5 Konsep Teknologi Mobil Masa Depan

1577
0
BERBAGI

Imajinasi banyak orang tentang mobil masa depan jelas sangat beragam. Ada yang berimajinasi tentang mobil terbang, mobil amphibi atau mobil yang menyerupai UFO dan lain sebagainya. Memang terdengar aneh, tetapi diluar sana saat ini banyak perusahaan mulai merealisasikan teknologi yang akan dikembangkan untuk masa depan. Berikut ini kami rangkum 5 teknologi yang paling nyata untuk diaplikasikan pada mobil masa depan.

1. Parking Spotter

Bagi sebagian orang, mencari parkiran mobil yang kosong adalah hal yang sangat merepotkan. Belum lama ini, Ford memamerkan teknologi yang dinamai Parking Spotter. Teknologi ini akan membuat mobil bisa mencari tempat parkir yang masih kosong, jadi pengemudi tidak perlu lagi repot mondar-mandir mencari tempat.

2. Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Apapun konsepnya, mobil masa depan akan didukung oleh bahan bakar selain minyak bumi. Setelah banyak perusahaan bisa menyempurnakan penggunaan liquid gas dan listrik sebagai bahan bakar, Toyota mengembangkan penggunaan bahan bakar baru, yaitu hidrogen. Mobil hidrogen buatan Toyota dinamai Mirai dan sudah mulai dijual di Jepang tahun lalu. Saat ini Toyota sedang sedang fokus untuk meningkatkan jumlah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

3. Auto Pilot atau Autonomous Driving

Fitur auto pilot adalah hal lumrah yang terdapat di pesawat terbang. Namun beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan yang mulai mengembangkan dan mengaplikasikan fitur ini pada mobil. Beberapa mobil yang sudah diuji coba menggunakan fitur auto pilot atau Autonomous Driving antara lain adalah Tesla Model S dan Audi Q7. Audi Q7 bahkan sudah berhasil menyelesaikan perjalanan terpanjang menggunakan fitur ini sejauh 900 Km dari California ke Nevada.

4. Touch Command

Saat ini perkembangan teknologi gadget semakin maju pesat. Rasanya tidak aneh jika suatu saat nanti segala kontrol yang ada di mobil bisa dikendalikan lewat gadget yang kita gunakan sehari-hari. BMW tahun lalu pernah memamerkan sebuah konsep sistem yang diberi nama Touch Command. Sistem ini sebenarnya hanya menggunakan tablet Samsung yang di custom dengan sistem Android. Touch Command bisa mengontrol segala keperluan yang anda perlukan di dalam kabin.  

5. Body Biofiber

Saat ini, Honda dan beberapa produsen lain sedang mulai mengembangkan body mobil menggunakan bahan biofabrics. Body yang tadinya menggunakan serat karbon, akan digantikan oleh body biofiber. Bahan ini diklaim lebih kuat daripada baja dan bisa menyerap juga mendistribusikan energi jika terjadi tabrakan. Mobil masa depan sebenarnya bisa diperkirakan akan minim mengalami tabrakan, hal ini karena kecanggihan sistem auto pilot dan instrumen-instrumen pendukungnya. Namun penggunaan material biofiber ini tentunya akan menambah rasa aman bagi para pengguna mobil.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY