Daihatsu Akan Perkenalkan Ayla 7-Penumpang di GIIAS 2016?

Daihatsu Akan Perkenalkan Ayla 7-Penumpang di GIIAS 2016?

4143
0
BERBAGI
Daihatsu Sigra diperkirakan mengadopsi sebagian desain dari UFC3 Concept (Foto: mesinbalap)

Meskipun tidak menghadirkan model baru di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, namun Daihatsu ternyata menyimpan kejutan lain yang diperkirakan bakal menjadi senjata untuk meramaikan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di bulan Agustus mendatang.

Kejutan yang dimaksud adalah rumor kemunculan Daihatsu Ayla GT2 dan Ayla berkapasitas 7-penumpang. Meskipun masih belum ada bukti pasti mengenai hal ini, namun sejumlah temuan di dunia maya membuat kami meyakini bahwa Ayla GT2 dan Ayla 7-penumpang yang sempat santer dibicarakan memang akan hadir tahun ini, setidaknya di gelaran GIIAS 2016.

Terdaftar di TPT Online Kemenperin

Temuan utama yang memperkuat dugaan adalah adanya kendaraan lansiran PT Astra Daihatsu Motor yang telah didaftarkan ke Tanda Pendaftaran Tipe (TPT Online) Kendaraan Kemenperin. Meski tidak secara terang-terangan menyebutkan nama Ayla, namun kode mobil yang tertera pada TPT Online tersebut adalah DAIHATSU B401RS-GMQFJ 1.2 (4X2) M/T.

Benarkah ini adalah kode untuk Daihatsu Ayla GT2 dan Ayla 7-seater? (Foto: Kemenperin)
Benarkah ini adalah kode untuk Daihatsu Ayla GT2 dan Ayla 7-seater? (Foto: Kemenperin)

Kode ini ternyata cocok dengan kode lain yang mirip dengan Astra Daihatsu Ayla. Bedanya, pada kode tersebut tertera tambahan kode 1.2 yang dapat kita duga bersama sebagai besaran kapasitas mesin, yakni 1.200 cc. Dari kombinasi cocoklogi ini, kita bisa menerkanya bahwa ini adalah Daihatsu Ayla GT2 yang pernah muncul di IIMS 2014. Jika benar demikian, Honda Brio sebagai pemain di segmen yang setara dengan Ayla dan juga memiliki kapasitas mesin 1.200 cc ini harus bersiap-siap.

Daihatsu Ayla GT2 sempat tampil di IIMS 2014 (Foto: Kompas)
Daihatsu Ayla GT2 sempat tampil di IIMS 2014 (Foto: Kompas)

Lanjut ke kode selanjutnya, yakni DAIHATSU B401RS-GMZFJ 1.2 (4X2) M/T. Lima huruf kode terakhir memang belum ditemukan padanannya, namun rasa-rasanya ini adalah Daihatsu Ayla 7-seater yang ramai dibicarakan itu. Jika benar, maka Ayla 7-seater juga akan mendapatkan mesin berkapasitas 1.200 cc.

Daihatsu-UFC3-IIMS-2014-640x360
UFC3 diprediksi menjadi basis dari Ayla 7-seater (Foto: iotomotif)

Daihatsu sebenarnya telah memperkenalkan konsep MPV 7 penumpangnya sejak tahun 2012 silam dengan nama UFC Concept. UFC sendiri merupakan singkatan dari Ultra Functinal Compact dan pertama dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Toyota Agya Juga Akan Hadir dalam Kapasitas Tujuh Penumpang

Sebagai pabrikan yang kerap menghadirkan “mobil kembar” di Indonesia, maka tak heran jika Toyota juga akan menghadirkan MPV murah berkapasitas tujuh penumpang seperti yang dihadirkan oleh Daihatsu.

Data dari TPT Kemenperin untuk calon kendaraan baru dari Toyota (Foto: Kemenperin)
Data dari TPT Kemenperin untuk calon kendaraan baru dari Toyota (Foto: Kemenperin)

Salah satu yang mendasari keyakinan ini adalah ditemukannya juga pendaftaran calon mobil baru berkode TOYOTA B401RA-GMQFJ (4X2) M/T, TOYOTA B401RA-GMZFJ (4X2) M/T, TOYOTA B401RA-GQQFJ (4X2) A/T, dan TOYOTA B401RA-GQZFJ (4X2) A/T. Melihat kemiripan kodenya dengan kode pada Daihatsu Ayla, maka bisa disimpulkan, lagi-lagi secara cocoklogi, bahwa Toyota juga akan menghadirkan Agya berkapasitas tujuh penumpang dengan mesin 1.200 cc dan memakai basis yang sama dengan Ayla.

Melihat tanda P yang tertera di kolom paling kanan, ini berarti semua calon kendaraan baru tersebut sudah memasuki proses. Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY