Resmi Diluncurkan, BMW M2 Siap Bersaing di Jalanan Indonesia

Resmi Diluncurkan, BMW M2 Siap Bersaing di Jalanan Indonesia

1835
0
BERBAGI
(Foto autoblog.com)

Hari Kamis, 28 April 2016 BMW Indonesia untuk pertama kalinya meluncurkan the all new BMW M2 di pasaran Indonesia. Karen Lim sebagai President Director BMW Group Indonesia mengatakan bahwa kendaraan ini menawarkan teknologi motosport kompetitif di lintasan balap, sekaligus sesuai untuk jalan raya yang cukup padat seperti di Jakarta. “Saya yakin BMW akan menarik banyak pelanggan baru yang muda, aktif dan dinamis dengan hadirnya kendaraan sport terbaru ini,” kata Karen Lim.

Mobil yang memiliki kasta tertinggi dari seluruh keluarga BMW seri 2 ini diklaim sangat cocok untuk dipakai drifting, karena pengembangannya memang lebih condong mengarah ke pemakaian di sirkuit. Mari kita kupas sedikit spesifikasi dari BMW M2 ini.

Dapur Pacu dan Performa

Mobil ini mengusung mesin 6-silinder segaris dengan kapasitas 3000 cc, dilengkapi dengan twin turbo. Transmisi yang digunakan adalah otomatis 7-percepatan dengan Double Clutch Transmission. Demi memangkas banyak bobot kendaraan, BMW juga menggunakan bahan alumunium pada as roda. Mesin BMW M2 bisa menghasilkan tenaga maksimal 370 hp dan torsi hingga 500 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam dapat diraih dalam waktu 4,3 detik. BMW memasangkan fitur-fitur yang unik, salah satunya ada pada exhaust pipe yang dipasangi sistem katup khusus. Katup ini dikendalikan secara elektronik untuk menciptakan suara mesin yang khas. Beberapa menu suara yang disajikan adalah, Comfort, Sport, hingga yang terdengar paling galak yaitu Sport+.

BMW M2 jago drifting (foto : carmagazine.co.uk)
BMW M2 jago drifting (foto : carmagazine.co.uk)

Sebagai fitur untuk mendukung kemampuan drifting, BMW memiliki fitur M Dynamic Mode (MDM) yang memungkinkan mobil berjalan menyamping atau oversteer dalam waktu yang lama. MDM membuat batas ban kehilangan traksi atau slip melebar. Walaupun bisa nge-drift, tetapi pengendara hanya bisa sampai batas kewajarannya saja. BMW M2 juga sudah dilengkapi dengan teknologi run flat tyre jadi anda tidak akan menemui ban cadangan di bagasi M2 ini. Hal ini tentu saja perlu diketahui oleh calon konsumen, karena ternyata ada peraturan yang mengatur ini, yakni Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum yang inti isinya adalah mengemudikan mobil di jalan tanpa membawa ban cadangan terhitung tindakan pidana.

Eksterior dan Interior

Total berat kosong BMW M2 adalah 1.520 kg. Mengunakan pelek 19 inci dengan ban Michelin Pilot Super Sport yang berbeda ukuran: depan 245/35 dan belakang 265/35, dilengkapi rem cakram perforated – inner vented ukuran 380 mm pada roda depan dan 370 mm pada roda belakang. BMW M2 ditawarkan dalam empat warna, Long Beach Blue metallic, Alpine White, Black Sapphire, dan Mineral Grey. Bentuk khas BMW M hadir di BMW M2 Coupe ini, desainnya menimbulkan kesan yang dinamis. Apron depan rendah dengan air intake besar, sisi samping dengan garis kuat yang dipertegas ‘lubang insang’ pada bagian fender sebagai ciri khas BMW M series.

BMW M2 saat diluncurkan pertama kali di Indonesia pada hari Kamis 29 April 2016 (foto : Kompas Otomotif)
BMW M2 saat diluncurkan pertama kali di Indonesia pada hari Kamis 29 April 2016 (foto : Kompas Otomotif)

Karakter khas kendaraan BMW M series tidak hanya hadir di bagian eksterior,  karena desain interiornya juga sangat menggambarkan BMW M series. Balutan Alcantara pada detail pintu dan handbrake,  bersama dengan open-pore carbon fibre di bagian dashboard dan center console menunjukkan kualitas desain interior tingkat tinggi serta tampilkan ciri khas kendaraan sport yang semakin diperkuat dengan jahitan Polar Blue contrast stitching dan juga emboss huruf M pada detail-detail tertentu. Bagian interior lainnya yang dapat mendukung pengendara untuk bisa mengendalikan BMW M2 ini dengan semakin sempurna adalah jok yang menggunakan BMW M sports seats, steering wheel BMW M sports, dan BMW M gearshift lever.

Interior depan BMW M2 dengan ConnectedDrive (foto : autoexpress.co.uk)
Interior depan BMW M2 dengan ConnectedDrive (foto : autoexpress.co.uk)

Kecanggihan lain yang ada di dalam kabin BMW M2 ini salah satunya adalah BMW ConnectedDrive. ConnectedDrive Services menjadi basic untuk konektivitas kendaraan, dan layanan ini juga memungkinkan pengoperasian aplikasi inovatif yang terintegrasi dengan kendaraan menggunakan teknologi BMW ConnectedDrive. Salah satu contohnya, aplikasi GoPro yang memungkinkan pengemudi untuk merekam dengan kamera yang terpasang pada dashboard, dikendalikan dengan BMW iDriveController dan tampil pada control display.

Harganya?

Mobil yang baru kemarin diluncurkan ini dijadwalkan tersedia di dealer-dealer BMW mulai bulan Mei 2016. BMW M2 dibanderol dengan harga Rp 1,349 miliar termasuk paket servis yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Setiap ban M2 dijamin asuransi selama tiga tahun, jadi tersedia kuota empat ban pengganti yang bisa diklaim jika ban mobil rusak di jalan (syarat dan ketentuan berlaku).

Bagaimana? Apakah anda ingin juga merasakan keganasan mobil drift yang legal dipakai di jalanan ini? Sampaikan pendapat anda pada kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY