Sienta dan Freed Membangun Peta Persaingan Baru

Sienta dan Freed Membangun Peta Persaingan Baru

1152
1
BERBAGI
Tadinya Sienta berbagi pasar dengan Honda Freed, tapi akhirnya Freed gulung tikar duluan, jadi sekarang Sienta sendirian (ilustrasi : Ototaiment)

Toyota Sienta yang baru saja dirilis oleh PT. Toyota Astra Motor di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 langsung mendapat sambutan yang meriah dari khalayak luas di dunia otomotif Indonesia. Bersaing dalam segmen yang sama dengan Honda Freed, Sienta mulai banyak dibanding-bandingkan. Menurut beberapa pihak, fitur-fitur yang diklaim baru oleh Toyota Sienta beberapa diantaranya sudah ada dalam Honda Freed. Meluncurnya Toyota Sienta boleh dibilang kembali mengangkat trend pintu sliding door untuk kabin penumpang belakang.

Perbedaan yang sangat terasa adalah saat kita masuk ke dalam kabin penumpang belakang, walaupun sama-sama mengklaim bisa mengangkut lima orang penumpang di belakang, Sienta dan Freed mempunyai perbedaan komposisi tempat duduk. Freed menyediakan captain seat untuk dua orang penumpang tengah, dan kursi sambung konvensional untuk tiga penumpang paling belakang, sedangkan Sienta tidak mengaplikasikan captain seat, hanya kursi sambung biasa untuk tiga orang di tengah dan dua orang di deretan paling belakang. Hal ini menimbulkan rasa bahwa Honda Freed mempunyai kabin penumpang belakang yang jauh lebih luas, padahal dimensi keseluruhan kendaraannya sendiri hampir sama, hanya berbeda beberapa cm saja. Untuk mengakali hal ini, sepertinya para desainer interior Sienta memanfaatkan penggunaan warna material interior yang cenderung lebih cerah agar memunculkan efek kabin penumpang yang terasa lega.

Performa Berbeda

Sienta dan Freed sama-sama berperang di segmen pasar MPV 1500 cc. Detail kapasitas mesin memang sedikit berbeda, Sienta mempunyai angka pasti 1496 cc sedangkan Freed 1497 cc, tetapi perbedaan tenaga yang dihasilkan lumayan signifikan. Di atas kertas, Freed mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 hp dengan torsi maksimal 146 Nm, sedangkan Sienta hanya bisa mengeluarkan 109 hp dengan torsi 143 Nm.

Captain Seat di Kabin penumpang Honda Freed (foto : honda-indonesia.com)
Captain Seat di Kabin penumpang Honda Freed (foto : honda-indonesia.com)

Toyota memiliki Strategi berbeda untuk masalah mesin dan transmisi. Toyota Sienta menawarkan dua jenis transmisi yang berbeda, manual 6-percepatan atau otomatis CVT yang minim gesekan dan diklaim dapat meningkatkan efektifitas penyaluran tenaga dari mesin ke roda. Sedangkan Honda Freed hadir dalam pilihan transmisi otomatis 5-percepatan saja.

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)

Siapa yang Lebih Canggih?

Kedua mobil ini sama-sama sudah mengusung beberapa fitur canggih dan modern. Misalnya, Sienta yang sudah menyajikan tombol engine on-off, tetapi belum ada di Honda Freed. Kedua mobil ini juga memiliki pengaturan power sliding door yang dapat dioperasikan melalui remote pada kuncinya.

SImulasi Pengereman yang Dilengkapi dengan ABS dan EBD (ototaiment)
Simulasi Pengereman yang Dilengkapi dengan ABS dan EBD (ototaiment)

Fitur-fitur keselamatan yang dimiliki oleh kedua mobil ini pun sudah hampir lengkap. Sistem pengereman untuk keduanya sudah sama-sama mengaplikasikan ABS dan EBD. Kedua mobil juga sudah menyediakan dual-airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Keselamatan anak-anak turut diperhatikan dengan adanya kunci pengaman untuk anak-anak dan jok ISOFIX. Berbicara masalah harga, kedua mobil ini mempunyai harga yang hampir sama, yaitu pada angka Rp 290 jutaan untuk seri tertingginya.

Mana yang anda pilih? Sienta atau Freed? Tuliskan pendapat anda di kolom komentar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY