Tips-Tips Membeli Mobil Baru Bagi Pemula

Tips-Tips Membeli Mobil Baru Bagi Pemula

3090
0
BERBAGI

Bagi banyak orang, pengalaman pertama membeli mobil baru mungkin menjadi saat yang sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan. Anda akan berada di antara perasaan senang karena akan segera mempunyai mobil baru dan juga perasaan deg-degan karena takut salah pilih mobil. Pemula biasanya akan dihadapkan oleh banyak pilihan, tetapi juga masih memiliki sedikit pengetahuan atas pilihan-pilihannya tersebut. Membeli mobil sebagai kendaraan pribadi jelas tidak hanya bisa dengan bermodalkan uang saja, tetapi pengetahuan tentang kendaraan pilihan Anda, juga tata cara pembelian merupakan dasar yang penting.

Mungkin Anda sedang memulai rumah tangga? Atau mungkin Anda sudah mendapatkan pekerjaan yang mapan dan sedang berkeinginan untuk membeli mobil baru sebagai sarana transportasi dan pelengkap hidup Anda? Pertama kali membeli mobil merupakan tantangan. Kami di sini akan membagi beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan dalam mempertimbangkan pembelian mobil pertama Anda.

Tentukan Jenis Mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis mobil. Selain memilih model yang Anda sukai, Anda harus mempertimbangkan juga fungsi dan kegunaan mobil Anda nantinya. Misalnya, Anda adalah keluarga kecil dengan dua orang anak dan pekerjaan Anda berlokasi di perkotaan. Mungkin akan ada baiknya jika Anda memilih mobil berjenis MPV. Beda halnya jika anda lebih banyak mengerjakan pekerjaan anda di luar ruang, seperti wartawan outdoor, atau peninjau proyek, mungkin jenis SUV akan lebih cocok untuk Anda.

Sesuaikan pilihan mobil dengan kebutuhan Anda (Foto: Ciputranews)

Setelah Anda menentukan jenis mobil, kemudian tentukan juga merk dan serinya. Jangan lupa untuk menimbangnya berdasarkan budget yang Anda miliki, karena hal yang terpenting adalah untuk tidak over budget.

Tentukan Jenis Pembayaran

Ketika Anda telah menentukan pilihan dan sudah menentukan budget-nya, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menentukan cara pembayarannya. Ada dua jenis pembayaran, tunai atau kredit. Hal ini sangat perlu anda pertimbangkan karena setelah melakukan pembelian mobil, Anda masih akan melakukan banyak pengeluaran.

berhitunglah (uangteman.com)
Perhitungkan baik-baik dana yang Anda perlukan untuk membeli sebuah mobil (uangteman.com)

Jika dana Anda cukup, pembayaran secara tunai tentu akan memudahkan Anda. Akan tetapi juga tidak ada salahnya jika pembayaran dilakukan dengan cara kredit. Kredit sebenarnya juga menawarkan banyak kemudahan, karena pembayarannya sedikit demi sedikit, maka Anda masih bisa melakukan banyak penyimpanan dan melakukan sedikit variasi jika memang diperlukan.

Pilih Dealer dan Pertimbangkan Purna Jual

Tidak hanya harus mencari pengetahuan tentang mobil yang akan anda beli, Anda juga harus melakukan survey kecil tentang dealer-dealer yang menjual mobil impian anda. Masing-masing dealer pasti akan menawarkan banyak bonus, bahkan mungkin diskon harga. Anda harus pintar-pintar menghitung, mana yang bisa memberikan kelebihan yang lebih menguntungkan.

ilustrasi showroom (indonesiautosblog.com)
ilustrasi showroom (indonesiautosblog.com)

Harga purna jual juga patut menjadi pertimbangan. Anda bisa memilih mobil yang masih akan memiliki harga yang pantas ketika dijual kembali. Hal ini mengharuskan Anda melakukan riset kecil-kecilan agar Anda bisa mengetahui harga pasaran mobil yang Anda beli setelah dalam keadaan bekas. Gunakan kecanggihan internet dan informasi dari orang-orang di sekitar Anda untuk mendapatkan gambaran ini.

Test Drive

Demi mendapatkan kemantapan pilihan, tidak ada salahnya jika anda melakukan test drive terlebih dahulu. Test drive bisa anda lakukan di dealer-dealer yang menyediakan, pameran-pameran otomotif, atau mungkin Anda bisa mencoba milik kerabat Anda yang memiliki jenis yang sama. Tidak ada salahnya, bukan?

ilustrasi test drive (budamato.com)
ilustrasi test drive (budamato.com)

Jika setelah mencoba mobil impian Anda dan ternyata impresi pertamanya jauh dibawah ekspektasi Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda membandingan dengan merk atau jenis lain. Bandingan performa mobil, kenyamanan mobil, kelengkapan fiturnya, serta kemudahan handling-nya.

Siapkan Asuransi

Setelah semuanya pas dan Anda siap untuk membeli, tanyakan kepada pihak dealer mengenai asuransinya. Biasanya, pembayaran dengan sistem kredit akan langsung mendapatkan asuransi. Akan lebih baik jika anda menanyakan lebih detail tentang asuransi yang diberikan, supaya kelak di kemudian hari ketika tiba-tiba Anda membutuhkan  asuransinya, Anda sudah tidak kebingungan lagi.

insurance (otomotif.kompas.com)
Perlindungan asuransi terhadap kendaraan Anda amat disarankan (otomotif.kompas.com)

Kurang lebih begitulah tips-tips yang bisa kami berikan untuk saudara-saudara pemula yang akan membeli mobil baru. Ingat, tetaplah berhati-hati dan gunakanlah pertimbangan sebanyak-banyaknya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY