First Impression Toyota Sienta – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016

1752
0
BERBAGI

Salah satu mobil yang paling dinanti-nanti kemunculannya di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 adalah Toyota Sienta. Betapa tidak, MPV anyar Toyota ini gaung namanya telah meramaikan dunia otomotif Indonesia sejak akhir tahun lalu, terlebih saat sempat kepergok tengah diuji coba di salah satu kawasan di Jawa tengah bulan Januari lalu.

Kini, selubung Sienta resmi dibuka, dan kami akan mengajak Anda untuk menyaksikan impresi pertama dari mobil ini. Sebagai informasi, Toyota Sienta ditawarkan dalam empat varian, yakni mulai dari tipe E, G, V dan Q. Untuk mendapatkan gambaran maksimal dari mobil ini, maka unit Tipe Q sebagai tipe tertinggi yang akan kami ulas.

Eksterior dengan Desain Kontroversial

Toyota Sienta yang masuk ke Indonesia ini merupakan generasi kedua dari Sienta yang diperkenalkan di Jepang pada tahun 2015 lalu. Meski begitu, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa mobil ini akan mendapatkan beberapa ubahan agar lebih sesuai dengan kondisi di Indonesia.

All New Sienta2
Desain mukanya….umm.. oke? Ah, sudahlah~ (Foto: Ototaiment)

Desain eksterior bagian muka dari mobil ini mungkin sedikit menjadi pro-kontra, terutama pada lis hitam memanjang di samping yang serupa jambang lelaki itu. Sebagai tipe tertinggi, maka Sienta tipe Q telah mendapatkan lampu proyektor dengan auto levelling. Pindah ke samping, velg yang digunakan berukuran 16 inci dengan ban Bridgestone. Nampak Sienta telah mendapatkan rem cakram di keempat rodanya.

sienta samping
Penampakan Sienta dari samping (Foto: Ototaiment)

Sienta menggunakan pintu sliding door elektrik pada tipe G, V dan Q. Bedanya, untuk tipe G, hanya pintu sisi kiri saja yang mendapatkan power sliding door sedangkan bagian kanan masih manual, meskipun telah mengadopsi teknologi vacuum door sehingga pintu akan otomatis menutup saat kita kurang rapat menutupnya. Untuk tipe terendahnya, yakni tipe E, pintu gesernya masih manual di kedua sisi pintu.

Interior dengan Sistem Pelipatan Cerdas

Masuk ke dalam, desain interiornya lebih mewah daripada tipe lain dibawahnya. Selain itu penampilannya cukup simple. Lucunya, kami masih menemukan aksen jahitan palsu pada material plastik yang terdapat pada mobil ini, seperti interior pada All New Yaris. Sebenarnya kami enggan mengomentari kualitas material yang digunakan, apalagi sampai mengetuk-ngetukkan jari ke bagian-bagian berlapis plastik. Hey, ini mobil produksi massal dengan rentang harga dibawah Rp 300 jutaan. Interior macam apa yang kalian harapkan?

Toyota memang kreatif, bahkan plastik saja bisa dijahit! (Foto: Ototaiment)
Toyota memang kreatif, bahkan plastik saja bisa dijahit! (Foto: Ototaiment)

Sienta telah dibekali engine on/off dan setir yang digunakan mendapatkan pengaturan audio switch control dan tombol-tombol pengaturan multi information display. Head Unit yang dipakai berukuran 7 inci dan mendapat pengaturan AC digital.

Untuk varian dibawah tipe Q, seperti inilah head unit dan perangkat AC yang digunakan (Foto: Ototaiment)
Untuk varian dibawah tipe Q, seperti inilah head unit dan perangkat AC yang digunakan (Foto: Ototaiment)

Salah satu hal yang mengagumkan dan mengecewakan adalah perkara jok. Mengagumkan, karena Sienta mempunyai pengaturan kursi baris ketiga yang dapat dilipat dibawah jok baris kedua agar memberikan bagasi yang lapang. Mengecewakan, karena meskipun jok pengemudi dan penumpang baris kedua cukup nyaman meski bahannya tidak terlalu tebal, namun di bangku baris ketiga, joknya amat tipis, bahkan jika Anda tekan, maka rangka besi pada joknya dapat langsung Anda rasakan. Jok pengemudi mendapatkan pengaturan height adjuster, namun masih manual bukan elektrik.

Jok belakang Sienta masih bisa dimaksimalkan lagi pelipatannya dengan melipatnya dibawah jok kedua (Foto: Ototaiment)
Jok belakang Sienta masih bisa dimaksimalkan lagi pelipatannya dengan melipatnya dibawah jok kedua (Foto: Ototaiment)

Untuk urusan keamanan, Sienta sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS+EBD, Vehicle Stability Control (VSC), jok ISOFIX dan Hill Start Assist pada tipe Q.

Mesin yang Digunakan Tidak Berkode R-NR dan Punya Pilihan Transmisi Manual

Berbeda dari perkiraan para jurnalis beberapa waktu lalu yang memprediksi bahwa Sienta akan menggunakan mesin berkode R-NR keluaran pabrik terbaru Toyota di Karawang, Jawa Barat, Sienta menggunakan mesin berkode 2NR-FE buatan lokal dengan kapasitas 1.5 L dan tenaga 109 hp. Lalu, mesin R-NR akan digunakan untuk mobil apa ya? Hmm.. Nampaknya Toyota tengah mempersiapkan kejutan lagi. Kita nantikan saja.

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)

Untuk urusan transmisi, Sienta mendapatkan dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan otomatis CVT. Inilah yang membuat Sienta versi Indonesia harus merombak desain konsol tengahnya agar bisa mengakomodasi tuas persnelingnya. Ini tentu berbeda dengan lawannya, Honda Freed, yang menempatkan tuas persneling di area dasbor.

Itulah impresi pertama kami terhadap mobil yang diproyeksikan mempunyai harga jual mulai dari Rp 230-295 jutaan ini. Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar jika mempunyai masukan atau impresi yang mungkin terlewatkan dari kami

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY