Long Weekend? Bikin Road Trip Dong!

Long Weekend? Bikin Road Trip Dong!

1190
0
BERBAGI
(foto : kickasstrips.com)

Jika melihat pada kalender dinding, ada yang menarik pada awal bulan Mei 2016 ini. Yak, betul! Akan ada super long weekend pada tanggal 5-8 Mei 2016. Wuah! Saat yang tepat untuk beristirahat, melepaskan penat Anda dari segala macam rutinitas pekerjaan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk refreshing, salah satunya adalah berkendara dengan keluarga atau teman-teman Anda ke tempat-tempat wisata, atau kota-kota lain di sekitar tempat tinggal Anda.

Jika Anda sudah sering bepergian jauh menggunakan transportasi umum seperti kereta api, atau bus, sekali-kali cobalah untuk bertamasya menggunakan mobil pribadi. Bersama keluarga atau teman-teman, pasti akan menjadi perjalanan yang sulit terlupakan. Kami akan mencoba memberikan tips-tips untuk mempersiapkan mobil Anda, baik sebelum dan saat perjalanan. Mari kita bahas bersama-sama.

Sebelum Berangkat

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap kendaraan Anda. Bagian-bagian yang tidak boleh luput dari pemeriksaan antara lain fan belt, busi, stel ulang klep (jika diperlukan), kondensor, karburator atau injektor, saringan udara, oli mesin, dan lampu-lampu. Jangan lupa bagian yang tidak kalah pentingnya, periksalah air radiator. Air radiator berfungsi mengatur suhu temperatur kendaraan. Penting juga untuk memastikan wiper serta penyemprot kaca bekerja dengan baik karena kehujanan ditengah jalan dengan wiper tak berfungsi sangat membahayakan perjalanan Anda. Jika wiper dalam kondisi prima, cek sistem AC untuk anti embun saat hujan.

hujan bisa jadi bahaya jika kondisi wiper anda kurang prima (foto : shutterstock.com)
hujan bisa jadi bahaya jika kondisi wiper anda kurang prima (foto : shutterstock.com)

Bagian lain yang sangat penting untuk dicek adalah kabel gas, rem, power steering, kopling dan plat kopling. Lihat apakah kabel-kabel tadi perlu diganti. Musim liburan selalu rawan macet, jangan sampai mobil Anda keok ditengah kemacetan atau ketika harus menghadapi jalan yang menanjak. Selain melakukan pengecekan bagian-bagian mobil diatas, Anda sebaiknya tidak membawa barang-barang terlalu berat saat melakukan perjalanan jauh. Cobalah menyesuaikan bobot bawaan dengan spesifikasi kendaraan Anda. Barang bawaan yang wajib ada di mobil Anda adalah ban cadangan beserta peralatan lain yang mungkin Anda butuhkan jika terjadi kerusakan kecil pada mobil.

Saat perjalanan

Perjalanan jauh tentu saja bisa sangat menguras tenaga. Hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah beristirahat yang cukup! Menyetir mobil dalam keadaan lelah dan mengantuk adalah hal yang sangat berbahaya. Penting juga untuk memperhatikan apa yang Anda makan, jangan sampai Anda mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan yang membuat Anda mengantuk.

jangan mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk apalagi narkoba (gambar mysafetylabels.com)
jangan mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk apalagi narkoba (gambar mysafetylabels.com)

Benahi posisi duduk Anda senyaman mungkin. Duduk dalam posisi yang salah dan tidak nyaman selama berjam-jam bisa mengakibatkan cedera pada tubuh Anda. Maka dari itu, pastikan posisi sandaran kepala dan punggung sudah sesuai dengan badan Anda, sehingga Anda merasa nyaman.

selalu pergunakan kaca spion dengan benar (foto perrystrilife.files.wordpress.com)
selalu pergunakan kaca spion dengan benar (foto perrystrilife.files.wordpress.com)

Jangan lupa untuk selalu memeriksa posisi spion kanan, kiri dan tengah, posisikanlah agar Anda dapat melihat kendaraan di belakang Anda dengan jelas. Selama dalam perjalanan, selalu taati rambu-rambu lalu lintas, patuhilah peraturan-peraturan yang ada di jalan, selalu fokus dan jangan pernah mengoperasikan telepon genggam saat Anda sedang menyetir. Saat berhenti mengisi bensin, sempatkanlah untuk memeriksa tekanan angin dan memeriksa bagian-bagian lain. Terakhir, hal yang sangat penting untuk diterapkan adalah: jangan lupa untuk saling menghormati antar sesama pengguna jalan. Selamat ber-long weekend, semoga liburan anda menyenangkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY