All New BMW X1 Resmi Meluncur, Harganya Mulai dari Rp 619 Juta

All New BMW X1 Resmi Meluncur, Harganya Mulai dari Rp 619 Juta

1212
0
BERBAGI
All New BMW X1 rakitan lokal resmi dijual (Foto: Okezone)

BMW Group Indonesia mulai gencar menambah lini produk terbarunya di dalam negeri. Rasanya belum lama berselang sejak mereka merilis sport sedan BMW M2 beberapa waktu lalu, kali ini giliran mobil di segmen SUV yang muncul (BMW lebih senang menyebutnya sebagai SAV: Sport Activity Vehicle).

Mobil yang dimaksud adalah All New X1, yang resmi diluncurkan pada hari ini, Rabu 11 Mei 2016. Sebagai informasi, X1 terbaru ini adalah generasi kedua dan sudah diperkenalkan pada bulan Juni 2015 silam. Potensi mobil ini juga cukup bagus, karena telah membukukan penjualan hingga 730 ribu unit di seluruh dunia.

Ditawarkan dalam Dua Varian dan 12 Pilihan Warna

BMW telah merakit X1 terbaru ini secara lokal pada BMW Production Network 2, PT Gaya Motor. Manufaktur ini adalah bagian dari mitra bisnis BMW Group di Indonesia, PT Astra International. All New X1 ditawarkan dalam dua varian model, yakni X1 sDrive 18i dan X1 sDrive 18i xLine. Keduanya menggunakan mesin bensin 1.500 cc 3-silinder segaris dengan teknologi BMW TwinPower Turbo. Konfigurasi ini mampu menghasilkan tenaga hingga 136 hp di 4.400 rpm dan torsi 220 Nm di 1.250 rpm yang dipadukan dengan transmisi otomatis Steptronic 6-percepatan.

BMW X1 ditawarkan dalam 2 varian: X1 sDrive 18i dan X1 sDrive 18i xLine (Foto: Okezone)
BMW X1 ditawarkan dalam 2 varian: X1 sDrive dan (Foto: Okezone)

Urusan dimensi, All New BMW X1 memiliki panjang 4.439 mm, lebar 1.8211 mm, dan tinggi 1.598 mm. Melihat angkanya, All New X1 kini hadir lebih tinggi 53 mm dari generasi sebelumnya. Jika Anda tertarik memboyongnya ke garasi rumah Anda, BMW Group Indonesia menawarkan 12 pilihan warna dan menjual X1 sDrive 18i seharga Rp 619 juta dan BMW X1 sDrive 18i Xline seharga Rp 659 juta. Keduanya tersebut berstatus off the road.

Sudah Dirakit Lokal Kok Masih Mahal?

Sebagian besar masyarakat kita berpikir bahwa kemunculan produk yang telah dirakit lokal akan membuatnya memiliki harga jual lebih rendah. Benarkah demikian? Nampaknya tidak. Jika melihat kasus kemunculan Toyota All New Fortuner yang bahkan komponennya sudah menggunakan kandungan lokal sebanyak 80 persen saja harga jualnya masih terbilang mahal, maka demikian pula yang terjadi pada All New X1.

Meski dirakit lokal, harga All New X1 masih terbilang mahal (Foto: Okezone)
Meski dirakit lokal, harga All New X1 masih terbilang mahal (Foto: Okezone)

Menurut pihak BMW Indonesia, ada beberapa faktor yang tetap mempengaruhi sehingga harga jual X1 masih mahal. Walaupun All New X1 dirakit di Indonesia, tapi mulai dari performa mesin, kualitas, bahkan dari varian modelnya pun juga sangat lengkap. Sudah ada BMWConnected, navigasi, dan lain-lain yang semuanya sama dengan yang diproduksi di luar Indonesia. Selain itu, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga masih menjadi salah satu faktor utama. Menurut BMW, adanya fasilitas perakitan lokal di Indonesia lebih sebagai wujud komitmen BMW untuk tetap bertahan di Indonesia.

Mesin Berstandar Euro5, Wajib Minum Pertamax Plus

Sebagai mobil bercitarasa premium, maka sudah bukan rahasia jika Anda juga wajib memberikan ‘minum’ berkelas bagi All New X1. Mesin yang digunakan All New X1 sudah memenuhi standar emisi Euro5 dan membuatnya harus menenggak bahan bakar bernilai Oktan (Research Octane Number/RON) 95. Ini berarti X1 terbaru wajib minum Pertamax Plus. Lalu, bagaimana jika diberi minum bensin dengan oktan lebih rendah?

Jangan sembarangan isi, karena X1 cuma boleh minum Pertamax Plus! (Foto: kontraktorspbu)
Jangan sembarangan isi, karena X1 cuma boleh minum Pertamax Plus! (Foto: kontraktorspbu)

Jawabannya kami rasa Anda sudah mengetahuinya: akan mempengaruhi performa mesin. Selain itu, apabila penggunaan bahan bakarnya di bawah dari yang disarankan, hal tersebut bisa memengaruhi garansi dari kendaraan itu sendiri. Mau garansi X1 baru Anda tak dapat digunakan karena Anda mengisinya dengan bensin premium? Kalau mau ya silahkan saja sih~

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY