Fiat Mobi Bersiap Jegal Datsun Redi-GO

Fiat Mobi Bersiap Jegal Datsun Redi-GO

1754
0
BERBAGI
Fiat Mobi: dibuat di India, meluncur di Brazil, lalu kembali ke India (Foto: Team BHP)

Persaingan di kelas crossover kompak nampaknya mulai mendapat perhatian khusus dari para pabrikan otomotif. Setelah Datsun Redi-GO menjalani debut perdana 14 April lalu, kali ini muncul satu lagi pemain di kelas serupa yang datang dari Fiat Chrysler Automobiles (FCA), yakni Fiat Mobi.

Uniknya, karena nama Fiat lebih kondang di kawasan Amerika Selatan maka Fiat Mobi diperkenalkan perdana di Brazil, meskipun mobil ini didatangkan dari India. Lalu, apakah keunggulan Fiat Mobi sebagai mobil pesaing Datsun Redi-GO dan Renault Kwid?

Hadir dalam Enam Varian Model

Fiat Mobi ditawarkan dalam 6 varian model yang terdiri dari tipe Easy, Easy On, Like, Line On, Way dan Way On. Masing-masing tipe mempunyai perbedaan, baik dari sentuhan desain, harga yang ditawarkan, maupun fitur yang melengkapinya.

Dari sisi desain, Fiat Mobi jelas lebih keren daripada Datsun Redi-GO (Foto: Team BHP)
Tampilan pintu belakangnya sedikit terlihat mirip Honda Brio karena full kaca (Foto: Team BHP)

Misalkan saja pada varian tertinggi, Fiat Mobi mendapatkan fitur head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci yang sudah dilengkapi dengan navigasi. Selain itu Fiat Mobi varian tertinggi ini sudah mendapatkan kamera mundur, emergency stop signalfollow me home lights, spion elektrik dengan auto folding, lane change warning dan keyless entry.

Meski Mungil, Kapasitasnya Cukup Luas

Sebagai mobil crossover dengan ukuran kecil, Fiat Mobi menawarkan kapasitas bagasi yang lebih luas karena mampu menampung kapasitas 215 hingga 235 liter.

fiat mobi interior 2- team bhp
Interiornya terlihat sempit. Namun memiliki kapasitas kargo yang cukup besar (Foto: Team BHP)

Angka tersebut masih bisa berubah lebih besar jika bangku di bagian belakang dilipat. Oh ya, kursi bagian belakangnya menerapkan model split seat.

Unggul di Sektor Dapur Pacu

Pilihan mesin yang ditawarkan oleh Fiat Mobi nampak lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan kedua rivalnya, Renault Kwid dan Datsun Redi-GO. Kenapa? Karena Fiat Mobi menggendong mesin berukuran 1.000 cc 4-silinder, berbeda dari kompetitornya yang membenamkan mesin berkapasitas 800 cc 3-silinder di bawah kap.

Desain dasbor Fiat Mobi  (Foto: Team BHP)
Desain dasbor Fiat Mobi (Foto: Team BHP)

Soal besaran tenaga tentu berbeda pula, karena mesin Fiat Mobi mampu menghasilkan tenaga sebesar 72 hp dan torsi 93 Nm. Jelas lebih besar ketimbang Redi-GO maupun Kwid yang tenaganya sekitar 54 hp dan torsi 72 Nm. Untuk transmisinya, Fiat Mobi hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Setelah Brazil, Fiat Mobi dijadwalkan untuk lanjut menyapa publik India dan pastinya siap bertarung dengan kompetitor di kelasnya. Menurut Anda, apakah mobil ini juga bakal muncul di Indonesia? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY