VW Beetle Akan Tutup Usia di 2018?

VW Beetle Akan Tutup Usia di 2018?

1472
0
BERBAGI

Kemajuan jaman dan pergeseran trend kadang membuat beberapa produk ikonik yang mempunyai sejarah panjang terpaksa berakhir dengan menyedihkan, terutama saat produk tersebut dinilai tak mempunyai inovasi tertentu yang dapat membuatnya tetap bertahan ditengah gempuran kompetitor lain.

Salah satu produk ikonik yang diperkirakan bakal meregang nyawa karena tak cukup punya ide segar untuk berinovasi dan kurang punya daya saing dibanding produk model lain adalah Volkswagen (VW) Beetle. Mobil legendaris yang dikenal sebagai VW Kodok di Indonesia ini disebut-sebut akan tutup usia pada tahun 2018 dan digantikan dengan model crossover yang dinilai lebih menjanjikan.

Beetle, Crossover, dan Kondisi Keuangan VW Paska Skandal Emisi

Hingga saat ini, pihak VW masih enggan berkomentar mengenai hal tersebut. Namun rencana mematikan Beetle memang cukup logis jika melihat data penjualannya yang terus anjlok. Jika pada tahun 2013 VW memproduksi Beetle sebanyak 109.000 unit, maka di tahun 2015 lalu angka produksinya terjun bebas hingga tinggal 64.000 unit.

Volkswagen-Beetle_Denim-2016-1024-02
VW Beetle Denim menjadi salah satu strategi VW untuk memperpanjang usia Beetle. Namun gagal (Foto: Netcarshow)

Pihak VW sendiri mengatakan bahwa peminat Beetle terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Salah satu penyebabnya adalah Beetle dianggap kalah pamor jika dibandingkan dengan mobil berjenis crossover. Inilah yang nampaknya kemudian mendasari VW untuk memproduksi sebuah kendaraan berjenis crossover dengan menumbalkan Beetle sebagai produk yang harus dimatikan.

vw group scandal
Skandal emisi yang menimpa VW menjadi salah satu spekulasi alasan VW menghentikan produksi Beetle yang mulai kurang menguntungkan (Foto: gettyimages)

Selain alasan di atas, masih ada spekulasi lain yang memperkirakan bahwa VW membutuhkan dana yang cukup besar untuk menambal keuangannya yang babak belur gara-gara skandal emisi tahun lalu. Segmen crossover yang tengah marak nampaknya membuat VW lebih yakin pada prospek kendaraan model ini daripada memperpanjang usia Beetle.

Upaya VW Mempertahankan Beetle

Sebenarnya VW sudah berusaha keras mempertahankan Beetle sebagai salah satu lini produknya dengan meluncurkan varian Beetle Dune dan Beetle Denim. Namun apa daya, langkah tersebut masih kurang ampuh untuk mendongkrak penjualan VW Beetle. Sebagai informasi, generasi terakhir VW Beetle yang saat ini beredar diproduksi pada tahun 2011 dan masih kalah tenar jika dibandingkan generasi pendahulunya.

Volkswagen-Beetle_Dune-2016-1024-01
Secara desain, VW Beetle Dune sebenarnya cukup menarik. Namun masih kurang kuat untuk mendongkrak citra Beetle yang meredup (Foto: Netcarshow)

Pihak VW saat ini tengah bersiap untuk lebih meningkatkan produksi Tiguan karena banyak diminati pasar. VW akan memanfaatkan tempat produksi Beetle yang mulai ditinggalkan di Puebla, Mexico, sebagai tempat produksi Tiguan mulai akhir 2016.

Wah, sayang sekali Beetle terpaksa pensiun. Bagaimana menurut Anda? Sampaikan pendapat di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY