Sistem-Sistem Keamanan pada Mobil yang Memanfaatkan Sistem Pengereman

Sistem-Sistem Keamanan pada Mobil yang Memanfaatkan Sistem Pengereman

2261
0
BERBAGI
(sumber voigtsauto.com)

Dunia teknologi pada era modern seperti sekarang ini banyak menginspirasi para desainer dan produsen otomotif untuk mengaplikasikan teknologi-teknologi terkini pada kendaraan ciptaan mereka. Tidak hanya memperhatikan desain eksterior dan interior, teknologi yang menunjang keamanan pengendara dan penumpang pun terus dikembangkan.

Ada bermacam-macam jenis fitur keamanan yang terdapat pada mobil-mobil modern saat ini. Semuanya berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan keamanan tertinggi. Kami melalui artikel ini akan mencoba membahas fitur-fitur keselamatan yang sistemnya menggunakan rangkaian rem. Mari kita bahas beberapa diantaranya.

Anti-lock Brake System

Anti-lock Brake System (ABS) adalah sistem pengereman yang sudah umum ada pada kendaran-kendaraan modern saat ini, bahkan seakan kurang lengkap jika tidak mengaplikasikan sistem ini pada kendaraan. ABS merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak. ABS bekerja saat terjadi pengereman mendadak atau keras. Ketika sensor mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan tekanan kembali ke titik normal lalu mengeraskannya kembali saat roda sudah berputar. Proses ini terjadi sangat cepat, dan terjadi pengulangan hingga 15 kali per detik.

ilustrasi cara kerja ABS (sumber : tu-eshop.com)
ilustrasi cara kerja ABS (sumber : tu-eshop.com)

Efek dari sistem ini adalah mobil tetap bisa dikendalikan dan jarak pengereman menjadi makin efektif sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan. Kelebihan dari ABS adalah pengereman dapat dilakukan dengan lebih cepat, dan tentu saja lebih stabil ketika terjadi pengereman mendadak.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY