Mazda CX-3 Kena Recall?

Mazda CX-3 Kena Recall?

1536
0
BERBAGI
Mazda CX-3 (foto firstevermazdacx-3.com.au)

Mazda baru saja membuat pengumuman yang lumayan mengejutkan. Mereka melakukan recall bagi beberapa unit kendaraan terbaru mereka. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat, Mazda melakukan recall untuk produk Mazda CX-3 rakitan 2016, Mazda CX-5 rakitan 2013-2015, Mazda 2 rakitan 2014-2016, dan Mazda CX-9 2013-2015.

Jika selama ini kasus penarikan kembali didominasi oleh perangkat airbag yang tidak mengembang dengan benar, apakah kasus ini yang juga menimpa deretan model Mazda tersebut? Jika bukan, lalu masalah apakah yang melatarbelakangi Mazda sehingga melakukan recall bagi beberapa produknya?

Masalah Baut

Penarikan beberapa seri Mazda tersebut diakibatkan oleh baut steering knuckle yang bisa dengan mudah terlepas jika mobil digunakan terus menerus. Sepertinya pemasangan baut-baut tersebut kurang sempurna, sehingga bautnya mudah longgar yang mengakibatkan steering knuckle bisa terlepas keluar dari sasis kendaraan dan mobil tidak bisa dikendalikan. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan kecelakaan serius dan fatal.

Interior Mazda CX 3 (foto : caradvice.com.au)
Interior Mazda CX 3 (foto : caradvice.com.au)

Berita ini juga terdengar di Thailand dan Malaysia dengan kasus yang serupa sehingga mengharuskan 331 unit Mazda CX-3 terkena recall. Sementara ini belum ada sumber yang mengatakan bahwa Mazda 2 di Asia Tenggara juga tekenal recall, berbeda dari Mazda 2 yang beredar di Amerika Serikat.

Nasib Mazda CX-3 di Indonesia

Atas kasus ini, lalu bagaimana dengan kelanjutan CX-3 di Indonesia? Seperti sudah kita ketahui bersama, Crossover Mazda ini disebut-sebut akan meluncur pada tahun ini (besar kemungkinan di gelaran akbar Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS 2016) yang akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2016 nanti).

Mazda CX-3 cukup lama dinanti kemunculannya di Indonesia (Foto: Netcarshow)
Mazda CX-3 cukup lama dinanti kemunculannya di Indonesia (Foto: Netcarshow)

Apakah kejadian di Amerika ini akan mempunyai pengaruh yang besar terhadap Mazda Indonesia? Apakah CX-3 akan kembali terlambat muncul di Indonesia? Kita hanya bisa menunggu perkembangannya lebih lanjut

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY