Jangan Asal Menyalakan Lampu Hazard, Ini Fungsi-Fungsi Sesungguhnya

Jangan Asal Menyalakan Lampu Hazard, Ini Fungsi-Fungsi Sesungguhnya

1799
0
BERBAGI
(blog.esurance.com)

Lampu tanda darurat atau yang biasa disebut lampu hazard adalah salah satu fungsi lampu eksternal yang terdapat pada mayoritas mobil untuk membuat lampu sein kanan dan kiri berkedip bersamaan. Lampu hazard adalah suatu tanda yang mengindikasikan adanya masalah pada kendaraan yang menghidupkannya atau keadaan darurat lain di depannya. Dihidupkannya lampu hazard bertujuan untuk memberitahukan kepada pengemudi lain di sekitarnya untuk berhati-hati.

Selama ini, banyak pengemudi yang salah mengartikan fungsi lampu hazard. Para pengguna mobil selama ini selalu menyalakan lampu hazard, walaupun tidak terjadi sesuatu yang darurat. Hal ini sebenarnya akan sangat membingungkan dan mengganggu pengemudi kendaraan yang lain.

Lampu Hazard Untuk Apa?

Banyak pengemudi yang selama ini salah kaprah dalam mengartikan fungsi lampu hazard, seperti menyalakannya saat hujan deras, saat akan lurus di persimpangan, saat ada kabut, dan lain-lain. Menurut hukum Indonesia, lampu hazard berfungsi sebagai penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi kendaraan tersebut.

Letak tombol lampu hazard berbeda-beda di tiap kendaraan. Cermati betul agar bisa langsung diaktifkan saat membutuhkan (Foto: Youtube)
Letak tombol lampu hazard berbeda-beda di tiap kendaraan. Cermati betul agar bisa langsung diaktifkan saat membutuhkan (Foto: Youtube)

Hal ini tertulis dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang menyatakan “Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

Kenali keadaan yang membolehkan Anda menyalakan lampu hazard (Foto: Polri)
Kenali keadaan yang membolehkan Anda menyalakan lampu hazard (Foto: Polri)

Merujuk pada hal tersebut, yang dimaksud dengan ‘isyarat lain’ adalah seperti lampu darurat dan senter. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘keadaan darurat’ adalah Kendaraan dalam keadaan mogok, Kecelakaan Lalu Lintas, dan mengganti ban. Peraturan lalu lintas di beberapa negara lain bahkan menyatakan bahwa menyalakan lampu hazard pada saat mobil bergerak, apalagi ketika hujan merupakan pelanggaran berat lalu lintas.

pemakaian lampu hazard yang salah (kucekece.blogspot.com)
pemakaian lampu hazard yang salah (kucekece.blogspot.com)

Dibawah ini akan diuraikan beberapa fungsi lampu hazard yang sebenarnya. Semoga bermanfaat, dan kita semua tidak salah lagi menggunakan lampu hazard.

  • Saat kendaraan mengalami malfungsi yang menyebabkan kendaraan berjalan lebih lambat atau berhenti
  • Saat akan memberitahu kendaraan yang di belakangnya, jika di depan ada gangguan seperti adanya kecelakaan, tanah longsor, dan lain-lain
  • Saat kendaraan berjalan di luar jalur yang seharusnya dilalui
  • Dinyalakan untuk kendaraan derek yang sedang menderek suatu kendaraan maupun kendaraan yang sedang diderek
  • Digunakan saat kendaraan memungkinkan membahayakan kendaraan lain di jalan
  • Digunakan untuk kendaraan patroli, Polisi atau TNI, ambulans, pemadam kebakaran, dan kendaraan darurat lainya dalam menjalankan tugas
  • Dinyalakan ketika memundurkan kendaraan pada lalu-lintas/jalan raya
  • Dan beberapa hal lainnya

Apakah Anda sudah lebih memahami peran lampu hazard? Gunakan dengan tepat agar tidak merugikan orang lain.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY