar Toyota Sienta yang wajib Anda ketahui. Berikut ini kami rangkum 5 fakta tersebut.

1. Ditawarkan dalam Empat Varian

Untuk pasar Indonesia, Toyota Sienta ditawarkan dalam empat varian yaitu tipe E, G, V dan Q. Meskipun secara visual sama, namun masing-masing tipe memiliki beberapa fitur tertentu yang menjadi pembedanya. Tipe Q sebagai tipe tertinggi menjadi yang termewah sekaligus yang terlengkap dalam urusan fitur.

All New Sienta
All New Sienta hadir dalam 4 varian: Tipe E, G, V dan Q (Foto: Ototaiment)

Keempat varian yang ditawarkan telah mendapatkan pintu geser. Bedanya, jika pada tipe Q dan V semua pintu gesernya sudah elektrik, maka pada tipe G hanya pintu sebelah kiri yang elektrik. Sedangkan di tipe E, kedua pintunya belum elektrik alias masih menggunakan tenaga manusia. Meski begitu, semua varian Sienta telah mendapatkan rem cakram depan dan belakang serta sensor parkir.

2. Interior dengan Pelipatan Bangku Cerdas

Sebagai MPV tujuh penumpang, Sienta tidak memberikan kursi model captain seat di row keduanya agar muat diisi oleh tiga penumpang. Meskipun row ketiga Sienta boleh dibilang amat terbatas perihal kelapangannya, namun Toyota memberikan sistem pelipatan jok yang istimewa pada Sienta, dimana jok ketiga dapat dilipat dan disimpan di bawah jok kedua.

Jok belakang Sienta masih bisa dimaksimalkan lagi pelipatannya dengan melipatnya dibawah jok kedua (Foto: Ototaiment)
Jok belakang Sienta masih bisa dimaksimalkan lagi pelipatannya dengan melipatnya dibawah jok kedua (Foto: Ototaiment)

Selain kursi dengan pelipatan cerdas, Sienta mendapatkan fitur lainnya seperti auto AC dengan digital display, start/stop button, serta head unit layar sentuh dan AC double blower pada semua tipe kecuali tipe E.

3. Fitur Keamanan yang Cukup Lengkap

Untuk urusan keamanan, Sienta dibekali beragam fitur pendukung seperti dual-SRS airbag, sistem pengereman dengan Antilock Brake System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC) dan jok ISOFIX.

Sebagai varian tertinggi, tipe Q mendapatkan fitur terlengkap (Foto: Ototaiment)
Sebagai varian tertinggi, tipe Q mendapatkan fitur terlengkap (Foto: Ototaiment)

Sebagai varian tertinggi, maka tipe Q mendapat tambahan fitur berupa Hill Start Assist (HSA).

4. Mesin NR Buatan Dalam Negeri

Setelah sebelumnya diisukan bakal menggunakan mesin berkode R-NR keluaran terbaru dari pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat, namun Sienta ternyata menggunakan mesin 2NR-FE dengan teknologi baru yang dibuat secara lokal. Salah satu keunggulannya adalah mesin ini dibuat menggunakan bahan alloy yang dominan, sehingga membuat mesin ini menjadi sangat ringan dan berimbas baik pada bobot mobil.

Mesin 2NR-FE buatan Karawang (Foto: Ototaiment)
Mesin 2NR-FE buatan Karawang (Foto: Ototaiment)

Seperti kebanyakan mobil-mobil keluaran terbaru Toyota lainnya, Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang diklaim mampu membuat mesinnya memiliki tenaga yang lebih baik namun tetap efisien dalam hal bahan bakar serta ramah lingkungan. Mesin NR terbaru memiliki kapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 107 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14.3 Kgm pada 4.200 rpm. Pilihan transmisi yang ditawarkan adalah manual 6-percepatan dan otomatis 7-percepatan.

5. Rentang Harga Sementara

Saat diluncurkan, Toyota belum memberikan detail harga resmi Sienta. Meski begitu, jika konsumen tertarik untuk memesan, maka kisaran harga mobil ini dibandrol mulai dari Rp 230 juta sampai Rp 295 juta.

All New Sienta2
Kisaran harga Sienta mulai dari Rp 230-295 jutaan (Foto: ototaiment)

Jika Anda memesan Sienta saat ini, maka unit Sienta diperkirakan akan Anda dapatkan di bulan Juli 2016 mendatang. Ini disebabkan Toyota baru akan memproduksi Sienta secara lokal pada bulan Juli mendatang di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat.

Dengan adanya lima fakta di atas, semoga membantu menambah informasi bagi Anda yang tertarik untuk memboyong Sienta ke garasi rumah Anda. Jika Anda punya informasi atau fakta tambahan mengenai mobil ini, silahkan sampaikan di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY