Wuih! Terus Berevolusi, Honda akan Keluarkan CR-V Generasi Kelima

Wuih! Terus Berevolusi, Honda akan Keluarkan CR-V Generasi Kelima

3770
2
BERBAGI
SUV Honda CR-V akan berkapasitas 7 penumpang? (Foto: Ototaiment)

Beberapa pekan belakangan ini kabar dari dunia otomotif internasional sedang santer membicarakan Honda CR-V generasi kelima yang mungkin akan dirilis pada tahun 2017. Sempat terpantau, Honda CR-V generasi terbaru ini sedang diuji coba di jalanan kota Gahanna, Ohio, Amerika Utara.

Seperti pada umumnya mobil baru yang sedang diuji coba, badan si Honda CR-V ini ditutupi untuk menyamarkan identitasnya. Tetapi rasanya tetap saja badannya yang semakin montok ini susah untuk disembunyikan identitasnya. Kabar-kabar yang berhembus ini juga makin diperkuat oleh pernyataan pihak Honda Inggris yang menyatakan bahwa Honda CR-V 2017 akan memiliki kapasitas penumpang lebih besar.

Evolusi Singkat Honda CR-V

Honda CR-V pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Generasi pertama ini diproduksi antara tahun 1995-2001 dan mengusung mesin 2000 cc. Generasi ini pernah mendapatkan ubahan minor pada tahun 1999 di bagian mesin dan Honda menaikkan kekuatannya hingga 146 hp. Generasi kedua Honda CR-V keluar antara tahun 2001-2006 dengan desain yang baru. Mesin yang digunakan sudah menggunakan teknologi i-VTEC  dengan kode mesin K24A1. Walaupun dengan kapasitas mesin yang cukup besar, mesin ini dinilai tetap irit BBM.

Evolusi Honda CR-V (Ototaiment)
Evolusi Honda CR-V (Ototaiment)

Memasuki generasi ketiga, Honda kembali meluncurkan CR-V pada tahun 2007 generasi ketiga ini memiliki mesin generasi terakhir dari keluarga mesin seri K Honda 2400 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 166 hp. Generasi terakhir Honda CR-V yang tengah beredar saat ini diproduksi mulai tahun 2011. Desain yang disajikan pun mulai terlihat sangat modern. Honda Indonesia memasarkan 4 varian CR-V generasi ke empat ini, 2.0 M/T, 2.0 A/T, 2.4 A/T, dan 2.4 Prestidge. Generasi ini memiliki body yang lebih bongsor dari generasi sebelumnya, sehingga menciptakan ruang yang lebih lapang pada kabin.

Pinjam Platform HR-V

Desain bagian depan yang pertama kali mencuri perhatian, terlihat bahwa CR-V generasi terbaru ini seperti meminjam desain Honda HR-V. Kabarnya, bagian interior pun akan mempunyai banyak kesamaan dengan platform HR-V, terutama fitur Ultra Seat dan Floating Center Console yang sebelumnya bisa dilihat di Honda HR-V.

Pengaturan Ultra Seat pada Honda masih jadi juara dalam kelapangan kabin (Foto: Honda)
Pengaturan Ultra Seat pada Honda masih jadi juara dalam kelapangan kabin (Foto: Honda)

Mesin yang akan dipasangkan pada Honda CR-V generasi kelima ini kabarnya mempunyai dua menu: mesin 2000 cc dan mesin 2400 cc. Pilihan mesin tersebut bakal dikawinkan dengan transmisi otomatis dan manual. Ada juga yang mengabarkan bahwa generasi terbaru ini juga akan dilengkapi dengan penggerak empat roda. Namanya mobil yang masih diuji coba, semuanya belum pasti, kabar platform dan spesifikasinya pun masih simpang siur.

Trend SUV Seven Seater

Beberapa saat terakhir ini, kami mencium trend desain SUV yang sepertinya akan berkembang adalah SUV dengan kapasitas tujuh penumpangSeperti yang sudah dilakukan oleh Nissan, mengubah X-Trail five seater menjadi seven seater, atau banyak juga yang menyebut 5 + 2 seater. Sepertinya memang agak aneh ketika melihat SUV dengan kursi yang memuat tujuh penumpang, karena otomatis bodinya pun akan menjadi semakin besar, jadi terasa aroma ‘Sport’ -nya berkurang. Tetapi jika mengingat-ingat trend mobil baru saat ini, ‘penggemukan’ sepertinya sudah menjadi hal yang wajar. Aroma SUV modern juga tercium dari desain eksteriornya yang saat ini cenderung lebih curvy, banyak berbeda jika dibandingkan dengan CR-V generasi awal yang bentuknya lebih kotak.

CR-V terbaru bakal meninggalkan jauh aura kotak yang sempat menjadi trade-marknya (Foto: autoguide)
CR-V terbaru bakal meninggalkan jauh aura kotak yang sempat menjadi trade-marknya (Foto: autoguide)

Mungkin penggemukan pada Honda CR-V generasi terbaru ini bertujuan untuk semakin membedakannya dengan Honda HR-V, agar bisa mendapatkan pasar yang berbeda. Leon Brannan selaku Head of Honda UK memberikan pernyataan bahwa Honda CR-V ini akan berusaha naik kelas untuk masuk di pasar yang diisi oleh SUV buatan Volvo dan Land Rover.

CR-V sedikit terlihat makin gemuk ya? (Foto: Autoguide)
CR-V sedikit terlihat makin gemuk ya? (Foto: Autoguide)

Bagaimana pendapat Anda tentang CR-V yang akan mendapatkan tambahan bangku penumpang ini? Sampaikan di kolom komentar ya!

2 KOMENTAR

  1. Wah ,,,ini dia yg kutunggu honda crv yg baru memiliki tambahan banku dibelakang agar keluargaku bisa naik semua trimakasih…

LEAVE A REPLY