5 Alasan Pabrikan Memangkas Fitur-Fitur Mobil di Indonesia

5 Alasan Pabrikan Memangkas Fitur-Fitur Mobil di Indonesia

1280
0
BERBAGI
Fitur safety and security pada Dodge Avenger (Foto: Allpar)

Dewasa ini, konsumen mobil di Indonesia mulai melek dengan informasi seputar mobil. Sudah bukan masanya calon konsumen hanya menelan mentah informasi yang diberikan oleh pabrikan, karena calon konsumen bisa mencari dahulu informasi suatu mobil melalui berbagai media. Era internet yang mendobrak batasan wilayah dan waktu juga membuat calon konsumen mulai kritis mencari perbandingan terbaik antara suatu produk mobil dengan mobil lainnya, ataupun mobil serupa namun berbeda produksi negaranya.

Salah satu hal yang cukup menarik untuk diperhatikan adalah gemarnya Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia yang melakukan pemangkasan fitur (terutama fitur penunjang keselamatan) terhadap produk mobilnya dengan berbagai alasan. Para konsumen yang mengetahui bahwa versi luar negeri dari sebuah mobil tidak mendapatkan pemangkasan fitur tentu merasa pemangkasan fitur di Indonesia sangatlah merugikan konsumen. Berikut ini kami mencoba untuk mengulas beberapa alasan yang membuat APM melakukan pemangkasan fitur pada produknya.

1. Untuk Mendapatkan Harga Jual yang Lebih Murah

Salah satu hal utama yang kerap menjadi alasan APM memangkas fitur mobilnya adalah untuk mendapatkan harga jual yang masih masuk akal bagi pasar Indonesia. Sebagaimana kita ketahui bersama, masih banyak pabrikan yang mengimpor mobil dari negara asalnya ataupun negara terdekat dengan Indonesia seperti Thailand.

Hyundai All New Tucson yang diperkenalkan di IIMS 2016 merupakan produk CBU dari Korea Selatan. Dengan harga Rp 385 juta, apa saja fitur yang dihilangkan? (Foto: Ototaiment)

Mendatangkan mobil secara impor tentu saja akan melambungkan harganya jika semua fitur dan kelengkapannya juga disertakan. Oleh sebab itu, biasanya APM akan melakukan beberapa penyesuaian (baca: pemangkasan fitur) untuk mengurangi harga produksi suatu mobil yang berimbas pada turunnya harga jual sehingga lebih kompetitif untuk bersaing dengan kompetitor lain. Fitur-fitur semacam panoramic sunroof atau kamera blindspot (semacam fitur Lane Watch di Honda) yang dirasa lebih sebagai pelengkap kerap dihilangkan untuk mengurangi harga produksi suatu mobil.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY