5 Alasan Anda Butuh Kamera Dashboard

5 Alasan Anda Butuh Kamera Dashboard

1448
0
BERBAGI

Anda tentu pernah menonton program televisi yang menampilkan kumpulan kejadian-kejadian tak terduga yang terjadi di jalan raya bukan? Kejadian seperti tabrakan, mobil terguling, atau bahkan pesawat jatuh yang melewati depan mobil seperti terjadi beberapa waktu silam. Hal-hal tak terduga tersebut bisa terdokumentasikan dengan baik berkat peran kamera dashboard (dash cam).

Pemasangan perangkat kamera di mobil Anda tersebut tidak semata untuk menambah kesan gaya saja, namun juga memiliki fungsi yang cukup penting dan bermanfaat bagi Anda sewaktu-waktu diperlukan. Oleh sebab itu, kami rasa perangkat kamera dashboard adalah salah satu perangkat penunjang yang layak Anda pertimbangkan keberadaannya. Berikut ini kami berikan 5 alasan kenapa Anda membutuhkan kamera dashboard.

1. Menghindari Pemerasan dengan Alibi Kecelakaan

Jika terjadi kecelakaan atau tabrakan, biasanya kedua belah pihak maupun beberapa pihak lain yang terlibat di dalamnya akan saling menyalahkan sebab terjadinya suatu tabrakan tersebut. Bukan tak mungkin, jika Anda berada dalam kondisi ini, Anda dipaksa memberi ganti rugi atau tindakan pemerasan lain dengan berbagai dalih. Keberadaan kamera dashboard pada mobil yang terus merekam kejadian akan menguatkan posisi Anda jika memang Anda tidak bersalah.

Traffic accident and to drivers fighting
Jangan sampai Anda menjadi korban pemerasan karena panik saat terjadi tabrakan. Kamera dasbor akan menjadi bukti kuat jika memang Anda tak bersalah (Foto: Insurance Journal)

Selain itu, Anda tak perlu khawatir kehilangan bukti, karena G-sensor pada kamera dashboard akan memastikan rekaman video tidak akan terhapus oleh loop recording saat terjadi tabrakan atau kecelakan.

2. Sebagai Bukti Klaim Asuransi

Andaikan Anda terkena musibah kecelakaan atau tabrakan, hasil rekaman dari kamera dashboard dapat digunakan untuk bukti pengajuan klaim asuransi. Rekaman ini dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan dan bisa memperkuat temuan pihak asuransi terkait klaim, apakah Anda berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi atau tidak.

Anda dapat lebih mudah mengajukan klaim asuransi jika memiliki bukti rekaman kamera (Foto: Insurance Journal)
Anda dapat lebih mudah mengajukan klaim asuransi jika memiliki bukti rekaman kamera (Foto: Insurance Journal)

Hasil rekaman tersebut juga dapat menjadi bukti akurat di pengadilan jika dibutuhkan, karena adanya tanggal dan bulan yang tertera pada setiap hasil rekaman.

3. Memberi Bukti Kejadian Saat Kendaraan Terparkir

Seperti kita ketahui bersama, area parkir terkadang menjadi lokasi empuk bagi para kriminal. Entah ingin mencuri kendaraan Anda ataupun kendaraan orang lain. Selain itu kadang kita menjumpai mobil kita rusak atau tergores oleh kendaraan lain dan tidak tahu harus meminta pertanggungjawaban siapa.

Mobil ANda tergores kendaraan lain saat berada di parkiran? Cari tahu pelakunya melalui kamera dasbor! (Foto:
Mobil ANda tergores kendaraan lain saat berada di parkiran? Cari tahu pelakunya melalui kamera dasbor! (Foto: bukalapak)

Pemasangan kamera dashboard aktif pada mobil akan membantu kita mendapatkan rekaman kejadian di lokasi parkir selama mobil minim pengawasan.

4. Bukti Penyalahgunaan Kendaraan

Biasanya, kamera dashboard akan langsung aktif saat mesin dinyalakan. Ini tentunya mempermudah Anda mendapatkan bukti rekaman jika mobil Anda disalahgunakan dan merugikan secara finansial.

Anak dibawah umur yang nekat mengemudikan mobil Anda juga dapat dikategorikan sebagai penyalahgunaan terhadap kendaraan Anda (Foto: Youtube)
Anak dibawah umur yang nekat mengemudikan mobil Anda juga dapat dikategorikan sebagai penyalahgunaan terhadap kendaraan Anda (Foto: Youtube)

Saat ini, kebanyakan kamera dashboard telah memiliki resolusi video hingga 1080p (1920×1080 pikel) yang dapat menghasilkan video dengan detail cukup bagus. Ini tentunya mempermudah Anda mengenali pelaku penyalahgunaan kendaraan Anda.

5. Melacak Mobil Anda

Sebagian besar kamera dashboard telah dilengkapi dengan perangkat GPS, sehingga akan membantu Anda untuk melakukan pelacakan jika mobil Anda dicuri. Pelacakannya pun cukup mudah karena bisa melalui perangkat komputer, laptop, maupun smartphone.

Kamera dasbor biasanya sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga Anda bisa melacak mobil Anda jika hilang dicuri (Foto:
Kamera dasbor biasanya sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga Anda bisa melacak mobil Anda jika hilang dicuri (Foto: ISNtracker)

Itulah beberapa alasan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memasangkan kamera dashboard pada mobil Anda. Apakah Anda mengetahui manfaat lain kamera ini? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY