Sama-Sama Menggunakan Mesin Berkode NR, Benarkah Mesin Sienta dan Avanza Sama?

Sama-Sama Menggunakan Mesin Berkode NR, Benarkah Mesin Sienta dan Avanza Sama?

2245
0
BERBAGI
(sumber : toyota.astra.co.id)

Toyota Sienta yang baru saja resmi diluncurkan di Indonesia bertepatan dengan pembukaan gelaran IIMS 2016 (Kamis, 7 April 2016) menuai banyak pendapat dan komentar baik yang positif maupun negatif. Mulai dari komentar tentang desain eksterior, hingga bagian mesin yang dikira sama dengan kepunyaan Grand New Toyota Avanza. Artikel ini akan sedikit membahas perbedaan mesin Sienta dan Grand New Avanza, karena walaupun Sienta hadir untuk melengkapi barisan produk MPV Toyota, Sienta dan Grand New Avanza mempunyai spesifikasi mesin yang berbeda.

Tidak mengherankan memang kenapa bisa timbul dugaan seperti ini oleh banyak orang. Dalam dunia industri otomotif memang biasa terjadi, mobil baru tapi mesin lama. Banyak produsen yang hanya mengeluarkan seri mobil yang baru dengan memperbarui desain baik interior dan eksterior, tetapi masih menggunakan mesin yang sama dengan seri-seri sebelumnya. Lewat artikel ini, kami akan sedikit membahas perberdaan mesin Sienta dan Grand New Avanza.

Membaca Kode

Seperti yang sudah banyak diulas sebelumnya, Sienta mengusung mesin buatan pabrik Toyota di Karawang, Indonesia, dengan spek mesin 4-silinder segaris 1497 cc dual VVT-i berkode 2NR-FE. Mesin 2NR-FE untuk Sienta Indonesia memiliki spesifikasi ‘F’ yang berarti penggunaan dua camshaft atau DOHC (Dual Overhead Camshaft), dan ‘E’ yang berarti Electronic Fuel Injection (EFI). Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh Sienta Indonesia adalah 105 hp dan torsi 140 Nm. Transmisi Sienta Indonesia juga memiliki dua pilihan transmisi, yaitu CVT dan manual 6 percepatan.

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)

Bagaimana dengan Grand New Avanza? Grand New Avanza memakai mesin 4-silinder segaris, dengan kapasitas 1496 cc DOHC, dual VVT-i berkode 2NR-VE. Menurut keterangan dari Iwan Abdurrahman, Technical Service Division Toyota Astra Motor, mesin Avanza ini (2NR-VE) adalah pengganti mesin sebelumnya yang dinamai oleh Daihatsu dengan kode 3SZ-VE 1500 cc.

Beda Detail

Beberapa hal lainnya yang menjadi pembeda antara mesin Sienta dan Avanza adalah mesin Toyota Avanza tersebut masih pakai besi baja biasa, bukan aluminimum seperti milik Sienta. Kondisi mesin Sienta Indonesia dan Grand New Avanza mempunyai kesamaan, bahwa blok mesin sama tapi perbedaan lainnya ada pada komposisi komponennya, misalnya posisi saringan oli, altenator, dan koil.

desain sistem penggerak roda belakang pada mobil (rentalmobilbali.com)
desain sistem penggerak roda belakang pada mobil (rentalmobilbali.com)

Perbedaan sebenarnya hanya terjadi pada desainnya saja, sedangkan untuk prinsip kerjanya tetap sama. Satu lagi perbedaannya yang nampak jelas adalah mesin Sienta melintang vertikal karena menggerakkan roda depan, sedangkan mesin Avanza yang melintang kebelakang karena menggerakkan roda belakang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY