Kijang dan Avanza: Dua Mobil Toyota yang Pernah Merajai Indonesia

Kijang dan Avanza: Dua Mobil Toyota yang Pernah Merajai Indonesia

2378
0
BERBAGI

Sebagai orang Indonesia, kita semua tentu saja sudah tidak asing lagi dengan nama Toyota. Pabrikan mobil asal Jepang ini sudah lama sekali masuk ke dunia otomotif Indonesia, dan meramaikan pasar mobil di Indonesia. Mobil-mobil Toyota sempat merajai jalanan Indonesia dengan berbagai macam jenis produknya, mulai dari mobil niaga, minibus, ataupun sedan.

Bahkan karena dominasinya di pasaran otomotif Indonesia, beberapa seri Seri toyota sempat dan sampai sekarang masih mendapat julukan mobil ‘sejuta umat’. Mobil mobil ini jelas sempat booming dan menjadi pilihan utama masyarakat ketika akan membeli mobil. Nah! Pasti rekan-rekan pembaca di sini sudah bisa menebak mobil apa yang kami maksud, betul sekali, Toyota Kijang dan tentu saja, Toyota Avanza. Mari kita kupas sedikit tentang sejarah kedua mobil ini.

Toyota Kijang

Toyota kijang merupakan salah satu pelopor mobil serbaguna atau yang lebih akrab kita sebut MPV, dengan kapasitas muat 7 penumpang. Banyak yang belum tahu bahwasanya nama Kijang adalah singkatan yang diperoleh dari kalimat ‘Kerjasama Indonesia Jepang’. Kijang pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 1975 di pagelaran Pekan Raya Jakarta. Kesuksesan Toyota Kijang di pasaran salah satunya dapat dilihat dari munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep Kijang, seperti Isuzu Panther, Mitsubishi Kuda, dan Daihatsu Zebra.

Kijang pick up generasi pertama (foto : toyota-id.com )
Kijang pick up generasi pertama (foto : toyota-id.com )

Saat awal peluncuran Kijang generasi pertama, sebenarnya terdapat keraguan dari para perancangnya sendiri apakah mobil ini dapat diterima oleh pasar Indonesia, karena pada saat itu pasaran Indonesia sudah didominasi oleh Mitsubishi Colt di segmen pasar minibus. Model Kijang generasi pertama ini sering mendapat julukan ‘Kijang Buaya’ karena bentuknya yang kotak, dan kap mesinnya yang jika terbuka lebar terlihat seperti mulut buaya. Mobil dengan kapasitas mesin 1200 cc ini ternyata meledak di pasaran dan jumlah produksinya pun terus meningkat. Awalnya, Kijang ini dirancang sebagai mobil niaga berbentuk Pick Up atau bak terbuka.

kijang generasi kedua (foto : toyota-id.com)
kijang generasi kedua (foto : toyota-id.com)

Salah satu hal yang bisa menjadi indikator kesuksesan Toyota Kijang Generasi I adalah diproduksinya Toyota Kijang Generasi II mulai tahun 1981 sampai 1986. Generasi ke II ini tidak mengalami banyak perubahan, salah satu perubahannya adalah naiknya kapasitas mesin menjadi 1300 cc kemudian dinaikkan lagi menjdai 1500 cc, sedangkan untuk eksterior Generasi ke II ini terlihat masih mempunyai banyak kesamaan dengan Kijang Generasi I. Pada generasi ini pula pihak Astra menunjuk dua karoseri untuk mengerjakan dua tipe Kijang Generasi ke II ini, yaitu Family yang mempunyai bentuk minibus 3 pintu dan 1 bagasi dengan 7 tempat duduk yang semuanya menghadap ke depan. Kemudian karoseri Commando yang berbentuk minibus 4 pintu, pintu paling belakangnya seperti ambulance, membuka ke dua sisi. Tipe ini dapat memuat 8-penumpang karena kursi paling belakang saling berhadapan.

Kijang generasi ke III (foto caridoit.com)
Kijang generasi ke III (foto caridoit.com)

Kesuksesan Kijang terus berlanjut dengan di produksinya Toyota Kijang generasi ke III dan ke IV. Kijang generasi ke III diproduksi antara tahun 1986-1997, dengan bentuk eksterior yang lebih melengkung dan telihat lebih modern. Kijang Seri ini atau orang-orang sering menyebutnya Kijang Super, hingga saat ini masih sering terlihat bersliweran di jalanan Indonesia. Kijang Generasi ke IV atau lebih akrab dengan julukan Kijang Kapsul diproduksi dengan rentang waktu antara 1997-2004. Kijang seri ini sudah mengaplikasikan desain modern, baik di bagian eksterior maupun interior. Fitur-fitur modern pun mulai dikembangkan pada Kijang Generasi ke IV ini. Tersedia dua jenis mesin pada Kijang Generasi ke IV ini, ada mesin bensin 1800 – 2000 cc dan mesin diesel 2400 cc, bahkan pada tahun 2000 ke atas mesin kijang ini mulai dilengkapi dengan fuel injection.

All New Kijang Innova (foto : toyota.astra.co.id)
All New Kijang Innova (foto : toyota.astra.co.id)

Generasi ke V dan ke VI mulai memasuki era persaingan modern. Mobil-mobil baru mulai fokus meningkatkan kenyamanan dengan mengaplikasikan kecanggihan fitur-fitur pendukungnya. Kijang seperti memutus mata rantai desain yang sudah dibentuk sejak lama dengan menghadirkan desain baru, yaitu Toyota Kijang Innova sebagai generasi ke V, dan Toyota Kijang All New Innova sebagai generasi ke VI. Desain lebih futuristik, fitur-fitur yang canggih, mesin juga lebih berkembang, menjadikan Kijang Innova sama sekali berbeda dengan Kijang pada generasi –generasi sebelumnya. Citra Kijang yang dulu sebagai mobil keluarga kelas menengah, bahkan menjadi salah satu alternatif angkutan umum, berubah setelah keluarnya Kijang Innova. Saat ini Kijang Innova hanya bisa dijangkau oleh kelas ekonomi menengah ke atas, dan mempunyai citra sebagai kendaraan premium.

Toyota Avanza

Setelah menurunnya kepopuleran Toyota Kijang yang difavoritkan oleh masyarakat sebagai mobil ‘idaman’, Toyota seperti sudah mempersiapkan penggantinya. Yak! Seperti yang kita tahu, Toyota Avanza, tidak kalah populernya dengan Toyota Kijang. Pertama kali diperkenalkan pada acara Gaikindo Auto Expo 2013, Avanza langsung terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Penjualan Avanza langsung meledak karena mereka mengklaim desain yang diangkat Avanza sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia dan juga sesuai dengan kondisi geografis Indonesia.

Toyota Avanza keluaran pertama (foto : toyota.astra.co.id)
Toyota Avanza keluaran pertama (foto : toyota.astra.co.id)

Tidak berselang lama setelah diluncurkannya  Avanza untuk pertama kalinya, pada tahun 2006 Avanza kembali meluncurkan seri terbarunya, New Avanza. Beberapa penyegaran dilakukan, antara lain pada bagian eksterior dan mesin. Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S dengan mesin 1500 cc VVT-i, dilengkapi dengan sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta velg aluminium 15 inch. Mesin yang digunakan ini sama dengan mesin yang digunakan oleh Toyota Rush, dengan trasnmisi manual dan otomatis.

Grand New Avanza (foto : toyota.astra.co.id)
Grand New Avanza (foto : toyota.astra.co.id)

Tahun 2011, kembali Avanza meluncurkan seri terbarunya dengan nama resmi All New Avanza. Desain eksterior yang lebih modern, dan terlihat lebih mahal, dengan interior yang tetap mampu memuat 7 penumpang menjadi andalan All New Avanza. Pada tahun ini juga dikeluarkan Avanza Veloz, sebagai top of the line sekaligus sebagai pembeda dari varian-varian lainnya. Lanjut pada bulan Juni 2014, Toyota Indonesia kembali meluncurkan Avanza luxury sebagai varian termewah dari Avanza. Kemudian pada tahun 2015 dikenalkan lagi ke pasaran versi faceliftnya dengan nama Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Avanza Veloz (foto spesifikasihargatoyota.com)
Avanza Veloz (foto : spesifikasihargatoyota.com)

Toyota Avanza yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat luas ini banyak dikeluhkan masalah stabilitasnya, karena mobil akan terasa sangat limbung saat dipakai untuk kecepatan tinggi. Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga pemakai Toyota Kijang atau Toyota Avanza? Sampaikan di kolom komentar apa yang menjadi ketertarikan anda atas kedua mobil tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY